Home PC Inilah yang Terjadi Jika Komputer Kamu Terinfeksi WannaCry

Inilah yang Terjadi Jika Komputer Kamu Terinfeksi WannaCry

Inilah yang Terjadi Jika Komputer Kamu Terinfeksi WannaCry

Apa yang terjadi jika komputer kamu terinfeksi WannaCry? Di artikel ini kamu akan menemukan jawabannya.

Ransomware WannaCry menjadi headline di Indonesia dalam beberapa hari terakhir karena keganasan dan penyebarannya yang cepat. Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais Jakarta pun turut menjadi korban dari ransomware ini. WinPoin sendiri sudah menuliskan beberapa hal penting seputar ransomware ini, termasuk bagaimana cara untuk mencegah komputer kamu terinfeksi WannaCry.

Baca juga:

Kali ini WinPoin akan membahas apa yang terjadi jika komputer terinfeksi oleh WannaCry.

 

1. Awal Infeksi

Meskipun bisa menyebar sendiri melalui jaringan LAN dengan memanfaatkan celah eksploit Windows, tetapi awal mula penyebaran WannaCry tetap dimulai dari sebuah eksekusi. Entah itu kamu kurang teliti dan menjalankan file yang terinfeksi WannaCry dari attachment email, link download, atau bisa dari manapun sumbernya.

Komputer ini akan menjadi PC pertama di dalam jaringan tersebut yang terinfeksi WannaCry — dan dari sinilah bencana tersebut dimulai.

 

2. Muncul Beberapa File di Desktop

Sesaat setelah WannaCry aktif, akan muncul beberapa file di desktop komputer, seperti:

  • @WanaDecryptor@.bmp: file gambar yang dipakai sebagai wallpaper
  • @WanaDecryptor@.exe: file Wana Decryptor yang nantinya otomatis terbuka dan berisi pesan permintaan tebusan serta panduan pembayaran.
  • @Please_Read_Me@.txt: File teks yang isinya sama seperti file Wana Decryptor diatas, berisi berbagai informasi tentang apa yang terjadi di PC kamu, kemana file kamu, dan bagaimana cara membayar uang tebusan untuk mendapatkan decryptor key. Bedanya ini merupakan file versi teks.

 

3. Wallpaper Ganti

Munculnya beberapa file dibarengi dengan digantinya wallpaper Windows dengan gambar bertuliskan pesan ransomware. Wallpaper ini merupakan file @WanaDecryptor@.bmp diatas.

 

4. File Kamu Dienkripsi

Hanya beberapa detik setelah itu, file dan data penting kamu bakal dienkripsi. File yang terenkripsi akan mulai bermunculan dan menggantikan file asli yang kamu miliki. Semua file tersebut tidak bisa dibuka karena telah terenkripsi. Kalaupun kamu buka dengan notepad, hanya akan terlihat tulisan simbol-simbol saja. Ekstensi file kamu semuanya bakal berubah menjadi .WINCRY, jadi misalkan awalnya file tersebut bernama foto_mantan.jpeg, maka setelah terinfeksi WannaCry bakal menjadi foto_mantan.jpeg.WINCRY

 

5. Muncul Pesan di Wana Decrypt0r Window

@WanaDecryptor@.exe akan terbuka dan menampilkan pesan ransomware yang meminta kamu membayar uang tebusan jika ingin mengembalikan file seperti semula.

 

6. Menyebar ke PC Lain dalam 1 Jaringan

Jika komputer kamu terhubung dalam jaringan network, maka PC lain yang belum terupdate dengan patch security MS17-010 dan berada dalam satu jaringan LAN bakal terinfeksi juga. PC lain tersebut akan otomatis terinfeksi melalui celah eksploit Windows yang belum ter-patch tanpa melalui proses eksekusi. Disinilah keganasan WannaCry terlihat, terlebih bagi komputer organisasi, kantor, ataupun fasilitas umum yang terhubung melalui jaringan LAN.

Proses pertama kali PC terinfeksi sampai menginfeksi PC lain dalam satu jaringan hanya butuh waktu kurang dari 1.5 menit saja. Kebayang kan kecepatan penyebarannya seperti apa?

 

7. Uang Tebusan Berlipat Setelah 3 Hari

Di awal PC terinfeksi kamu akan diminta membayar $300 atau sekitar 4 juta rupiah untuk setiap PC yang terinfeksi. Jika dalam 3 hari kamu tidak membayarnya, maka uang tebusan akan naik menjadi $600 atau sekitar 8 juta rupiah.

 

8. Semua File Terhapus Setelah 7 Hari

Jika dalam 7 hari sejak terinfeksi kamu tidak membayar uang tebusan maka seluruh data kamu yang terenkripsi akan dihapus oleh WannaCry. Data kamu akan hilang seluruhnya.

 

Cara Mengatasi WannaCry Jika Sudah Terinfeksi?

Sampai saat ini belum ada Decryptor tool yang dirilis oleh perusahaan antivirus atau security research untuk mengembalikan enkripsi file oleh WannaCry. Jadi yang bisa kamu lakukan jika sudah terinfeksi hanyalah membackup seluruh file yang terinfeksi tersebut, berharap suatu saat ada WannaCry Decryptor Tool yang dirilis dan kamu bisa mengembalikannya lagi — kemudian melakukan install ulang Windows.

 

Cara Mencegah Agar Tidak Terinfeksi WannaCry?

Ada dua hal penting yang harus kamu lakukan agar komputer aman dari WannaCry:

Itulah 8 hal yang terjadi saat komputer kamu terinfeksi WannaCry. Ngeri banget kan? Untuk itu pastikan Windows kamu up-to-date agar terhindar dari berbagai malware, termasuk ransomware WannaCry ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.