Home News Antivirus Cerdas Windows 10 Bisa Bikin Penangkal Malware Sendiri

Antivirus Cerdas Windows 10 Bisa Bikin Penangkal Malware Sendiri

Microsoft menanamkan AI yang bisa mendeteksi, menganalisa, dan membuat penangkal malware sendiri..

Antivirus Cerdas Berbasis AI Ditanamkan ke Windows 10 — Apa Bedanya?
Dashboard baru Windows Defender Advanced Threat Protection

Beberapa waktu terakhir serangan malware terhadap Windows semakin marak. Katakanlah WannaCry dan Petya menyebar ke seluruh dunia dengan target utama institusi dan fasilitas vital seperti rumah sakit, perbankan, perkantoran, dsb. Melihat hal ini Microsoft tidak tinggal diam. Mereka berencana memerangi malware dengan menanamkan antivirus cerdas berbasis AI (artificial-intelligence) ke Windows 10. (Baca juga: Inilah Antivirus Terbaik 2017 untuk Windows 10)

Antivirus cerdas ini bakal ditanamkan di Windows 10 Fall Creators Update yang rencananya dirilis sekitar bulan September nanti.

Lalu Apa Bedanya?

Kecerdasan buatan (AI) ini bakal ditanamkan di Defender Advanced Threat Protection Windows 10 Fall Creators Update, bersandingan dengan fitur baru lain seperti browser Application Guard, cloud Device Guard, serta Exploit Guard.

Jadi nantinya Microsoft menanamkan Machine Learning yang akan belajar dari 400 juta lebih komputer yang menggunakan Windows 10 saat ini. Jika ada salah satu saja PC Windows 10 yang terdeteksi malware, maka AI akan melakukan analisa dan langsung otomatis membuat signature malware. Signature buatan AI ini kemudian langsung disebar ke pengguna Windows 10 lain di seluruh dunia agar kebal dari malware serupa. Korban pertama malware ini juga tetap aman karena malware tersebut akan langsung dipindahkan ke cloud sandbox virtual dan dibongkar disana, bukan di PC pengguna.

Microsoft melihat bahwa ini adalah solusi jitu untuk mengatasi serangan malware yang semakin kompleks.

Sebagai informasi, 96 persen serangan malware berasal dari malware baru, dan dengan memanfaatkan AI untuk membuat penangkal malware tersebut secara otomatis, maka tingkat infeksi dan penyebarannya bisa ditekan dengan cepat.

Sayangnya antivirus cerdas di Windows 10 Fall Creators Update ini pada awalnya hanya akan dirilis bagi kalangan bisnis dan enterprise, sedangkan untuk pengguna umum seperti kita bakal menyusul secara bertahap.

via cnet

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.