Sebelumnya dikabarkan bahwa Google Akan Menindak Keras AdBlock di Google Chrome, dimana Google memperbarui Manifest v2 ke Manifest v3 yang secara langsung berpengaruh pada kemampuan sejumlah extensions termasuk Adblocker.

Nah satu minggu setelah saya menulis artikel tersebut, baru baru ini saya merasakan efek dari perubahan manifest tersebut, dimana adblocker yang saya biasa gunakan kini perlahan mulai kehilangan kemampuannya.

Sebut saja Ublock Origin dan Adblock, keduanya adalah andalan saya untuk memblokir iklan di web browser. Namun beberapa iklan, terutama iklan dari Google Adsense mulai berhasil menembus proteksi Adblocker tersebut, dan tentu efek dari hal ini adalah membuat load website menjadi lebih lambat.

Sebagai contoh, saya membuka situs speedtest.net, loading website tersebut menjadi sedikit lebih lambat di Chromium Browser yang saya gunakan, awalnya saya kira bahwa ini adalah masalah dari provider internet yang saya gunakan, karena hampir semua website mengalami penurunan performa ketika saya buka.

Namun usut punya usut, ternyata ini disebabkan oleh iklan yang mencoba load, dan meskipun tidak semua iklan lolos dari proteksi adblock tersebut, beberapa diantaranya berhasil muncul dan tampil di layar browser saya.

Halaman Speedtest.net
Halaman Detik.com

Berlaku Untuk Hampir Semua Browser Berbasis Chromium

Selain Ungoogled Chromium yang saya gunakan, iklan juga berhasil lolos dari proteksi Adblock pada browser Microsoft Edge dan Google Chrome.

Microsoft Edge Chromium ketika membuka Speedtest.net

Selain itu beberapa Adblock juga mendapati hal yang sama, bukan hanya Adblock saja, termasuk juga Ublock Origin tampak kehilangan kemampuan optimalnya.

Namun, untuk browser seperti Opera dan Vivaldi yang membawa adblocker bawaan, tampaknya iklan masih dapat di blokir dengan baik tanpa ada masalah, saya juga cukup heran, kenapa hal ini bisa terjadi? padahal kedua browser ini sama sama berbasiskan Chromium.

Vivaldi Browser ketika membuka Speedtest.net

Selain Opera dan Vivaldi yang saat ini cukup powerfull untuk memblokir iklan tanpa extensi, Mozilla Firefox juga dikabarkan masih cukup powerfull untuk memblokir iklan dengan sejumlah ekstensi yang sama, seperti Ublock Origin, Adblock, dan Adguard.

Solusi Untuk Kamu Yang Benci Iklan

Meskipun iklan tentunya adalah hal yang baik untuk kami yang bekerja sebagai seorang blogger dan content creator, namun jujur saja saya juga kurang suka diganggu dengan iklan, terlebih jika iklan tersebut tampil berlebihan.

Jika kamu benci dengan iklan dan Adblocker yang kamu gunakan ternyata tidak se-powerfull dulu, kamu bisa menggunakan alternatif Adbloker lain, misalkan ganti Adblock – Best adblocker & Ublock Origin dengan Adguard, karena dalam percobaan yang saya lakukan, Adguard cenderung masih powerfull dalam memblokir iklan (setidaknya hingga saat ini, karena AdGuard Mulai Hadirkan Adblocker Yang Ditenagai Manifest v3 sebagai percobaan).

Selain Adguard, kamu juga bisa menggunakan browser alternatif lain seperti Opera Browser/ Opera GX dan Vivaldi yang sudah include Adblocker didalam browser tersebut, berdasarkan pengujian yang saya lakukan, keduanya masih cukup powerfull memblokir iklan tanpa ada bantuan dari ekstensi pihak ketiga lainnya.

Selain kedua browser tersebut, kamu juga bisa mencoba menggunakan Mozilla Firefox dengan tambahan ekstensi Ublock Origin, Adblock, atau Adguard, karena Firefox bukan didasarkan pada Chromium Browser, maka ketentuan Manifest v3 masih belum berlaku di browser ini, setidaknya untuk sekarang karena bisa saja nanti dimasa depan Firefox harus mengikuti langkah Chrome yang memegang posisi sebagai browser paling banyak digunakan didunia.

Nah apakah kamu mendapati hal yang sama? dimana Adblocker kamu sudah tidak sepowerfull dulu dalam memblokir iklan? komen dibawah guys dan berikan pendapatmu mengenai hal ini.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.