Home Editorial 7 Faktor yang (Mungkin Tanpa Kamu Sadari) Menjadikan Ponsel Nokia Nyaman Digunakan...

7 Faktor yang (Mungkin Tanpa Kamu Sadari) Menjadikan Ponsel Nokia Nyaman Digunakan (Part 1)

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Tahukah kamu? Pada kurun waktu tahun 1995 hingga 2000, sebuah organisasi pembunuh ternama, yang memiliki reputasi tak pernah gagal dalam melaksanakan tugasnya, selalu mengajukan pertanyaan berikut kepada kliennya: “Apakah ponsel yang dimiliki calon korban?”; Bila klien menjawab, “Nokia”, maka organisasi tersebut akan meminta upah dua kali lipat karena tingginya risiko cedera parah atau bahkan berujung kematian bagi pembunuh yang bernasib sial bila calon korban tak sengaja melemparkan ponsel Nokia tersebut kepada mereka!

Oke, cerita tersebut hanya joke. Tapi yang jelas, memang Nokia memiliki reputasi sedemikian dahsyat di dunia mobile phone. Ponsel mereka diidentikkan dengan ketahanan, fashion, kecanggihan, dan inovasi terbaru. Era pra Windows Phone adalah zaman keemasan Nokia. Ponsel mereka laris bagaikan tiket JKT48 yang dijual di acara gathering WOTA, serta selalu dikaitkan dengan standar tertinggi. Meskipun mungkin semua mengasosiasikan hal tersebut dengan kejayaan masa lalu, namun bagi kamu yang hingga saat ini masih menggunakan ponsel dengan label “Nokia”, baik tanpa OS, menggunakan Symbian, MeeGo, ataupun Windows Phone, maka mungkin kamu akan terheran-heran betapa nyamannya ponsel ini digunakan. Winpoin kali ini akan membahas tujuh faktor yang menjadikan ponsel Nokia nyaman digunakan tanpa kamu sadari!

 

1. Teknologi Antena Nokia

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Di zaman awal perkembangan teknologi telepon seluler, antena milik Nokia dan Siemens memberikan jaminan kemudahan menangkap sinyal dan komunikasi yang lancar. Ini berawal ketika Nokia Siemens Networks dan Vodafone mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menguji teknologi antena baru yang dirancang untuk mengurangi emisi karbon dan meningkatkan efisiensi biaya jaringan ponsel untuk operator. Pengujian dilakukan oleh Nokia Siemens Networks Innovation Centre (NICE) diawali dengan kerjasama antara dua perusahaan. Inilah awal mulanya terintegrasinya sebuah solusi Active Antenna untuk jaringan telekomunikasi seluler komersial WCDMA.

Teknologi Active Antenna ini memiliki potensi mendukung operator dengan meningkatkan kinerja jaringan dan meningkatkan fleksibilitas penangkapan sinyal ketika dalam kondisi sinyal yang rendah.

 

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Nokia juga mencatatkan namanya dalam sejarah ketika Nokia 3210 menjadi ponsel pertama yang menampilkan antena internal, sangat berbeda dengan pendahulunya yang memiliki antena besar yang kelihatan menonjol keluar saku (mungkin kamu pernah mengalami zaman ponsel seperti ini). Inovasi Nokia ini pun diganjar dengan larisnya Nokia 3210 di pasaran. Apalagi ponsel tersebut kelihatan gaul dengan aneka warna yang memikat!

 

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Ketika terjadi ‘antennagate’ pada iPhone 4 (yaitu hilangnya sinyal pada iPhone 4 jika kamu memegangnya dengan tangan kiri), Nokia mem-bully iPhone 4 dengan mengeluarkan produk dengan penempatan antena yang ‘semestinya’, yaitu Nokia Lumia 925. Smartphone berbahan aluminium ini memanfaatkan rangka yang mengelilinginya sebagai bagian dari sistem antena ponsel. Sistem penempatannya menjadikan kamu tidak mudah kehilangan sinyal seperti apa pun caramu memegang ponsel ini.

Hal ini menjadikan Lumia 925 sebagai ponsel yang cantik, sekaligus memiliki konektivitas yang sangat tinggi. Seperti kita ketahui juga, Lumia 925 memiliki kamera dengan kemampuan low-light yang tanpa tanding! Menjadikan produk ini disebut sebagai salah satu masterpiece dari Nokia.

 

2. Ambient Noise Cancellation

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Noise Cancellation adalah sebuah sistem untuk mengurangi atau menghapuskan suara latar (noise) yang timbul ketika kita menelepon dari ponsel. Ini menjadikan orang yang kita hubungi akan menangkap suara kita dengan jernih sehingga menghasilkan komunikasi yang nyaman. Bagaimana hal ini bias terjadi? terdapat skema ambient noise compensation signal generator yang terhubung antara microphone dan mixer. Output asli dari microphone akan disaring oleh generator ini sebelum disalurkan ke transmitter. Dalam skema ini, ponsel memiliki microphone tambahan yang ditujukan untuk mendeteksi ambient noise.

Dalam penggunaan ponsel, tentu saja kita tidak bisa menghindari situasi mengangkat telepon dalam suasana sekitar yang sangat ramai. Dengan teknologi yang digunakan Nokia ini (Dalam daftar fitur ponsel Nokia, ini disebut “active noise cancellation with dedicated mic“), kamu tidak perlu khawatir dengan keributan di sekelilingmu dan berbicara nyaman dengan orang yang kamu hubungi. Dia akan menerima suaramu dengan jernih karena suaramu diperkuat dalam mixer sebelum dikirim ke transmitter, sedangkan suara latar ‘dilemahkan’ sehingga tidak akan mempengaruhi percakapan yang kamu lakukan. Orang yang berbicara dengan kamu akan dapat berfokus hanya pada suaramu tanpa terganggu oleh kebisingan di sekitar.

Fitur semacam ini, bahkan dilekatkan sampai ponsel Nokia yang tergolong low-end. Jelas bahwa kenyamanan berkomunikasi merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh Nokia dalam membesut setiap produknya.

 

3. Kamera? Tidak perlu dipertanyakan lagi

 

 

 

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Kita semua tahu  bahwa ponsel milik Nokia selalu dikaitkan dengan teknologi kamera yang luar biasa, bahkan merupakan pelopor penggunaan kamera digital secara serius pada telepon seluler. Adalah Nokia yang pertama kali menggunakan kamera ponsel dengan hitungan megapiksel (saat itu 1mp) di Nokia 7610. Setelah itu, Nokia bersaing ketat dengan Sony Ericsson dalam mengembangkan kamera secara mutakhir di perangkat seluler.

Nokia N73 menjadi seri ponsel yang paling diminati karena memiliki kamera autofocus 3,2mp ditambah dengan Carl Zeiss lens sehingga menjadikannya tanpa tanding di zamannya.

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Sejarah juga mencatat bahwa Nokia adalah yang pertama menciptakan ponsel dengan kamera yang dapat merekam video pada tahun 2003, yaitu Nokia 3650.

Beberapa ponsel produk Nokia yang hingga saat ini masih dipuja karena kekuatan kameranya adalah Nokia N9 dan Nokia 808. Nokia N9 adalah prestasi tersendiri bagi Nokia karena keberhasilannya menghadirkan ponsel berkamera 8mp dengan teknologi dual LED flash dan tentu saja Carl Zeiss Lens. Sedangkan nama yang kedua masih banyak disebut karena berspesifikasi monster! 41mp PureView dengan Carl Zeiss lens ber-OS Symbian! 808 adalah salah satu prestasi puncak Nokia dalam teknologi kamera untuk telepon seluler!

Itulah mengapa hingga sekarang nama Nokia selalu beresonansi dengan teknologi kamera mutakhir. Ketika telah diakuisisi oleh Microsoft, Nokia juga masih belum kehilangan sentuhan magisnya di bidang kamera dengan meluncurkan Lumia 1020 – Monster kamera 41mp dengan teknologi PureView, OIS, Carl Zeiss lens, dan Xenon flash!

Karena panjang dan lebar, artikel ini akan berlanjut ke part 2!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Mochammad Reza

    Tahan banting ! Ini yg saya suka dari Nokia,merek lain mungkin g sekuat Nokia

    • Untuk kisah-kisah tahan bantingnya, aku rangkum lebih detil di part 2 :D

      • Mochammad Reza

        Udah baca min :D

  • adie

    produk nokia awet

  • zainzacky

    nokia awet bnget brooo..skrang d gnti microsof kok beda ya kesannya..

    • Fayyadh Muchlis

      Pegawai Microsoft itu pegawai Nokia yang udah dibeli, jadi kualitasnya sama aja,,,

      • zain zacky

        Tp knyataan d lumia 535 error mulu…
        Beda saat masih nokia…
        Dri sgi bahan bda..

      • zainzacky

        Tpi dri segi bahan beda. Cntoh aj lumia yg d buat microsof sma lumia yg d buat nokia beda ….

        • Syahdan

          micrososft ingin ke penduduk low-end dulu kaliii, trus ke medium-end tuh lumia 640 contohnya

          • zainzacky

            Lumia 640 lte.
            Nyaman brooo…
            Smoga bsa seawet Nokia…

      • Regi Setiawan

        saat di gemgam pun beda ,
        lumia microsof sama lumia yg d buat nokia beda .
        kualitas standar nokia dengan kualitas standar microsof beda
        beda 3X
        wkwkwkwkwk

        • Fayyadh Muchlis

          Ya setidaknya setelah kasus layar Lumia 535 gak ada yg mengeluhkan apa2 di Lumia selanjutnya, kalo masalah feel saat menggenggam ya tergantung harga, kalo Lumia 430 yg harganya 700 rb ya gk bisa dibandingin sama Lumia 520 yg harganya lebih dari 1 jt,,,, intinya ada harga ada kualitas

  • njiiir… gambar nokia yang terakhir.
    jadi inget kisah masa lalu ane.

  • Marino

    saya punya nokia n8, selama lebih dari 3 tahun dipake, ga pernah 1x pun dibawa ke tempat service, ga pernah 1x pun rusak, dan baterai masih awet hingga sekarang… sungguh kinerja yg luar biasa

    • zainzacky

      Nokia e7 ku pun gtu..tiga tahun lebih gk pernah servis pe sekarang…n masih ku pkai jga PE sekarang…

      • Rangga Riansyah

        wah sodara kembar nih n8 sama e7…hehehe

        • zainzacky

          Maw beli n8 saat tu gk ke beli….akhirnya beli yg e7 ..lbih lebih lebar n ad kwertynya mlah..

  • Budiです

    Kenapa beda rasa produk dengan brand Nokia dan Microsoft?

    Kalo menurut pendapat ane sih itu disebabkan tren masyarakat kekinian yang semakin cuma liat “spesifikasi hardware”nya ketimbang fungsionalitasnya dan juga harga semurah-murahnya dengan spesifikasi setinggi-tingginya.

    Sekarang pas di bawah nama Microsoft, Nokia mulai rilis ponsel dengan spesifikasi yang sesuai masyarakat kekinian dengan harga semurah-murahnya. Konsekuensinya mungkin build quality dan “kamera” yang dibangga-banggakannya jadi menurun untuk hemat biaya produksi.

    Atau bisa juga karena suatu brand udah melekat di masyarakat, ketika brand tersebut rebranding yang ada kepercayaan masyarakatnya jadi berkurang. Udah biasa ini mah.

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      memang…

      • Betul tuh, Jadi seakan akan lini Nokia Lumia dan Microsoft Lumia saling menghancurkan satu sama lain. Contohnya Si Selfie “Lumia 730” sama si Layar Besar “Lumia 535”. Banyak masyarakat awam yang kurang tahu akan spesifikasi ponsel pasti akan milih Lumia 535 karena alasan “Layar besar,Quad Core 1.2 GHz”. Padahal ada perbedaan besar walaupun clock speednya sama ( Lumia 730 Snapdragon 400 dan Lumia 535 ).
        Tapi itu semua sebenernya tergantung budget :D

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          Sama dong dgn ane.. nih ane memberikan penelitian tentang penggunaan Smartphone dalam aspek segi HARGA, KETENARAN, SPESIFIKASI, dan PRODUKTIVITAS.

          Pengamatan Awal.. :
          Kalo orang orang banyak (ambil saja di kota Kendari, karena ane lahir dan tinggal di situ), kebanyakan pada mau Beli berOS Android seperti Samsung Galaxy Series dari pada Nokia seri Lumia (sebelum diakuisisi Microsoft) karena hanya membandingkan segi HARGA dan segi KETENARAN ketimbang segi SPESIFIKASI dan segi PRODUKTIVITAS

          Pendalaman
          Segi HARGA : Samsung Galaxy Series lebih menjanjikan “harganya” ketimbang Nokia seri Lumia.. karena memang harga Nokia seri Lumia sendiri dijual yang dianggap terlalu mahal.

          Segi KETENARAN : Sama dengan kasus Segi HARGA.. intinya yang mana lebih banyak pembeli, itulah yang lebih tenar sehingga banyak orang yg terpengaruh untuk memilikinya.

          Segi SPESIFIKASI : Lihat saja Samsung Galaxy Chat,,, Spek agak medium tapi kebanyakkan APPS justru ngelag dan sering Force Close beda dengan Nokia seri Lumia 520 Spek medium lancar jaya.. Faktanya dalam Segi SPESIFIKASI Nokia seri Lumia lebih stabil, karena kinerja RAM yang lebih unggul dalam menjalankan suatu proses. Dan terbaru setelah membandingkan Smartphone [Samsung Galaxy V (with duos alias dual SIM) vs Microsoft Lumia 430 Dual SIM] Beda tipis malah lebih dominan Microsoft Lumia 430 Dual SIM.

          Segi PRODUKTIVITAS : Dilihat dari kelakuannya kebanyakan orang saat ini menggunakan Smartphone cuma untuk, ajang pamer – pameran.. dulu Nokia lebih berguna untuk sehari hari karena baterainya tahan lama dan awet muda.. sekarang.. jadi ajang pamer – pameran.. anak SD saja udah punya iPhone 6 dan Samsung Galaxy series…. walaupun digunakan untuk PRODUKTIVITAS palingan cuma ada di iklan.. selebihnya pamer.. Apps banyak dan segalanya yng dianggap lebih..

  • doblonk

    3230, E63, 520, 920 :D

  • Edo WiEwin

    melihat nokia 3650, mengingatkan saya dengan almarhumah ibu saya dulu