Home Editorial 7 Hobi yang Didukung oleh Perangkat Windows Phone

7 Hobi yang Didukung oleh Perangkat Windows Phone

Bahasan tentang hobi selalu menarik. Guru SMA saya yang saat itu baru saja memulai karir mengajar di kelas saya, ingin mengenal anak didiknya sehingga secara urut meminta mereka menyebutkan nama dan hobi masing-masing.

Guru: “Oke, sebutkan nama dan hobi mulai dari kamu.” (Menunjuk ke sudut kanan)

Teman 1: “Nama saya Edo, hobi saya melihat bunga.”

Guru: “Wah, hobi kamu feminin juga. Berikutnya.”

Teman 2: “Nama saya Yoga, hobi saya melihat bunga.”

Guru: “Oh, kita punya klub pecinta bunga sepertinya. Berikutnya!”

Teman 3: “Nama saya Bunga. Hobi saya pakai rok mini.”

Oke, apa pun hobi kamu, saya yakin kamu mencintainya dan ingin mendapatkan dukungan untuk hobi tersebut. Saat ini sebuah smartphone memiliki banyak teknologi yang dapat mendukung kita untuk bekerja serta menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih nyaman. Secara khusus, Lumia memiliki konsep penggunaan serta teknologi spesifik yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan kompetitornya.

Dengan teknologi yang dimiliki, Lumia dapat menunjang hobi tertentu yang kamu miliki! Apa? Hobi? Ya, setiap orang pasti memiliki kegemaran tertentu yang penting untuk keseimbangan jiwa dan kebahagiaan hidup. Tentu saja dengan memiliki perangkat smartphone, kamu berharap agar hobi kamu mendapatkan dukungan sehingga dapat bisa lebih menikmati hobi tersebut. Apa sajakah hobi yang didukung oleh perangkat Windows Phone?

 

 

 Bermain Game

Hobi yang didukung WP

Oke, saya tidak mengajarkan kamu untuk bermain game siang dan malam atau menghabiskan limit kartu kredit Mamah untuk bermain CoC seperti yang terjadi pada seorang anak SD di Jambi. Tapi adalah fakta bahwa Windows Phone memberikan dukungan bagi kamu yang hobi bermain game. Mungkin tidak sehebat iOS dengan support penuhnya, atau Android dengan segala kemudahannya, tapi kamu tetap dapat memainkan banyak game menarik di Windows Phone.

Dua tahun yang lalu, saya bahkan bisa memainkan game yang lag gila-gilaan di Galaxy Note saya dengan mulus pada perangkat Windows Phone. Ini pada waktu itu menjadikan Windows Phone memiliki nilai lebih bagi saya. [Catatan: Menurut penilaian saya, Android sudah banyak memiliki kemajuan dan tidak lagi separah setahun atau dua tahun yang lalu]

 

Mendengarkan Musik

Hobi yang didukung WP

Perangkat Lumia 820 ke atas memiliki teknologi Dolby yang memungkinkan kita mendengarkan musik secara optimal menggunakan earset pilihan kita. Saya tidak ingin membandingkan Windows Phone dengan iOS atau Android dalam hal pengalaman mendengarkan musik. Akan tetapi saya yakin bahwa pengalaman mendengarkan musik di Windows Phone cukup menyenangkan.

Meskipun demikian, para audiophile kenalan saya sempat menyayangkan kenapa Windows Phone tidak support FLAC, sesuatu yang sudah ada di iPhone sejak lama. Semoga saja hal ini benar akan diubah pada Windows 10 sehingga kita memperoleh pengalaman mendengarkan musik yang lebih menyenangkan.

 

Berolahraga

Hobi yang Didukung WP

Sejak lama perangkat Windows Phone, bahkan di segmen low-end sekalipun memiliki sensor lokasi yang bagus. Seri Lumia seperti 630, 730, 930, dan 1520 bahkan meningkatkan hal ini dengan adanya teknologi sensor core yang memungkinkan perangkat Windows Phone lebih detail dalam mendeteksi gerakan.

Kamu dapat dengan presisi menghitung berapa jumlah langkah kamu ketika melakukan olahraga lari, sehingga lebih akurat lagi dalam memperkirakan jumlah kalori yang dibakar, dan sebagainya. Ini menunjukkan bahwa Windows Phone mendukung kebutuhan berolahraga dan hidup sehat secara serius!

 

Membaca

Hobi yang didukung WP

Kamu suka membaca? Di Windows Phone terdapat banyak aplikasi yang memungkinkan kamu mengunduh ebook untuk dibaca. Selain itu, Aplikasi seperti Cover akan ikut serta mendukung hobimu membaca manga atau western comic. Kamu bisa dengan santai membaca kapan saja dan di mana saja menggunakan Windows Phone!

 

Traveling

Hobi yang didukung WP

Windows Phone dikenal memiliki fitur navigasi dan penentu lokasi yang handal. Kamu tak perlu takut tersasar! Hal ini tentu saja mendukung sekali jika hobi kamu adalah traveling. Eksplorasilah tempat-tempat menarik tanpa ragu! Windows Phone selalu mendukungmu.

 

Fotografi

Hobi yang didukung WP

Salah satu teknologi unggul Windows Phone, terutama pada ponsel menengah ke atasnya adalah kamera! Lumia 1020 hingga saat ini dikenal sebagai salah satu “monster” ponsel kamera. Belum lagi kita membicarakan teknologi PureView dan OIS yang dilekatkan pada banyak perangkat Lumia. Bahkan perangkat kelas menengah pun banyak memiliki keistimewaan. Seri 72* ke atas memiliki kamera yang dilengkapi dengan Carl Zeiss Lens.

Seorang teman penghobi fotografi pernah menyatakan, “Memiliki kamera jelek dengan lensa bagus lebih baik daripada memiliki sebuah kamera bagus dengan lensa jelek” [Itulah sebabnya banyak lensa yang berharga lebih mahal dari kameranya sendiri]. Ini menunjukkan bagaimana Windows Phone tidak setengah-setengah dalam mendukung hobi fotografi kamu. PS: Foto bunga rumput di atas saya ambil “hanya” dengan Lumia 820 dan sempat dikira seorang teman menggunakan kamera SLR!

 

 Menulis

Hobi yang didukung WP

Kamu punya hobi menulis? Windows Phone memberikan dukungan yang tepat untuk kamu! Kita tahu bahwa ilham bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Kita butuh sebuah sistem pencatatan yang reliabel untuk menjaga agar jangan sampai inspirasi tersebut berlalu. Windows Phone dengan OneNote yang secara default terpasang, diakui banyak kalangan sebagai killer feature yang sangat praktis dan memudahkan.

Kamu bisa membuat catatan apa saja di OneNote, termasuk ide-ide menulis kamu, dan ketika kamu menggunakan perangkat desktop, kamu dapat langsung membuka OneNote desktop dan mendapati segala catatan kamu tersinkron di dalamnya. Bukan hanya catatan biasa, OneNote juga memungkinkan kamu menyimpan nukilan website, foto, hasil pindaian, dan banyak lagi! Ini tentu saja akan sangat mendukung hobi kamu dalam menulis.

 

Nah, itulah 7 hobi yang didukung oleh perangkat Windows Phone. Saya yakin kamu punya hobi lain yang didukung oleh perangkat Windows Phone dan belum saya bahas di sini. Ayo berbagilah di kolom komentar untuk menginspirasi teman-teman yang lain!

PS: Kalau hobi kamu mengumpulkan foto tetangga kos putri sebelah, lebih baik jangan dibagikan di sini, tapi kirimi saya langsung foto-fotonya, Oke?!  (^__^)

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Mayza MyZone

    Sama” pengguna Lumia 820 ,, hiiihihii :v

    • Hohoho.. Iya May..

      • Effendi Wiles Surockboyo

        sayah mah 720 samah 925,.,.hiuhihihi

    • Cieeh yang samaan :v
      Pengguna Lumia 730 angkat suaranya….!! :v

  • Salah satu alasan beli WP, karena kameranya :)
    Ohh ya, itu gak dimasukin Developing Apps tuh?

  • Ogi Rock

    kan WP ga blum bisa COC?

    • Belum memang. ;)

      • Ogi Rock

        lha kenapa ulasan diatas mengibaratkan COC?

  • Budiです

    Iseng nyari compiler untuk belajar, ternyata belum terliat yang se-powerfull OS sebelah :'(

    males bawa-bawa laptop untuk prakter pemrograman :'(

  • Apriko_99
  • ran aja

    Hobi corat coret nih yg blm ada..
    Msh menunggu Sketchbook buat Windows phone

    • Dedy De

      ada fantasia painter, itu aja sh yang lumayan di store
      cukup lah kalo sekedar corat coret hehe

  • Guest

    Dulu…

  • Hassan S Maulana

    Awwwww haha mukadimahnya asik penutupnya lebih menggelitik

    • Agil Faisal Rahman

      ada UC Browser aja udah ajib, youtube gampang downloadnya… apalagi ada IDM versi WP… tambah ajibb dehh…

      • Hassan S Maulana

        Bikin power of download ya

        • Agil Faisal Rahman

          he’eh …

      • Effendi Wiles Surockboyo

        kalo saya downlod film ato video clip pke tubeget,,kualitas hd tuh,.,mantap jaya,.hh

        • Agil Faisal Rahman

          pake tubecast gan,, ada versi full HD malah.. itu juga klo videonya support…

  • jaka adi

    Selfie brew.. L 535.. Huhu…

    • Ah ya… Itu juga hobi generasi baru ya.. (0-0)/

  • Zulmi Kurniawan

    setuju banget dah sama yg one note. sayang hasil rekaman one note gak sebagus aplikasi perekam lainnya.
    yup kekurangan wp ada pada pemutar flac secara default. belom lagi lama kalo scan file wav. tp sekarang udah ada aplikasi kayak perfect music yg bisa mutar flac 16 bit. itu juga udah lebih dari cukup. gratis pula.hehe
    kalo mau muter yg 24 bit bisa pake moliplayer pro. yaa meskipun harus membayar atau mengganti region ke cina untuk dapatkannya. cuma ga kuat aja tuk mutar yg bener2 hi res. tinggal nunggu bisa otg aja ni tuk bisa dipakein dac. biar gak kalah sama aplikasi kaleng ijo.

    • Muhammad Zaidan

      OneNote WP sekarang blm Support corat coret. :’v . Kan bagus kalo Support..

      • Agil Faisal Rahman

        tapi untuk sekedar nulis catetan lumayan mumpuni loh.. simple..

      • Zulmi Kurniawan

        iya om. cuma kalo dari fungsinya sih udah lebih dari cukup tuk nyimpan teks,gambar dan audio.hehe..
        semoga aja microsoft denger tuk penggunaan coret2 di one note.

  • Ogik arimbawa

    Setelah update ke Lumia cyan ko hasil fotonya agak blur yak?

  • Muhammad Zaidan

    PS: Kalau hobi kamu mengumpulkan foto tetangga kos putri sebelah, lebih baik jangan dibagikan di sini, tapi kirimi saya langsung foto-fotonya, Oke?! (^__^)
    .
    .
    .
    Mas Kiki, saya juga mau! :v

  • Muhammad Zaidan

    Fail Panorama oleh 535 saya. :v

    • Agil Faisal Rahman

      lah bisa gitu,, pake lumia panorama udah sip loh..

      • Muhammad Zaidan

        Pake PhotoSynth itu. :v

  • Evlan Mars

    Kalo fotografi menggunakan panorama di WP agak sulit dibanding dengan menggunakan iPhone dan Android,nggak tahu kenapa tahi kalau pake Lumia saya,sulit banget…

    • Banyak yang bilang memang panorama adalah kelemahan Windows Phone. Kekurangan ini ada pada software-nya. Tapi sementara ini aku pakai Nokia Panorama dan hasilnya lumayan.
      Rencananya setelah Windows 10 ini bakal built-in dalam Lumia Camera 5.

      • Evlan Mars

        Hmm gitu toh..okelah ditunggu yg w10

      • Viqie Dellavega

        Buat L820 kebagian Lumia Camera 5 ga om?

        • Kebagian, tapi gak semua fitur dapat kalau gak salah..

      • Effendi Wiles Surockboyo

        keren tuh pic nya mas kiki

  • yocktan

    Aku udah jajal FLAC di iOS 7, malah ketawa karena enginenya ga sesuai
    dengan ekspektasi (bahkan udah pake headset Sennheiser juga). Aku belum
    nemu app/engine FLAC yg bagus di OS hape manapun.
    Tapi berdasarkan pengalamanku sendiri, file WMA Lossless hasil convert dari FLAC (cuma pake Adobe Audition) malah jauh lebih lebar, lebih bening dan lebih nendang dari FLAC di iOS. Pake MP3 320 kbps atau Variable Bit Rate juga lebih manteb kok.
    Dan lebih lucunya lagi, aku muter pake aplikasi XBox music di Lumia 520.

    • Zulmi Kurniawan

      masalah nendang2nya itu udah lari ketelinga masing2 mas bro.hehe
      beda kuping, beda selera, beda rasa yg penting mah enak di dengar di telinga.
      taunya di apple mah pake format alac baru bisa muter tuh file hi-res. #masihnewbie

    • budirogo

      Untuk musik saya condong ke ubuntu studio (low latency), suaranya maknyus.

      • Zulmi Kurniawan

        hmm.. baru denger nih mas bro. boleh ni info2nya. hehe

        • budirogo

          Coba dulu ubuntu studio 14.04 atau ubuntu studio 14.10. Dual boot dengan windows dan bandingkan audionya.

      • budirogo

        Coba dulu ubuntu studio 14.04 atau 14.10. Install dual atau triple boot dengan windows dan coba bandingkan audionya.

      • yocktan

        Udah pernah. Ujung2nya tetep aja tergantung driver atau soundcard (dan SDM tentunya). Aku sih udah cukup pake ASIO kalo cuma buat editing yg simpel2 dan gak perlu banyak VST.

    • Wah, gitu ya ternyata. Kalau sama Apple lossless bagus mana? Temanku selalu banggain itu soale..

      • Zulmi Kurniawan

        mau nanya om, emang ada ya perangkat2 yg beredar dipasaran non apple yg bisa mainin apple lossless itu?
        kalo ada bisa di compare sih antara keluaran produk apple sama produk lain.
        menurut ane sih agak susah kalo kita ngebandingin losslessnya di apple sama lossless di perangkat lain kecuali hardware yg dipakai sama dan hanya dibedakan dgn sistemnya aja.
        setau ane sih kualitas hardware produk apple sedikit diatas lumia. jd agak sulit tuk membandingkan apple sama windows. kecuali sama android. bisa di compare lewat htc m8 rasa android sama htc m8 rasa wp.hehe #imho

        • Nah, iya.. Maksudnya memang secara kualitas suara dibanding produk lain. Aku terus terang juga kurang punya pengetahuan untuk membandingkan, makanya nanya sama Agan.

          • Zulmi Kurniawan

            hmm gak tau juga tuh gan. yg pasti beda telinga, beda rasa, beda selera udah pasti beda experience yg dirasakan.hehe
            hmm.. kalo perangkat high end yg pernah di coba mah iphone 5 doang sih.
            keterlaluan kalo barang mahal kualitas suaranya jelek atau biasa aja.

      • Daripada Apple lossless lebih bagus Apple bayarless mas kiki #eh :v

        • Nah.. Itu dia..

      • yocktan

        Waduh, aku gak tau, aku belum sempet bongkar file Apple Lossless. Kalo mau ngecek bagus-enggaknya sih mesti bongkar di software audio. Tapi pas ane jajal puter di MacBook Pro sih biasa2 aja, suara mid-freq dari bodi gitar nylon malah jd ilang, mungkin driver Macbooknya maksa kurangin mid-freq supaya terdengar bening. Hihihi….

  • Rasshid

    Yang satu kayaknya gak setuju. Sayangnya para developer terlalu malas ke WP -_-

    • Hahaha… Bener juga. Kalah kuantitas dibanding iOS dan Android.
      Tapi dulu sebelum tahun 2013, kerasa banget main game di Windows Phone itu lebih mulus dari Android, bahkan untuk game simple kayak Zombie Tsunami. Pas itu aku pegang Galaxy Note yang bisa dibilang spek atas di zamannya.
      Setelah era ‘ponsel-bagus-murah’ macam Zenfone dan Xiaomi, baru aku ngerasain kalau main game di Android lebih enak.

  • Agil Faisal Rahman

    hampir semuanya ada di ane… dari dengerin musik, travelling sampe menulis,,, semuanya sip banget,, tampilan here maps yg bisa offline jadi gampang dipake pas lagi offline,, ga buang2 paket data buang load halaman peta,, one note apalagi… tampilannya simple.. makenya gampang… game favorit juga lancar,, asphalt n AOE… ahh makin cinta dehh… #L630

  • Benhardi Dicka

    Mas kiki. .mau tnya ni. .aplikasi untuk baca ebook apa ya? I love both reading and writing. .oia. .saya suka sama artikel yang mas tulis. .keren ya mas kerja nya jadi penulis dan seorang penerjemah :) Wish you always the best!! #Lumia 625 and Surface user