Home Apps 6 Aplikasi Windows Mobile 10 yang Cocok Digunakan dengan Keyboard

6 Aplikasi Windows Mobile 10 yang Cocok Digunakan dengan Keyboard

wp_20160924_14_51_22_pro

Upgrade Windows Mobile 10, terlebih lagi setelah Anniversary Update menjadikan OS milik Microsoft ini semakin fungsional. Lebih banyak hal yang dapat kamu lakukan dengan platform ini. Salah satunya adalah menyambungkan keyboard Bluetooth ke perangkat untuk menjadikan kamu lebih produktif. Dengan demikian makin terlihat bahwa OS ini mengarah untuk digunakan bagi kepentingan kerja dan bisnis. Beberapa aplikasi bahkan semakin menunjukkan kepraktisannya bila kamu menyambungkannya dengan keyboard fisik. Berikut ini beberapa aplikasi di Windows Mobile 10 yang semakin bermanfaat apabila didukung oleh keyboard fisik.

 

Outlook Mail

wp_20160925_08_18_40_pro

Jarang sekali kita menulis email singkat. Adanya keyboard tentu saja sangat membantu untuk menulis email dalam jumlah kata yang besar. Meskipun teknologi swipe dengan dukungan Word Flow milik Microsoft adalah salah satu yang terbaik, tetap saja penggunaan keyboard tidak dapat diabaikan. Dengan menggunakan keyboard bluetooth, maka kamu akan sangat terbantu dalam bekerja apabila kamu memerlukan menjawab email berisi sesuatu yang penting dengan jawaban yang panjang.

 

Microsoft Edge

wp_20160925_08_12_33_pro

Permasalahan yang sering terjadi ketika membuka dan menjelajahi sebuah website di smartphone adalah, ruang yang kita gunakan untuk membaca akan berkurang oleh keyboard yang muncul. Bila kamu perlu memantau website secara luas, maka penggunaan keyboard akan sangat membantu kamu.

Ini termasuk juga pemanfaatan Microsoft Edge untuk penulis blog seperti kru Winpoin. Memanfaatkan keyboard bluetooth, maka kita dapat masuk ke administrator blog dan menulis untuk blog secara langsung dari smartphone. Keyboard tentu saja akan sangat bermanfaat dalam hal ini. Apalagi untuk Windows Mobile 10, banyak shortcut bermanfaat yang dapat diterapkan di keyboard, seperti dengan menekan start, kita dapat dengan mudah kembali ke start screen atau memanfaatkan tombol formatting seperti Ctrl+B, Ctrl+I, atau Ctrl+U untuk mengatur tata letak tulisan. Ini kelebihan menggunakan keyboard fisik dibandingkan keyboard smartphone.

 

Microsoft Office

wp_20160925_08_20_32_pro

Tidak perlu dipertanyakan lagi, menggunakan Microsoft Office, baik Word, Excel, maupun Powerpoint akan lebih nyaman jika memanfaatkan keyboard. Selain kita dengan mudah dapat mengakses shortcut yang diperlukan dengan keyboard, layar smartphone akan terasa lebih lapang untuk kita mengolah dokumen.

 

Quora

wp_20160925_08_13_44_pro

Untuk kamu yang belum pernah mendengarnya, Quora adalah platform forum tanya jawab online yang populer. Di Quora, kita dapat mengajukan pertanyaan sesuai topik yang kita minati, dan mendapatkan jawaban dari seseorang yang kompeten. Beberapa CEO kelas dunia, dan bahkan artis seperti Ashton Kutcher adalah penggemar platform ini. Jadi jawaban yang kamu peroleh di Quora, kemungkinan besar cukup reliabel.

Nah, karena ini adalah platform serius, memberikan jawaban panjang adalah sebuah kewajiban, bahkan Quora akan mencegah jawabanmu terkirim jika ‘kurang panjang’. Di sinilah bantuan keyboard bluetooth fisik akan sangat bermanfaat!

Oya, aplikasi pihak ketiga Quora untuk Windows Mobile 10 cukup nyaman digunakan dan menurut pengamatan saya, cukup mirip dengan versi iOS-nya. Kamu bisa mendapatkannya di sini.

 

Slack

wp_20160925_08_15_08_pro

Slack adalah salah satu aplikasi manajemen tim terbaik. Tim Winpoin dan Poin Asia Network secara keseluruhan juga memanfaatkannya untuk mengelola website kesayangan kamu ini. Karena diskusi dalam platform Slack seringkali panjang, maka bantuan keyboard fisik akan sangat relevan. Apalagi kamu juga bisa menggunakan kode untuk berbagai emoticon di Slack, seperti misalnya :joy:, :sob:, dsb. Mungkin ini serupa dengan Kaskuser yang dengan bebas bisa menuliskan kode tertentu untuk emoticon.

Memerlukan Slack? Kamu bisa download Slack untuk Windows Mobile 10 di sini.

 

Skype

wp_20160925_08_22_06_pro

Tak dapat disangkal lagi bahwa Skype adalah platform video call dan messaging milik Microsoft yang banyak digunakan di dunia bisnis. Mungkin di Indonesia platform ini kurang begitu populer selain hanya digunakan untuk video call saja. Tapi untuk saya yang menjalin hubungan dengan beberapa agensi internasional, penggunaan Skype adalah suatu keharusan.

Keyboard fisik akan sangat membantu untuk diskusi panjang di Skype. Apalagi jika saling berkirim file yang nantinya akan membantu kamu memanfaatkan luas layar smartphone jika kamu menggunakan keyboard fisik.

 

Itulah beberapa aplikasi Windows Mobile 10 yang dapat ditunjang oleh penggunaan keyboard fisik. Ada usulan lain? Silakan ajukan pendapat kamu di kolom komentar!

 

 

  Solusi Laptop Minim Storage  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta