Apakah kamu akrab dengan Rinna? Bot berkepribadian gadis SMA alay yang eksis di Line ini merupakan pengembangan dari AI Rinna di Twitter dan Line Jepang, yang mana aslinya juga dikembangkan oleh Microsoft. Atau mungkin kamu juga pernah bermain dengan Murphy? Bot ini juga sempat memeriahkan Skype tahun lalu, namun nampaknya tidak lagi eksis.

Satya Nadella sendiri pada acara BUILD 2016, sempat mengutarakan bahwa fokus Microsoft selanjutnya adalah A.I dan Bot. Cortana adalah salah satu landasan dari pengembangan kecerdasan buatan ini. Mereka bersaing ketat dengan Google dan Facebook yang sama-sama telah mengembangkan kecerdasan artifisial canggih.

Apa sih menariknya bot dan seberapa bermanfaat mereka untuk kita? Mungkin ini memang masih tahap awal dan ‘nilai’ dari bot dan kecerdasan buatan ini sangat relatif bagi tiap-tiap individu. Namun demikian, tidak ada salahnya kamu menengok karya Microsoft tersebut, utamanya yang berada di platform chat andalan Microsoft: Skype. Berikut ini beberapa bot yang menarik untuk kamu coba di Skype. Oya, caranya adalah dengan mengklik Add new bots di Skype Windows 10, atau kamu bisa juga menggunakan shortcut ALT+3. Siapa tahu salah satu di antaranya adalah yang kamu butuhkan untuk kehidupan sehari-hari.

 

IFTTT

Jika kamu tidak familiar dengan istilah tersebut, IFTTT sudah cukup lama populer di kalangan IT. Ini adalah singkatan dari If This, Then That – secara singkat bisa digambarkan sebagai suatu tindakan yang memicu tindakan lain secara berantai yang dapat memudahkan skema pekerjaan kita di bidang komputasi. Misalnya, kita bisa mengatur agar saat sebuah email masuk, maka email tersebut akan tercatat di OneNote dan kemudian masuk sebagai To Do list di Microsoft To Do. Untuk melakukannya kita perlu membuat sebuah ‘resep’ terlebih dahulu. Resep ini nantinya akan berupa urutan peristiwa berantai yang akan berlangsung secara otomatis karena dipicu sebuah peristiwa.

IFTTT ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki pola kerja repetitif yang melibatkan beberapa software atau layanan sekaligus. Tambahkan Bot IFTTT ke Skype kamu, maka kamu akan diarahkan untuk membuat ‘resep’ dari website milik IFTTT. Pilih resep yang terkait Skype, maka kamu akan mendapatkan pesan di Skype terkait dengan rangkaian tindakan yang ingin kamu picu. Ini bakal cocok untuk kamu jika kamu bekerja menggunakan beberapa layanan secara berulang setiap hari.

 

Bing Sportscaster

Suka olahraga? Bot yang satu ini akan menyajikan laporan khusus dan mendetail terkait dengan klub atau tim olahraga yang kamu suka! Setelah menambahkan bot ini, maka kamu akan diarahkan untuk memilih jenis olahraga yang ingin kamu ikuti, kemudian pemain atau klub yang ingin diikuti. Nah, selanjutnya kamu akan mendapatkan pesan dari Skype terkait dengan event olahraga yang kamu pilih tersebut.

Contohnya, kamu menyukai Premier League dan memfavoritkan Chelsea. Bing Sportscaster akan memberi pesan kepada kamu menjelang pertandingan Chelsea, dan selanjutnya juga memberi info peristiwa penting sepanjang pertandingan (gol yang tercipta, kartu yang diberikan, dan sebagainya), juga memberikan tautan berita yang terkait dengan Chelsea. Ini sangat cocok untuk kamu yang menggemari olahraga!

 

Horoscope

Percaya ramalan bintang? Tambahkan Horoscope ke Skype dan kemudian berinteraksilah dengannya. Kamu akan mendapatkan info ramalan bintang terbaru sesuai dengan yang kamu pilih. Pssst… Biasanya cewek-cewek suka ramalan bintang loh. Kamu bisa menggunakan bot ini untuk menarik perhatian gebetan kamu. Bacakan ramalan bintangnya dari Skype, saya yakin dia bakal senang mendiskusikan kehidupan asmara dan keuangannya menurut horoskop!

 

Meme Cat

Meme sedang booming di mana-mana. Kamu punya banyak foto atau gambar yang ‘memeable’ tapi malas mengeditnya dengan aplikasi atau Photoshop yang rumit? Jangan khawatir, dengan Meme Cat, maka pekerjaanmu akan dimudahkan!

Kamu cukup upload gambar yang ingin kamu jadikan Meme. Selanjutnya Meme Cat akan meminta kamu untuk mengetikkan kalimat yang ingin kamu tambahkan pada gambar atau foto tersebut. Tunggu sebentar dan.. Voila! Kamu akan mendapatkan meme baru dengan ciri khas kalimat lucu di atas dan bawah gambar tersebut. Kini kamu tinggal download kembali gambar itu dan bagikan bersama teman-teman kamu atau di medsos milikmu.

 

Curiosity

Apakah kamu pernah menonton The Bucket List? Di film yang dibintangi Jack Nicholson dan Morgan Freeman itu, karakter Carter yang dimainkan Morgan Freeman sangat menyukai trivia atau pengetahuan umum yang mungkin tidak pernah diperhatikan orang lain. Jika kamu juga tipikal orang yang penasaran pada hal-hal seperti: apa sih yang ada di ujung pelangi, kenapa pasir apung bisa menghisap dan menelan manusia, kenapa mahluk dasar laut sebagian besar memiliki penglihatan buruk – Maka ini adalah bot yang tepat untuk kamu!

Tambahkan Curiosity, dan kamu akan mendapatkan dosis pengetahuan harian yang unik dan menarik.

Berbagai hal yang dibahas Curiosity mungkin juga dapat menginspirasi kamu sehingga mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

 

Nah, itulah 5 bot di Skype yang menarik untuk dicoba. Kamu punya usulan tentang bot lain yang menarik di Skype? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar!

  OnePlus 6 vs OnePlus 5T  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.