Home News Sempat Salip Alphabet Inc, Kapitalisasi Pasar Microsoft Mencapai USD 600 Miliar

Sempat Salip Alphabet Inc, Kapitalisasi Pasar Microsoft Mencapai USD 600 Miliar

Microsoft Akhirnya Menentukan Satya Nadella sebagai CEO yang Baru

Satya Nadella mungkin menjadi musuh besar sebagian besar penggemar Microsoft, terutama para penggemar Windows 10 Mobile yang merasa bahwa karena kebijakan Nadella, akhirnya Microsoft memutuskan untuk ‘tidak melanjutkan’ pengembangan OS mobile milik Microsoft tersebut. Akan tetapi para pemegang saham yang hanya tahu uang saat ini memuja Nadella bak dewa, karena dalam minggu ini, untuk pertama kalinya Microsoft berhasil meraih kapitalisasi pasar senilai USD 600 miliar!

Angka yang sama pernah ditorehkan Microsoft pada tujuh belas tahun yang lalu, tepatnya saat Dot-com bubble (fenomena melejitnya nilai perusahaan berbasis teknologi – terutama internet – pada awal milenium) di awal milenium, yang sekaligus juga merupakan nilai kapitalisasi pasar tertinggi Microsoft. Saat itu Bill Gates baru saja menyerahkan tampuk kepemimpinan pada Steve Ballmer yang setidaknya berhasil menjaga kestabilan nilai Microsoft meskipun tidak pernah menonjol secara drastis.

Kamis, 19 Oktober 2017 yang lalu, nilai kapitalisasi pasar Microsoft mencapai USD 600 miliar, dengan nilai saham tumbuh sebesar 0,4% senilai USD 77,91. Nilai ini merupakan nilai tertinggi sepanjang masa Microsoft. Memang ini belum cukup untuk menyalip Apple yang anteng di angka kapitalisasi pasar USD 800 miliar, akan tetapi sempat menyalip Alphabet Inc alias Google selama beberapa jam.

via Online Investor

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi berbasis Cloud menjadi salah satu pendongkrak performa Microsoft di pasar. Pendapatan Microsoft dari Cloud bertumbuh hingga 90% dibandingkan tahun lalu, dan ini benar-benar angka yang fantastis. Nadella yang merupakan mantan boss divisi Cloud Microsoft jelas berperan besar dalam hal ini. Investor tampaknya juga sangat puas pada performa kepemimpinan Nadella ini.

Sepanjang tahun 2017, pertumbuhan Microsoft juga cukup pesat, mengingat baru saja pada awal tahun Microsoft melewati angka kapitalisasi pasar USD 500 miliar. Kini raksasa software (dan Cloud) tersebut tinggal menjaga posisinya terhadap dua penantang lain yang tahun ini juga menembus kapitalisasi pasar USD 500 miliar, yaitu Amazon dan Facebook.

Nadella mungkin memang mengesalkan bagi banyak pengguna Windows 10 Mobile, namun nampaknya kali ini para penggemar Microsoft perlu mengiriminya sisir emas karena keberhasilannya mendongkrak performa pendapatan dan nilai saham perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini. Semoga kestabilan keuangan ini bisa berimbas pada makin banyaknya teknologi menarik yang dihasilkan dari Redmond.

 

Sumber: Marketwatch, Online Investor, Neowin, OnMSFT

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta