Home Accessories 7 Cara Menjaga Keawetan Flashdisk

7 Cara Menjaga Keawetan Flashdisk

cara-format-flashdisk-ke-ntfs

Kecil dan praktis. Itulah yang membuat flashdisk menjadi media penyimpanan portabel paling populer saat ini. Kalau boleh mengingat di awal kemunculannya, harga flashdisk sangatlah mahal — bahkan untuk yang berkapasitas kecil sekalipun!

Tetapi jaman memang sudah berubah, dan flashdisk murah bisa dengan mudah kamu temukan. Namun harga yang murah bukan berarti bisa diperlakukan seenaknya dong. Menggunakannya dengan baik dan hati-hati tetap menjadi pilihan bijak.

Untuk itu di artikel ini WinPoin berikan 7 tips untuk menjadikan flashdisk lebih awet yang bisa kamu praktekkan dalam aktivitas sehari-hari.

 

1. Jangan Asal Cabut

Ketika sedang buru-buru beberapa orang main asal cabut aja flashdisk yang tertancap di komputernya. No, jangan pernah lakukan ini — terlebih saat proses transfer data sedang berlangsung atau baru saja selesai. Pastikan kamu selalu mencabut flashdisk setelah melakukan Safely Remove agar selain tidak ada data corrupt, flashdisk kamu juga bisa lebih terjaga keawetannya.

 

2. Jangan Terjatuh

Karena ukurannya yang kecil seringkali kita teledor meletakkannya, atau bahkan malah membawanya dengan sembarangan hingga terjatuh. Hindari flashdisk kamu dari terjatuh, terlebih terjatuh dengan keras. Selain bisa merusak body dari flashdisk itu sendiri, sering terjatuh juga membuat flashdisk semakin cepat rusak. Pastikan kamu membawa dan meletakkannya dengan hati-hati — tidak perlu berlebihan, yang penting flashdisk tidak sampai terjatuh berkali-kali.

 

3. Hindari Tempat Lembab & Berdebu

Pernah menemui flashdisk yang ujungnya sampai berkarat? Itu adalah contoh ekstrim dari kurang bersihnya tempat penyimpanan flashdisk. Pastikan flashdisk kamu diletakkan di tempat bersih dan kering. Hindari tempat lembab dan berdebu karena jika flashdisk kotor bahkan sampai berkarat, bukan hanya flashdisknya yang cepat rusak, tetapi bisa ikut merusak port USB PC / laptop juga.

 

4. Jangan Ditancapkan Terus

Jika kamu menggunakan flashdisk hanya untuk pertukaran data, segera transfer data setelah flashdisk tertancap dan jika sudah selesai cabut flashdisk melalui safely remove dengan segera. Kebiaasaan yang buruk adalah terus menancapkan flashdisk baik saat dipakai ataupun tidak. Ingat, flashdisk adalah komponen elektronik yang juga memiliki batas penggunaan sekian jam lamanya. Jadi semakin efisien kamu menggunakannya (hanya ditancapkan saat dipakai saja), maka akan semakin awet juga flashdisk yang kamu miliki.

 

5. Gunakan Sebagai Media Penyimpanan

Flashdisk memang dibuat sebagai media penyimpanan, baik itu untuk bertukar data ataupun backup data. Hindari membuka dan mengerjakan file langsung dari dalam flashdisk. Misalnya saja mengedit dokumen langsung dari dalam flashdisk, compress / extract file langsung di flashdisk, dsb. Hal ini akan membuat boros pemakaian jatah read / write sehingga lebih cepat mencapai batas kerusakan.

Jadi jika mengedit atau mengolah file, pastikan dilakukan di komputer terlebih dahulu. Jika sudah selesai baru pindahkan ke flashdisk.

 

6. Jika Tidak Perlu, Hindari Menjalankan Aplikasi

Aplikasi portabel memang keren — bisa dijalankan langsung dari dalam flashdisk. Tetapi jika tidak begitu diperlukan, sebaiknya hindari menjalankan aplikasi langsung dari dalam flashdisk. Sama seperti mengolah dokumen langsung dari flashdisk, menjalankan aplikasi juga bakal mengambil jatah read / write hingga membuatnya lebih cepat kehabisan masa.

Tentu ada pengecualian kalo untuk keperluan yang memang penting seperti scan PC melalui antivirus portabel sebelum booting ke Windows, install ulang Windows melalui flashdisk, recovery dan troubleshooting menggunakan bootable flashdisk, atau hal yang memang tidak bisa dihindari lainnya.

Intinya adalah, usahakan seminimal mungkin menjalankan aplikasi langsung dari dalam flashdisk.

 

7. Jangan Keseringan Diformat

Format flashdisk seperlunya saja — terlebih jika itu adalah full format. Jangan sering-sering melakukan format padahal sebenarnya kamu hanya ingin mengosongkan satu atau dua file yang tersimpan.

 

Itulah 7 cara menjaga keawetan flashdisk versi WinPoin. Tentu saja flashdisk adalah benda mati buatan manusia yang pasti ada masa kerusakannya. Jika sudah rusak ya tidak ada pilihan lain untuk membeli yang baru.

Di era yang sudah serba online ini mencari dan memilih flashdisk murah dengan kualitas baik bukanlah hal sulit. Salah satu e-commerce yang bisa jadi pilihan adalah MatahariMall.com, dimana ada cukup banyak merchant yang menyediakan opsi bayar di tempat untuk pembelian flashdisk.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.