USB Windows Mobile 10

Banyak di antara teman-teman WinPoin yang terus bertanya-tanya, apakah benar perangkat Windows Phone akan support USB OTG setelah era Windows 10 nanti. Bahkan pengumuman dan bocoran Microsoft terkait USB Type C masih belum melegakan (karena tidak langsung menyebutkan “USB OTG”). Namun dalam Konferensi WinHEC di Cina, presentasi Microsoft menunjukkan bahwa konsep Microsoft untuk Windows 10 ternyata jauh lebih baik dari bayangan kita semua!

Dukungan USB Type-C untuk Windows 10, memberikan banyak fungsi dan untuk kesemua fungsi ini, Microsoft telah melengkapinya dengan semua driver yang dibutuhkan dalam OS Windows 10. Berikut ini Winpoin akan membahas satu per satu driver yang telah disertakan secara default dalam Windows 10 beserta perangkat yang dapat memanfaatkannya melalui sistem USB Type-C yang dipasangkan di perangkat Windows Phone.

 

USB Windows Mobile 10

 

 1. USB Hubs

USB Hubs memungkinkan perangkat kita memperluas satu port USB ke beberapa port. Dalam artian, kamu bisa menyambungkan beberapa perangkat sekaligus dengan sistem USB hub ini.

 

2. Human Interface Device (HID) for keyboard and mouse

Meskipun belum jelas bagaimana skenario penggunaannya, namun driver yang terpasang di Windows 10 ini memungkinkan perangkat Windows Phone dapat terhubung dengan keyboard dan mouse yang memiliki skema USB.

 

3. USB Mass Storage

Driver USB Mass Storage memungkinkan perangkat Windows Phone membaca penyimpanan. Dalam artian, kamu dapat membaca data di flashdisk atau mungkin external card reader.

 

4. USB Audio in/out

Driver ini memungkinkan perangkat Windows Phone menampilkan atau mengeluarkan data audio. Dengan skema yang tepat, kita dapat menampilkan apa yang diputar di televisi pada layar ponsel, atau sebaliknya, menampilkan apa yang diputar di ponsel ke layar televisi.

 

Dari presentasi yang ditampilkan Microsoft, bahkan terlihat kemungkinan bahwa perangkat Windows Phone nantinya dapat digunakan sebagai pengontrol perangkat konsol Microsoft, yaitu XBox, terhubung dengan USB Bluetooth, dan beberapa manfaat lainnya. Tak dapat disangkal lagi bahwa pembaruan ini merupakan salah satu hal paling menarik dari Windows 10. Integrasi yang sering digembar-gemborkan Microsoft sepertinya bukan jargon pemasaran belaka. Meskipun demikian, kita harus menunggu sampai musim panas tahun ini untuk melihat bagaimana kinerja sesungguhnya dari konsep luar biasa Microsoft!

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.