Software WP untuk PC

Ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi dengan memanfaatkan Windows Phone sebagai daily driver atau perangkat yang kamu manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, kamu akan mendapatkan bonus berupa integrasi yang kuat dengan PC dan laptop berbasis Windows, terutama jika OS yang digunakan adalah Windows 8 dan 8.1 (meskipun integrasi dengan Windows 7 juga tak kalah baiknya).

Banyak pengoperasian yang bisa kamu manfaatkan dengan memanfaatkan integrasi keduanya, seperti misalnya memutar musik di Windows Phone kamu lewat laptop dengan memanfaatkan Bluetooth, melakukan presentasi melalui laptop dengan file yang berada di Windows Phone, dan banyak lagi.

Nah, untuk mendukung integrasi tersebut, Winpoin mengusulkan beberapa software yang perlu kamu miliki dan install di PC/laptop, sehingga nantinya memudahkan kamu untuk melakukan pemrosesan operasi tertentu, atau sekedar ingin ‘mengutak atik’ Windows Phone kamu. Berikut ini software tersebut.

 

1. Windows Phone Desktop

Software WP untuk PC

Windows Phone desktop ini merupakan software yang wajib untuk kamu miliki di PC/laptop apabila kamu memutuskan untuk menggunakan Windows Phone sebagai ponsel harian kamu. Beberapa pengoperasian penting dapat dilakukan melalui software ini. Misalnya apabila kamu ingin mengganti nama ponsel atau memasukkan ringtone. kamu hanya bisa melakukannya melalui software ini.

Windows Phone desktop juga menghubungkan penyimpanan file, foto, gambar, dan video kamu dengan tempat penyimpanan di PC/laptop, sehingga kamu dapat menyinkronkannya kapan saja dengan mudah untuk kepentingan backup.

Kamu bisa mengunduh Windows Phone desktop melalui sumber resminya di sini.

 

2. Nokia Software Updater Retail

Software WP untuk PC

Nokia Software Updater atau yang populer disebut NSU merupakan penyelamat paling hebat jika terjadi masalah pada software Windows Phone kamu. Pada dasarnya, software ini digunakan untuk melakukan update firmware pada Windows Phone. Dalam praktiknya, NSU melakukan clean install pada perangkat Windows Phone kamu, sehingga kamu bakalan memulai ‘kehidupan’ perangkat kamu dalam keadaan benar-benar kosong dan fresh.

Seringkali software ini menjadi penyelamat bila terjadi masalah seperti misalnya bootlop (kamu terjebak di booting dan tidak bisa masuk ke start screen Windows phone), blue screen of the death (ditandai dengan warna biru di perangkat Windows Phone disertai ikon :( pada layar), bahkan terkadang menyelamatkan dari brick (perangkat tidak mau menyala). Sepanjang perangkat kamu masih dapat dideteksi oleh PC yang terinstall NSU ini, maka masih ada kemungkinan bisa diselamatkan!

Kelemahannya, install ulang dengan menggunakan software ini seringkali memakan kuota internet kamu, karena rata-rata kamu akan memerlukan hingga 1,5GB, padahal jika kamu melakukan update biasa dengan sistem OTA (over the air alias download langsung lewat udara), kamu hanya memerlukan sisa ruang 700-an MB.

Kamu bisa download Nokia Software Updater (NSU) retail yang disediakan oleh Blog Nokia Power User di sini.

 

 

3. Project My Screen

Software WP untuk PC

Salah satu fitur Windows Phone adalah Project My Screen. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu dapat menampilkan tampilan layar ponsel kamu yang dihubungkan dengan kabel data USB ke PC/laptop dengan mulus. Salah satu syarat agar fitur ini dapat berjalan dengan baik adalah, kamu harus juga menginstall software Project My Screen ke PC/laptop yang sering kamu gunakan.

Manfaatnya? Fitur ini membantu kamu untuk melakukan presentasi terkait perangkat Windows Phone. Sangat bermanfaat untuk developer, yang mana kamu dapat menampilkan kinerja aplikasi buatan kamu di layar kepada klien ataupun teman-teman yang berminat.

Download Project My Screen untuk desktop di sini.

 

4. Office Remote

Software WP untuk PC

Office Remote sangat membantu bagi kamu yang pelajar atau pekerja kantoran yang sering memerlukan presentasi. Dengan memanfaatkan Office Remote, kamu bisa membuka dan mengontrol file MS Office dari perangkat Windows Phone kamu. Memang paling sering dimanfaatkan di sini adalah MS Power Point untuk menyajikan presentasi. Kamu tidak lagi memerlukan pointer control seperti biasanya, tapi cukup menggunakan perangkat Windows Phone kamu untuk menjalankan dan menyajikan presentasi.

Syaratnya: Perangkat Windows Phone kamu harus terhubung lewat Bluetooth ke PC/laptop yang akan kamu gunakan untuk presentasi. Selain itu, keduanya harus sudah terpasang aplikasi Office Remote.

Setelah persyaratan terpenuhi, maka kamu tinggal membuka aplikasi Office Remote untuk menjalankan file Office yang ingin kamu presentasikan.

Download Office Remote untuk Windows Phone di sini.

Download Office Remote PC di sini.

Masih penasaran dengan Office Remote? Ikuti tutorial spesifiknya dari teman kita, Jazz di Forum Winpoin.

 

Nah, itulah empat software yang wajib kamu miliki di PC/laptop untuk menunjang aktivitas kamu bersama Windows Phone kesayangan. Punya usulan lain software terkait Windows Phone yang perlu untuk dipasang ke PC atau laptop? Silakan ajukan usulanmu di kolom komentar berikut.

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.