Home Editorial Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard – Kamu Suka yang Mana?

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard – Kamu Suka yang Mana?

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

Untuk bisa mengoperasikan komputer, kamu membutuhkan perangkat tambahan yang namanya keyboard dan mouse. Jika komputer diibaratkan seperti manusia, bisa dibilang keyboard dan mouse berfungsi seperti tangan dan kaki.

Tidak ada perangkat tambahan atau peripheral yang berperan besar seperti keyboard dan mouse. Tapi tidak kah kamu sadari kalau keyboard lah yang lebih sering kamu gunakan ketimbang mouse. Berdasarkan kisah nyata, komputer yang WinPoin gunakan tidak ganti keyboard selama lima tahun. Sedangkan mouse yang WinPoin gunakan sudah ganti 3 kali dalam 5 tahun ini. Padahal penggunaannya hanya untuk menulis dan browsing saja.

Mungkin diantara kamu hanya men getahui keyboard dan mouse untuk game padahal ada banyak. Dari sini WinPoin akan membahas beberapa teknologi keyboard yang pada akhirnya bisa kamu sesuaikan untuk kebutuhan.

 

Membrane Keyboard

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

Teknologi Membrane Keyboard menggunakan tiga lapisan. Lapisan atas terdiri dari label di bagian atas atau flat key (flat panel) atau bisa juga disebut keytops (full travel). Bagian tengah layer disebut sebagai spacer, letaknya diantara bagian atas layer dan bawah layer. Dibagian Bawah layer terdapat serangkaian garis yang dicetak tegak lurus ke atas layer. Ketika bagian atas layer ditekan, ia akan menekan spacer dan membuat kontak dengan bawah layer, yang mana akan menutup dan mengaktifkan sirkuit.

Perbedaan antara flat panel dan full travel ada dibagian penggunaannya. Flat panel Membrane Keyboard biasanya digunakan untuk elektronik yang tidak memiliki media besar seperti timbangan elektronik, oven, microwave, mesin fotokopi dan sebagainya.

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

 

Versi lain dari teknologi keyboard ini adalah dome switch keyboard. Dome switch sebenarnya adalah gabungan antara membrane dan mechanical keyboard. Pada dasarnya kinerjanya sama hanya saja ia menggunakan rubber dome switches yang disebut polydomes. Dome switch dibuat untuk memberikan respon yang lebih baik dari membrane keyboard biasanya.

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

 

Satu lagi teknologi membrane keyboard adalah scissor switch. Penggunakan dome switch ini digantikan dengan scissor switch karena ingin mengurangi ketinggian key. Pada dasarnya bentuk sisi setiap key berbentuk X. Jenis keyboard ini adalah keyboard standart yang digunakan Macbook Pro dan Macbook Air.

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

 

Mechanical Keyboard

Teknologi Mechanical Keyboard saat ini sedang menguasai pasar keyboard. Teknik Mechanical Keyboard memiliki switch lengkap di bawah setiap tombol yang terdiri dari base, spring dan stem. Yang membedakan Mechanical Keyboard dengan membrane keyboard adalah penggunaan spring atau pegas daripada rubber atau karet. Setelah menekan tombol, spring akan membuat plunger menekan switch, kemudian relay akan memberikan signal ke komputer kamu.

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

Tergatung pada bagian yang digunakan, mereka yang suka bermain-main bisa mengontrol tekanan yang dibutuhkan untuk merespon, selain itu juga bisa mengatur volume dari keystroke dan jarak dari spring.

 

Laser Keyboard

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

Ada banyak teknologi berdasarkan laser keyboard tapi yang populer hanya ada dua.

Laser Projection: Laser Projection keyboard memproyeksikan bagian lengkap dari keyboard ke permukaan yang datar. Keyboard ini mengukur resistensi cahaya untuk mengirimkan sinyal ke device saat tombol ditekan. Ini memang keren, sayangnya keyboard ini tidak praktis untuk sebagian besar aplikasi karena kurangnya respon, ketahanan dan tingkat kesalahan tinggi ketika ditekan.

Optical: Tidak seperti Laser Projection, teknologi optical bergantung pada cahaya yang dipancarkan device seperti laser. Pada setiap sisi keypad ada foto sensor yang mendeteksi key ketika dipencet yang juga diukur dari sumber cahaya berdasarkan kordinat X dan Y.

 

Manakah Keyboard yang Tepat Untuk Kamu??

Setelah kamu mengetahui beberapa teknologi keyboard di atas (meskipun tidak semua WinPoin sebutkan). Dilihat dari kebutuhan, kamu lebih suka keyboard yang menggunakan teknologi apa?

Untuk gamer biasanya memilih mechanical keyboard karena tingkat kustomisasi yang tinggi, mereka bisa menyesuaikan hardware. Jadi ada beberapa tombol yang diatur memiliki respon cepat dan mengurangi penekan tombol yang disengaja.

Inilah Perkembangan Teknologi Keyboard

Sedangkan untuk yang biasa berpetualang atau traveller sebutan kerennya, Roll-up keyboard adalah pilihan terbaik. Dimana dia tahan air dan bentuknya yang fleksibel bisa digulung sehingga bisa kamu taruh disudut tas.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Mochammad Reza

    Laser keyboard

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      pake sampe sakit kuku..

  • pengennya sih laser keyboard,tapi apa dayaku yang cuma bisa beli mechanical keyboard :(

  • judulnya gak cocok tuh. perkembangan atau jenis-jenis ???

  • Hananto Aditya Dewantara

    Punyaku pake scissors switch

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      sama.. wes,..

  • Rasshid

    Mengusahi? Menguasai kali om :v udah dua kali typo nih :v minggu lalu masnya, sekarang adeknya :v