Home Tutorial 4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Komputer kamu sering hang? Kalo Windows emang sering gitu sih.. Kecuali kalau kamu menggunakan Windows 8.x atau Windows 10, tapi beberapa orang masih mengalami hal ini ketika menggunakan sistem operasi tersebut. Jadi kenapa komputer kamu sering hang?

Usut punya usut, ternyata sistem drive kamu berjalan dengan 100%. Tentu ini sangat tidak benar.. Versi terbaru Windows memiliki masalah dengan drive yang bekerja lebih keras, sehingga memperlambar sistem operasi. Masalah ini berpengaruh pada HDD dan SSD. (Baca: 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Hardisk)

Untuk itu kali ini WinPoin akan memberikan beberapa tutorial cara memperbaiki disk usage 100% pada Windows.

 

Kinerja Lambat? Check Disk Usage Terlebih Dahulu

Masalah kinerja kebanyakan terjadi dikarenakan Search (Windows+Q) untuk menemukan file dan program, atau apapun yang ada di drive kamu.

Untuk mengetahui apakah permasalahannya dari sini, kamu bisa mengetahuinya dengan menekan Ctrl+Alt+Del dan pilih Task Manager. Tapi perlu kamu perhatikan, perlu waktu yang agak lama untuk membuka Task Manager karena kinerja komputer yang lemot.

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Pada tab pertama pilih Processes, kemudian klik kolom Disk. Jika kamu memiliki masalah dengan drive performance, akan muncul nilai 100% dan bewarna merah.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu punya beberapa solusi yang bisa dilakukan.

 

1# – Mungkin Ada Malware yang Bersarang di Komputer Kamu

Seperti kebanyakan masalah komputer lemot, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kalau komputer kamu belum terkena malware. Software antivirus harus bisa menangani masalah ini, entah itu gratis atau pun berbayar. Setidaknya antivirus bawaan Windows, Windows Defender sudah bisa menangani masalah ini kalau sering diupdate, meskipun drive terbebani karena proses scanning. (Baca: #WinExplain: Bagaimana Cara Kerja Antivirus?)

Jika ancaman ditemukan, maka segera hapus mereka dan restart komputer, sebelum proses scanning diteruskan. Mudah-mudahan dengan cara ini masalah dapat terselesaikan, jika tidak terselesaikan coba cara di bawah ini.

 

2# – Matikan Windows Search untuk Meningkatkan Disk Performance

Kemungkinan masalah yang terjadi selanjutnya adalah Windows Search. Ada sebuah bug dari Windows 10 dan Windows 8 yang disebut dengan “search loop” yang meningkatkan load pada system drive.

Untuk menghentikan hanya untuk sesaat saja sampai Windows reboot, buka Command Prompt (Admin) dengan mengklik kiri pada Start Menu dan ketikkan perintah seperti di bawah ini:

net.exe stop “Windows search”

Untuk mematikan Windows Search atau Indexing secara permanen, tekan Win+R dan ketikkan service.msc, tekan Enter. Pada window Service, temukan dan buka Windows Search sehingga akan terbuka Windows Search Properties. Di bawah Startup type, pilih Disabled. Disini kamu juga bisa klik Stop untuk menghentikan service. Klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Setelah beberapa saat mematikan Windows Search, kinerja Windows 8.x atau Windows 10 akan meningkat. Jika tidak kamu bisa melanjutkan cara di bawah ini.

 

3# – Disable XX Service

Untuk beberapa alasan, xx service menjadi salah satu masalah kinerja disk yang membuat komputer lemot di Windows 8.x dan Windows 10. Untuk mengatasi masalah ini, buka Command Prompt dan ketikkan perintah:

net.exe stop superfetch

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Sekali lagi, butuh beberapa saat untuk meningkatkan kembali kinerja komputer kamu. Kamu juga harus menjalankan Check Disk di Command Prompt:

chkdsk.exe /f /r

Kamu akan diberitahukan kalau komputer harus reboot untuk menyelesaikan Check Disk, jadi pastikan kamu mengeluarkan semua aplikasi dan menyimpan data terselebih dahulu.

Jika cara di atas masih juga belum menyelesaikan masalah komputer kamu, ada kemungkinan bahwa hal lain yang menyebabkan masalah ini.

 

4# – Coba Cek Flash

Saat ini kita sudah jarang sekali melihat flash, ini dikarenakan ia menjadi salah satu aspek paling rentan, terjadi banyak serangan berasal dari Flash. Hal ini tampaknya menjadi salah satu penyebab paling umum untuk hard disk usage 100% pada Windows 10 dan versi awal Windows, ketika kamu menggunakan browser Chrome. (Baca: 40% Pengguna Komputer Masih Menggunakan Java dan Flash Lama yang Berbahaya)

chrome://plugins

Kamu akan melihat plugin flash player dari sini, ia terpasang untuk melihat video atau game flash.

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Klik tombol Disable dari Adobe Flash Player hingga ia bewarna abu-abu. Tunggu beberapa saat dan cek Task Manager. Masalah kinerja pada system drive akan teratasi. Coba restart ulang Chrome jika masalah ini masih terus berlanjut.

 

Disk Usage Selalu 100%??

Sederhananya jika komputer kamu selalu menampilkan disk usage 100% bahkan ketika kamu sudah menggunakan semua cara di atas, maka masalah sebenarnya ada pada hardware yang kamu gunakan. Beberapa waktu yang lalu WinPoin juga mengalami masalah ini, disk usage selalu 100%. Kami berspekulasi kalau hardisk yang rusak atau adanya bad sector, ternyata PSU yang rusak.

4 Tips Untuk Memperbaiki Disk Usage 100% Pada Windows

Mungkin hardisk kamu sudah berumur dan waktunya ganti, atau kabel yang harus diganti. Alternatifnya, mungkin ada masalah yang berhubungan dengan Windows defrag tool. Jika komputer kamu mencoba untuk defrag hardisk, tapi kamu menggunakan SSD, ini adalah masalah yang serius. Kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan Task Scheduler (Win+Q, masukan task scheduler) dan disable semua task scheduled disk defrag. (Baca: #WinExplain: Apakah SSD Drive di Windows 8 Perlu di Defrag??)

 

Apakah kamu pernah mengalami masalah disk usage 100% pada Windows 10 atau Windows 8? Katakan kepada kami melalui kolom komentar bagaimana cara kamu menyelesaikan masalah tersebut, siapa tahu teman-teman lain bisa terbantu.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • laptop ku kalo awal nyala disk usage nya 100%, apakah itu normal ?

    • Alam N.C

      Setauku itu normal, karena banyak startup yg harus dijalankan (kalau dinyalakan). Misal, antivirus, onedrive, background process, dll. Tapi kalo tetap 100% terus – terusan berarti ada banyak background process yg berjalan di laptop….

      • oke om, makasih info nya :)

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Pertamax

  • Alam N.C

    Ane install Windows 10 di RAM 2 & 4 GB. Di RAM 2 GB Disk & Memory selalu diatas 80% pas buka Task Manager. Tapi kalo RAM 4 GB punya banyak sisa RAM (40%), tapi Disk Usage 100% pada “System”. Memori RAM mempengaruhi kerja Disk tidak?

    • Ardan Legenda

      Mungkin semakin besar ram makin banyak program secara leluasa yang running di background, nah loh jangan-jangan yang malware tuh :p

      Tapi ga tau juga sih, saya sendiri disk kalau penggunaan normal tidak pernah lebih dari 20% (kecuali main game berat bisa sampai 70%) sisa ram juga 40%

  • budirogo

    Maaf min, OOT. Usul artikel “cara menghilangkan adware Cinema Plus secara tuntas”. Cinema Plus gak ke-detect sama Windows Defender n Anti Virus.

    • Coba Pakai Adwcleaner :D

      • budirogo

        Sudah pakai adwcleaner. Ternyata banyak langkah yg mesti dilakukan, termasuk menghapus registry Cinema Plus secara manual. Terima kasih sarannya.

  • kalau laptopku memang disk usage selalu 100% saat baru menyala, karena
    banyak software-software startup yang melalukan tasking(contoh :
    ccleaner membersihkan sampah-sampah yang ada di pc) :D

    • jangan semuanya otomatis gan, hidup jgn instan mulu… desktop ane malah sepi aplikasi, gue instal yang memang kebutuhan gue aja, game enggak kebutuhan gue :D

      • memang ada beberapa item startup yang saya disable, jadi memang yang sering saya pakai saja yang dihidupkan di startup :D

  • techten128

    laptop ane yg ada malah CPU usage masih 99% (merah) di awal startup sekitar 2-3 menitan meskipun semua startup udah jalan semua (tapi setelah2nya normal aja), usut punya usut karena windows update yg melakukan check update secara automatic (Windows 10 effect). Krn hal itu tiap nyalain/restart laptop mesti ditunggu 5 menitan biar bisa dipake normal.

  • Whyu Wa

    mungkin efek spek laptop ane kecil jd disk ama ram selalu diatas 80%

  • punyaku malah gak pernah melebihi 50% apapun yang terjadi

  • akazone

    Gan, fungsi update speed di Task Manager apa ya? :3

    penampakan gif nya di link bawah gan…

    http://gph.is/1ZwYpjU

  • Chrome makes it hurt!

  • andika priatama

    kalo ane gan disk nya 0% wuahaha kadang naik dikit doang. kalau udah game baru naik disk nya hihi :D kalo ram sih aman aja cuman 24% hehe

    • Nur rahmad

      ramnya 6 gb :3

  • gan lapi ane tiap kali startup slalu 100%. dah kayak manasin mesin mobil, mesti ditungguin sampe 15 menitan dulu, baru cpu usagenya redah. padahal startup itemnya yang aktip cuman dikit. itu kira-kira apanya ya gan?

  • Faris Nugroho

    mulai masalah kalo browsing n gaming, maklum laptop low end :D

  • wahid slalubrilians

    :v tinggal tambah vram aja, beres. (bukan vga, tapi vram hdd / page files)

  • andy krist

    Gan mohon bantuan,,, ane pake wind 8 , disk usagenya jadi 99 % terus , awalnya gara” ane update pembaruan system , tapi baru 50 % trus kehabisan kuota , nha trus ada notifikasi suruh restart computer buat configure update ,, trus ane restart ,, malah gagal configure , dan alhasil disk usage 99-100 % , mohon bimbingannya gan.