Sebuah informasi menarik untuk kamu para pengguna Android Device yang juga masih menggunakan Windows 10 sebagai OS desktop-nya, kenapa? karena kabarnya dalam update terbaru Microsoft SwiftKey Beta yang dirilis untuk Android baru baru ini, Microsoft sudah memberikan fitur agar pengguna bisa melakukan sinkronisasi clipboard Windows 10 dengan SwiftKey di perangkat Android tersebut.

“Recently, Microsoft updated the SwiftKey Beta app with support for clipboard sync. The new update will allow users to sync their Windows 10 and Android clipboards together so copied items are available across devices.” Dikutip dari Neowin.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? mengingat fitur ini tidak aktif secara default untuk langsung pengguna gunakan. Nah langsung saja berikut WinPoin rangkum langkah singkatnya.

Pada aplikasi SwiftKey Beta, kamu bisa masuk ke Settings > Rich input > Clipboard.

Selanjutnya, pada menu Clipboard tersebut, kamu akan melihat opsi “Sync clipboard history” yang mana selanjutnya dapat kamu aktifkan.

Apakah sudah selesai?, tentu saja belum, karena di Windows 10 yang kamu gunakan, kamu juga perlu mengaktifkan Clipboard History pada halaman Settings > System > Clipboard history.

Tepat seperti pada gambar diatas, kamu harus mengaktifkan, ‘Clipboard History’, ‘Sync across devices’ dan selanjutnya memilih opsi ‘Automatically sync text that I copy’.

Namun, dari semua itu tentu saja yang paling penting adalah kamu harus menggunakan akun yang sama di SwiftKey Beta dengan akun yang kamu juga gunakan login di Windows 10.

Jika semuanya sudah selesai, kamu harusnya sudah bisa melakukan sync dengan clipboard Windows 10 melalui akun yang sudah terhubung sebelumnya, perlu diketahui juga bahwa fitur clipboard akan tersimpan selama kurang lebih 1 jam sebelum terhapus oleh system, dan seperti dilansir dari Neowin, fitur ini berfungsi sangat baik pada SwiftKey Beta versi 7.8.5 atau diatasnya.

Perangkat dan OS Yang Didukung

Saat ini, Microsoft menjelaskan bahwa pengguna harus sudah menggunakan Windows 10 October 2018 atau yang lebih baru untuk menggunakan fitur ini, untuk detail perangkat android sendiri tidak dijelaskan apakah ada spesifikasi khusus untuk menjalankan fitur ini, namun berdasarkan laporan beberapa pengguna, hanya pengguna Samsung saja yang dapat menggunakan fitur ini.

Karena saya tidak memiliki perangkat Samsung atau Android lainnya, jadi sayangnya saya tidak bisa langsung mencobanya, jadi mungkin kamu mau mencoba? silahkan kamu download aplikasi Microsoft SwiftKey Beta pada halaman Google Play Store berikut, dan jangan lupa komen dibawah ya.

Via : Microsoft, Neowin

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.