Meskipun tidak populer, Microsoft telah berupaya untuk meningkatkan Skype dengan cara merilis klien Skype yang ramah mobile dan desktop. Jika kamu aktif menggunakan Skype, baik untuk kepentingan bisnis maupun pesan instan, mungkin ada salah satu dari 7 trik ini yang kamu lewatkan.

 

1| Menggunakan Emoticon, Stiker, dan Moji

Gunakan tab yang bertuliskan label Emoticons, Stickers, dan Mojis untuk beralih antar tiga bentuk ikon ekspresi ini. Jadikan percakapanmu lebih ekspresif dengan memanfaatkan fitur bawaan Skype tersebut.

 

2| Memilih tema warna-warni

Setiap orang memiliki preferensi yang berbeda soal warna. Itulah sebabnya Skype memberikan aneka tema warna yang bisa kamu sesuaikan dengan selera kamu. Caranya gampang, klik tiga titik di bagian kiri atas jendela. Klik Settings > General. Di situ kamu akan menemukan Theme.

Ada dua opsi di sini, yaitu Light dan Dark. Tergantung skema warna mana yang kamu suka, maka kamu bisa memilih dengan menekan tombol panah kanan dan kiri, atau tinggal mengklik dengan mouse. Baik dengan latar gelap maupun terang, ada warna spesifik yang bisa kamu pilih untuk ditampilkan di percakapan.

 

3| Mengganti nama Kontak Skype kamu

Memang sudah wajar jika orang menggunakan Skype untuk berbagai keperluan. Baik kebutuhan profesional maupun untuk keperluan pribadi. Salah satu hal yang menarik dari Skype adalah menawarkan kepada kamu untuk menuliskan sendiri nama kontak Skype. Tentu saja pihak pemilik kontak tidak akan tahu hal ini.

Jadi kamu bisa memberi nama “Yayang” ke pacar kamu sendiri misalnya. Atau jika kamu punya banyak gebetan yang kamu hubungi lewat Skype, kamu bisa memberi nama mereka gebetan 1 sampai gebetan 20 misalnya.

 

4| Mengaktifkan Skype Translator Bot

Karena banyak digunakan untuk kebutuhan profesional, mungkin saja kontak Skype kamu tidak menggunakan bahasa yang sama. Skype memiliki solusi untuk membantu kebutuhan kamu terkait hal ini, yaitu Translator Bot. Program bot dari Skype ini bisa menerjemahkan teks dan obrolan suara untuk bahasa Inggris, Jerman, Italia, Prancis, dan banyak lagi.

Caranya mudah. Klik kanan pada kontak yang ingin kamu terjemahkan. Buka View profile > Start translator. Ini akan menciptakan sebuah grup chat, dan Skype Translator Bot akan ikut serta di sini. Bot ini akan membantu kamu untuk menerjemahkan percakapan dari lawan bicara, serta juga menyesuaikan jenis kelamin lawan bicara.

Tentu saja penggunaan bot ini masih belum sempurna. Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh bot ini, namun tentu saja akan sangat membantu untuk berbicara dengan pengguna bahasa yang cukup asing bagi kita.

 

5| Merekam telepon Skype kamu

Dengan beragamnya kebutuhan menggunakan Skype, maka fitur merekam telepon audio dan video Skype akan sangat bermanfaat. Misalnya kamu mengikuti teleconference dengan boss yang berada di belahan benua lain, agar tidak melakukan kesalahan mengikuti petunjuk beliau, ada baiknya kamu merekam telepon audio atau video darinya untuk kemudian bisa kamu putar kembali jika dibutuhkan.

Caranya, pada saat melakukan telepon Skype, klik simbol plus, lalu klik Start recording. Sebuah banner akan muncul dan dapat dilihat oleh semua pihak yang terlibat percakapan, memberi tahu bahwa kamu sedang merekam telepon tersebut. Kenapa ini harus ditampilkan? Karena tentu saja kita perlu menghargai privasi orang lain. Jika lawan bicara kamu keberatan percakapannya direkam, maka kamu bisa menghentikannya.

 

6| Bermain dengan Bot

Skype memiliki banyak bot yang unik dan lucu. Kemampuan mereka sudah berkembang pesat jika dibandingkan dengan saat pertama kali saya menggunakannya (saya termasuk angkatan pertama yang menggunakan bot Skype ketika sudah bisa dimanfaatkan). Caranya mudah. Buka tab Contacts di panel kiri. Klik Contact > Add Bots. Ini akan membuka jendela baru yang mana memungkinkan kamu untuk mencari bot yang diinginkan.

Bot di Skype terdiri atas berbagai kategori, mulai dari bot produktivitas hingga entertainment. Kamu bahkan bisa berbincang-bincang langsung dengan beberapa bot. Jika tertarik dengan bot ini, kamu bisa membaca artikel 5 Bot Skype yang menarik untuk dicoba dari Winpoin.

 

7| Membagikan musik, restoran, polling, dan banyak lagi

Skype juga mendukung berbagai layanan. Kamu bisa membagikannya langsung melalui Skype. Misalnya, klik Spotify untuk mengirimkan penggalan lagu yang bisa kamu nikmati bersama lawan bicara. Kamu juga bisa mengirimkan polling untuk mengajukan pertanyaan singkat kepada teman-teman dalam grup. Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan GIF, video, dan banyak lagi layanan yang mungkin menarik untuk dicoba.

 


Nah, itulah berbagai tips dan trik Skype yang menjadikannya khas dan berbeda dari Instant Messaging lainnya. Siapa tahu kamu belum sempat menggunakannya, maka mungkin kamu bisa mengoptimalkan penggunaan Skype kamu dengan trik-trik tersebut.

  Xiaomi Baru Lawan Pixel Lama  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.