Home Editorial 6 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik

6 Barang yang Wajib Dibawa Saat Mudik

Tips mudik bagi penggemar teknologi yang akan mudik..

via Kompas.com

Gak terasa ya guys lebaran Idul Fitri sebentar lagi. Dan lebaran biasanya khas dengan pulang kampung alias mudik. Tapi… Apa aja ya yang harus dibawa saat pulang ke kampung halaman?

WinPoin punya sedikit tips barang-barang yang wajib kamu bawa saat mudik nanti — khususnya bagi kamu penggemar teknologi — biar saat perjalanan dan saat ada di kampung halaman nanti tidak terasa bosan.

1. Smartphone atau Tablet

Kalo yang ini sih wajib banget ya, sampai-sampai ada istilah “Lebih baik ketinggalan dompet dibanding ketinggalan handphone.” Dengan smartphone, kamu bisa melakukan aktifitas seperti sosial media, foto-foto selfie, membaca berita, mendengarkan musik, browsing ringan, sampai menonton TV.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi Vivo V5s – Bikin Selfie Makin Perfect

Sedangkan tablet, kamu bakal lebih puas dalam kebutuhan multimedia seperti gaming mobile maupun menonton film.

Smartphone dan tablet kamu juga bisa difungsikan sebagai GPS sebagai navigasi dan peta saat perjalanan untuk mencari jalur alternatif, daerah wisata, hingga lokasi-lokasi penting seperti SPBU, ATM, maupun rumah sakit. Mendownload aplikasi Waze akan lebih baik untuk info lalu lintas real-time update karena akan ada berbagai pengguna Waze yang berbagi info disana, dan kamu juga bisa berbagi info juga ke pengguna lainnya.

2. Laptop

Sebenarnya yang satu ini tidak begitu diwajibkan alias optional. Tapi bagi kamu yang suka sama main game, atau butuh perangkat buat nonton YouTube yang lebih guede bareng-bareng dengan keluarga, atau justru ada THR alias Tugas Hari Raya dari kampus, membawa laptop tentu jawabannya.

Baca Juga: Ayo Download, Asphalt Street Storm Racing Sudah Tersedia!

Kebetulan saya adalah orang yang sulit memakai touchpad laptop. So, buat kamu yang sama kayak saya, wajib hukumnya membawa Mouse sebagai pelengkap.

3. Modem

“Ndra.. Ndra.. ngomong nonton YouTube tapi kalo modemnya gak dibawa gimana?”

Ah iya.. modem USB ataupun modem WiFi (MiFi) tentunya perlu kamu bawa khususnya kalau kamu juga membawa laptop atau satu paket internet dibagikan ke semua perangkat yang kamu miliki. Tentunya, kuota internet yang banyak harus kamu siapkan.

Tonton Juga: Review MiFi XL Go – Kepoin Tekno

4. Powerbank dan Charger

Berkaca dari mudik tahun lalu yang menimbulkan kemacetan parah di keluar tol Brebes Timur, perjalanan mudik bakal terasa sangat panjang dan memosankan. Tentunya, saat perjalanan kamu bakal memakai smartphone sebagai pengusir kebosanan.

WinPoin sebenarnya kurang merekomendasikan penggunaan Powerbank jika berada di tempat yang masih ada stop kontak untuk mencharge baterai karena daya yang dialiri oleh powerbank tidaklah sestabil dengan listrik.

Baca Juga: Xiaomi Rilis Powerbank yang Mendukung Quick Charge 3.0

Dibandingkan dengan powerbank, WinPoin masih memilih membeli baterai ganda (jika baterainya dapat dilepas) dan memakai sumber daya dari listrik. Tapi jika sudah darurat, dan jauh dari sumber daya, apa boleh buat.

Ingat pula, pastikan baterai smartphone, tablet, laptop, hingga powerbank sudah terisi penuh ketika akan berangkat mudik.

5. Kamera Digital

via Canon

Mau mengabadikan momen bersama keluarga besar di kampung halaman? Atau mau hunting foto di tempat-tempat yang ada sepanjang perjalanan mudik? Membawa kamera jadi solusinya.

Kalau kamu mau hasil foto yang lebih profesional, membawa DSLR tentu jawabannya. Gak mau repot? Cukup bawa kamera pocket digital saja.

6. Aksesoris Pendukung

via ebay

Saya pribadi kala berpergian jauh tidak pernah ketinggalan membawa aksesori seperti earphone bahkan headphone karena saya sering mendengarkan radio ataupun bermain games agar tidak bosan.

Ada banyak juga aksesori lainnya yang bisa kamu bawa saat mudik nanti. Ada selfie stick alias tongsis buat kamu yang mau selfie bareng, selfie light biar hasil selfie di tempat kurang cahaya jadi lebih baik, kipas yang bisa dicolok ke port microUSB, hingga USB On-The-Go untuk menyambungkan smartphone dengan flashdisk hingga mouse.

Nah itu dia 6 barang yang harus kamu bawa saat mudik nanti.

WinPoin juga mengingatkan kamu yang akan mudik untuk menjaga kesehatan, beristirahat setiap 4 jam buat kamu yang mengemudi, bawa makanan dan minum yang cukup, cek fisik kendaraan buat kamu yang membawa kendaraan sendiri, dan juga mengunci pintu dan mencabut aliran gas dan listrik yang ada di rumah, dan tentunya hati-hati di jalan karena keluarga sudah menanti di kampung halaman.

Kalau kamu punya barang lain yang juga wajib dibawa saat mudik, taruh saja di kolom komentar ya!

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi