7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Seorang teman pernah mengatakan kepada saya, “Sebetulnya Nokia saat ini tidak perlu khawatir setelah divisi mobile mereka dibeli Microsoft. Mereka punya reputasi membuat barang yang tak terhancurkan, Nokia bisa bikin produk baru”. Dengan ingin tahu saya bertanya, “Produk apa yang cocok dengan citra Nokia?”

Teman saya menjawab mantap: “Kondom!”

Meringkas dari artikel sebelumnya, kita kini mengetahui ada faktor-faktor yang menjadikan ponsel milik Nokia nyaman digunakan. Faktor tersebut mencakup teknologi antena Nokia, teknologi noise cancellation with dedicated mic, dan teknologi kamera Nokia. Masih penasaran apa saja yang menjadikan Nokia unggul dari para pesaingnya, bahkan sebelum zaman Windows Phone? Simak artikel ini!

 

4. Teknologi Baterai Tingkat Atas

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Pada tahun 2012 yang lalu, Huffington Post merilis berita tentang seorang wanita yang ‘menemukan’ ponsel Nokia 3310 dalam keadaan mati di lemarinya. Ponsel miliknya itu sempat disangka hilang pada tahun 2007, namun ternyata sebenarnya hanya terselip saja. Alangkah terkejutnya dia karena ternyata ketika dia menyalakan ponsel tersebut, Nokia 3310 itu masih dapat menyala, meskipun kondisi baterainya sudah kritis alias tinggal sedikit.

Kisah tersebut hanya sebagian kecil saja dari banyak cerita mengenai ketangguhan baterai milik Nokia dibandingkan ponsel lain.

Menurut Daily Mail, Nokia Networks adalah salah satu yang meningkatkan teknologi baterai dengan memanfaatkan software khusus baterai yang disebut High Speed Cell FACH. Ini diklaim meningkatkan performa baterai dengan ukuran yang sama hingga 49 persen! Software ini mampu menangani pengaturan kinerja baterai ketika ‘dipaksa’ menjalankan berbagai aplikasi ponsel modern seperti WhatsApp, Facebook, dan Twitter, browsing web, mengirim email dan pemanfaatan lainnya. Ini menjadikan aplikasi dapat berjalan hanya menggunakan lebih sedikit energy yang berarti baterai lebih hemat!

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Sebagai tambahan, awal Januari yang lalu Nokia memproduksi ponsel fitur seharga USD 29, yaitu Nokia 215 (sudah beredar di Indonesia kok), yang menurut hasil pengujian beberapa media teknologi, mampu mempertahankan daya baterai hingga 1 bulan penuh! Kalau kamu masih memerlukan ponsel fitur, maka produk ini sepertinya menarik untuk dimiliki!

 

5. Build Quality – Chuck Norris-nya Ponsel

 

Randy: “Galaxy S6-ku barusan jatuh ke lantai!” :(

Edo: “Ya ampun, S6 yang malang!..” *dengan wajah prihatin menimang S6 yang hancur*

Yoga: “Nokia 3310-ku juga barusan jatuh ke lantai!” :(

Edo: “Ya ampuuun!………. Lantai yang malang!” :(

Yoga: “Iya nih, aku harus panggil tukang untuk benerin lantainya… Malah akhirnya aku terpaksa jual Nokiaku buat ngongkosin lantai itu…” :(

 

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Nokia memiliki build quality yang melegenda dan mungkin bisa dianggap sebagai Chuck Norrisnya ponsel. Meskipun terkesan berlebihan, tak terhancurkannya ponsel-ponsel Nokia ini mendapatkan pembenaran dari sejumlah cerita.

Pada tahun 2013 yang lalu, seorang polisi di Brazil selamat dari penembakan karena peluru yang menghantamnya ‘nyangkut’ di Lumia 520 yang berada di kantong Pak Polisi tersebut. Saat itu Pak Polisi yang bertugas di Sao Paulo ini menghadapi perampok yang bersenjata. Perampok berupaya kabur dengan membawa jam tangan, permata, ponsel dan uang – ketika melihat Pak polisi tersebut, mereka menembaknya. Pak polisi malang tersebut tertembak di pantat, namun beruntunglah karena di saku belakang, dia mengantongi Lumia 520! Perangkat tersebut hancur, namun pantat Pak Polisi selamat tanpa luka. Mungkin ini salah satu penyebab Windows Phone meraih penjualan tertinggi di Brazil. Di tahun 2015 ini pun, Lumia 520 masih mampu dimanfaatkan optimal untuk mengikuti perkembangan zaman. Saya punya satu dan masih berfungsi maksimal.

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Masih tentang ketangguhan Nokia Lumia, pada tanggal 21 Mei yang lalu, Ubergizmo memberitakan seorang pekerja di provinsi Gansu, Cina yang selamat dari reruntuhan tembok setinggi 20m saat dia bekerja. Ketika itu dia tengah memainkan ponsel tersebut, dan menyadari tembok di hadapannya runtuh karena hantaman sebuah tiang Baja di lokasi konstruksi, secara reflek dia mengangkat ponsel ke atas kepalanya. Lumia 920 yang terkena reruntuhan tembok tersebut masih berfungsi dan tergores di sana-sini, namun tak hancur!

Berita ini juga dimuat di wmpoweruser, portal Windows Phone terkemuka, dan segera saja kolom komentar dibanjiri ucapan duka cita….

7 Faktor yang menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

…Untuk tembok yang harus berhadapan dengan Nokia tersebut.

Oya, tahukah kamu bahwa Indonesia juga baru-baru ini masuk headline media internasional karena seorang demonstran melakukan tindakan yang dianggap membahayakan angkatan bersenjata…

7 Faktor yang menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

..Dengan melemparkan Nokia 3310 dalam aksi memprotes kenaikan harga BBM beberapa bulan lalu.

6. Kualitas Hiburan? Nokia lah yang mengawalinya

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Sebelum era Candy Crush dan Cut the Rope, Nokia adalah pelopor game di ponsel dengan adanya Snake. Game ini merupakan sumber hiburan pertama kalinya di sebuah perangkat seluler! Game ini bahkan diiklankan besar-besaran oleh Nokia dan turut mempengaruhi kesuksesan penjualannya.

Berikut ini adalah salah satu iklan Nokia yang mengandalkan Snake!

Seri Nokia 5310 Xpress Music juga terkenal karena menawarkan hiburan berupa memutar mp3 di ponsel, sesuatu yang sangat jarang di perangkat seluler saat itu. Saingan Nokia dalam bidang ini lagi-lagi adalah Sony Ericsson dengan seri Live with Walkman!

Kesemuanya ini merupakan nilai tambah bagi ponsel Nokia yang menjadikannya nyaman digunakan.

 

7. Model yang selalu modis

7 Faktor yang Menjadikan Nokia Nyaman Digunakan

Nokia selalu hadir dengan desain yang unik dan berbeda. Bukannya menampilkan bentuk yang kaku, Nokia selalu berusaha agar ponselnya kelihatan gaul dan unik. Bahkan banyak model pada zamannya yang berpose bersama produk high end Nokia pada zaman itu. Citra ini tetap melekat kuat di Nokia, sehingga kehadiran seri Lumia selalu menawarkan desain yang unik dan berbeda. Beberapa seri Lumia yang dianggap ‘paling cantik’ antara lain adalah Lumia 920, Lumia 925, Lumia 1020 dan Lumia 1520.

 

Demikianlah 7 faktor yang menjadikan ponsel Nokia nyaman digunakan. Jadi kalau kamu sampai sekarang masih menggunakan produk berlogo Nokia, meskipun sudah lama, jangan kecil hati karena produk tersebut memiliki pride tersendiri di kalangan penggemar ponsel, termasuk jika kamu masih belum berganti Lumia sejak membelinya di tahun 2012 atau 2013 yang lalu – Justru kamu seharusnya bangga karena ini berarti smartphone milikmu sedemikian awet dan fungsionalnya! Punya pengalaman terkait menggunakan ponsel Nokia? Silakan berbagi di kolom komentar berikut ini!

 

 

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.