Home Editorial 7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara...

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Saat ini sulit bagi kita untuk bisa jauh dari komputer. Ketika belajar, mengerjakan tugas sekolah, kuliah, bekerja, bahkan bersantai dan menikmati hiburan pun mengharuskan kita berada di depan PC atau laptop. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan pengguna komputer memiliki akibat yang sangat buruk bagi kesehatan?

Berikut ini adalah 7 kebiasaan buruk pengguna komputer yang berakibat buruk bagi kesehatan dan bagaimana cara mengatasinya. Jika kamu sering melakukannya, WinPoin berharap kamu bisa segera menghentikan kebiasaan buruk itu dan tidak terjebak didalamnya.

 

7. Duduk Terlalu Lama

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Berapa banyak dari kita yang karena terlalu asyik bekerja, browsing, bercengkerama di sosial media, bahkan bermain game, akhirnya lupa untuk beranjak dari depan komputer kita?

Menurut penelitian, orang yang terlalu lama duduk di depan komputer lebih beresiko terkena serangan jantung, diabetes, kanker usus, melemahnya fungsi otak, nyeri leher, dan nyeri tulang punggung.

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Agar terhindar dari resiko tersebut pastikan kamu berdiri, melakukan streching, atau sekedar berjalan setiap 20 menit sekali.

Gunakan software timer semacam Workrave atau Breaker untuk mengingatkan kamu setiap 20 menit sekali.

Di sore hari kamu juga bisa jalan-jalan sore atau bersepeda selama 20 – 30 menit untuk menjaga kebugaran.

 

6. Lampu Redup

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Menggunakan lampu yang redup atau bahkan terbiasa berkomputer dalam kondisi ruangan gelap bisa menyebabkan kelelahan mata dan pusing. Jika hal ini diteruskan maka bisa merusak kesehatan mata, bahkan membuat pandangan menjadi kabur.

Untuk itu gunakan lampu yang mampu mengimbangi terangnya layar monitor. Atur tingkat kecerahan lampu yang kamu pilih sehingga mata kamu nyaman saat bekerja di depan monitor PC dan laptop.

Jadi jangan dibiasakan lagi ya berkomputer di dalam gelap atau redup dalam jangka waktu yang lama.

 

5. Terlalu Dekat dengan Monitor

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Entah karena ukuran monitor yang terlalu kecil, atau karena mata kita yang mulai minus, tidak jarang kita melihat monitor dalam jarak yang sangat dekat. Hal ini bahkan sampai menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Melihat monitor dalam jarak terlalu dekat terlebih dalam waktu lama akan menyebabkan otot mata menjadi lelah. Semakin fokus dan dekat kamu melihat monitor, maka akan semakin keras otot mata bekerja. Jika diteruskan maka pandangan bisa menjadi kabur, pusing, bahkan muntah.

Untuk itu mulai sekarang pastikan jarak antara mata dengan monitor tidak kurang dari 70cm.

 

4. Malas Bersih-bersih

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Masih ingatkah kapan terakhir kali kamu membersihkan mouse, keyboard, ataupun ruang komputer? Jika jawaban kamu selain “kemarin” atau “tadi pagi”, maka kamu harus lebih rajin melakukan bersih-bersih.

Tangan kita secara natural hangat dan berminyak. Kita memegang makanan, berjabat tangan dengan orang, memegang uang, gagang pintu, handphone, dan sebagainya. Bakteri sangat mudah berpindah dan berkembang dari satu tempat ke tempat lain melalui tangan kita.

Bayangkan seberapa sering kamu memegang mouse, menyentuh keyboard, dan berada di ruangan komputer. Maka bakteri juga banyak berkembang disana.

Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa gadget, termasuk mouse, keyboard, laptop, dan smartphone memiliki bakteri 10x lebih banyak daripada toilet duduk.

Untuk itu pastikan kamu rajin membersihkan keyboard, mouse, PC, dan ruangan komputer demi kesehatan. Bersihkan setiap malam sesudah dipakai, atau setiap pagi ketika akan dipakai.

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

 

3. Duduk dengan Postur yang Buruk

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Idealnya, duduk di depan komputer harus tegak dengan postur yang baik. Kaki menempel di lantai dengan posisi tegak 90 derajad. Monitor tepat berada di depan kita dengan keyboard diletakkan sejajar dengan lengan.

Seperti inilah postur yang baik saat menggunakan komputer.

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Sayangnya mayoritas pengguna komputer duduk dengan postur yang buruk. Memang terkesan lebih enak dan santai, tetapi sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan. Salah satu efek paling sering terjadi akibat kebiasaan ini adalah sindrom carpal tunnel yang untuk menyembuhkannya harus dilakukan operasi.

 

2. Memangku Laptop

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Menggunakan laptop dengan cara dipangku cukup sering dilakukan sebagian orang. Tetapi tahukah kamu bahwa kebiasaan menggunakan laptop dengan cara dipangku bisa menyebabkan kemandulan, arthritis,bahkan juga kanker?

Panas yang dikeluarkan oleh laptop bisa mengurangi jumlah produksi sperma pria, belum lagi dipadukan dengan postur menekuk kaki dan membungkuk, resiko arthritis bakal meningkat.

Untuk itu jikalau tidak sangat terpaksa, hindari menggunakan laptop dengan cara dipangku. Letakkan laptop di meja kerja yang nyaman dan duduklah dengan postur yang baik. Jika kamu ingin lebih bersantai, gunakan meja kecil dan duduk bersimpuh atau dengan meluruskan kaki.

 

1. Begadang

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

Sungguh miris memang ketika WinPoin melihat fenomena sebagian provider internet di Indonesia yang membatasi paket kuota tertentu hanya bisa digunakan setelah tengah malam. Diakui atau tidak, hal ini sebenarnya semacam kampanye yang mendorong pengguna internet untuk begadang agar tidak rugi kehilangan kuota datanya.

Padahal menurut penelitian, begadang meningkatkan resiko terjadinya diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, melemahnya kekebalan tubuh, sulit konsentrasi, hingga melemahnya fungsi otak.

Pada intinya begadang akan merusak metabolisme tubuh. Untuk itu WinPoin sarankan bagi kamu yang terbiasa begadang, entah itu untuk menyelesaikan pekerjaan, nge-game, atau menghabiskan jatah kuota, mulailah memikirkan dampak kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut.

Sebisa mungkin hindari begadang apapun alasannya. Kalau memang kuota internet kamu mengharuskan untuk begadang, tinggalkan saja ISP tersebut dan beralih ke ISP lain yang menyediakan akses internet tanpa batasan waktu. Kalaupun tidak bisa, cari cara untuk menyiasatinya. Jika mau, kamu bahkan bisa merelakan kuota bonus tersebut. Sayang sih memang, tetapi kesehatan kita tentunya jauh lebih mahal bukan?

7 Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer yang Tidak Sehat — dan Bagaimana Cara Menghentikannya

 

Itulah 7 kebiasaan buruk pengguna komputer yang berakibat buruk bagi kesehatan. Sebisa mungkin hindari kebiasaan tersebut dan jangan terjebak didalamnya agar kesehatan kita tetap terjaga.

Setuju?

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Fran Olnsen

    Mantap gan :D

  • haha, yg nomer 7 udah jd kebiasaan. -,-

  • Budiです

    nomor 7, gara2 ke-kampret-an provider Indonesia yang masang paket kalong : ane udah 1tahun lebih begadang terus cuma buat internetan : masang spidol masih susah di pedalaman kayak ane

  • YanDhika

    yang nomer 7, salahkan operator seluler :v
    yang ngajarin begadang itu mereka

    • Hahahaha :v

    • Rahmad Sebastian

      beri orang ini nasi bungkus :v

  • Nurcahya

    ane bacanya berdagang :v

  • ryanmorre

    Saya begadang sambil baring2.. Kayakx operator harus d protes ni soal pembatasan quota

  • Addy Yang

    wah bener kata bang Haji

  • Evlan

    Nice

  • Angger Ndaru Ratry

    good

  • Abuzar Albifar

    softwarenya sangat bagus

  • Whyu Wa

    hahaha

  • Kursi untuk itu gak ada :(

  • muhammad fawaid

    ini repost kan ya?

  • Dante Niro

    satu lagi gan ,,,pas ngecahat sama cewek walaupun rasa lapar,lelah,ngantuk sudah stadium akhir,,tapi pantat ini tidak mau beralih dari depan internet…heheheheh

  • Adnan Zaki

    Banyak bgt tuh yg pas ama gua -_- oke siap ditinggalkan tuh kebiasaan!

    • Samuel Manjo

      Tapi yang nomor 1 yang susah.. Tau provider yang tidak menawarkan paket “kalong” ga?

      • Achmad Riduwan

        Three gan, ane pake yang regular (24 jam)

  • Samuel Manjo

    Sangat disayangkan, disaat semua orang ingin sehat justru banyak provider yang menawarkan paket internet “kalong”. Gimana ga begadang coba?

  • Achmad Riduwan

    itu yang no. 3 foto siapa yakk ?? :v

  • satu lagi artikel reupload bermanfaat :D

  • Maulana Fikri Ramadhan

    dulu aku sering banget bedagang,,sekarang udah jarang
    maklum aku masih anak sekolah :D