Home News Daftar Versi Windows yang Rentan Terkena WannaCrypt (WannaCry)

Daftar Versi Windows yang Rentan Terkena WannaCrypt (WannaCry)

Daftar Versi Windows yang Rawan Terkena WannaCrypt

Baru-baru ini lagi rame seputar serangan Ransomware WannaCrypt dan banyak berita simpang siur yang beredar. Sebagian berita benar, tetapi sebagian lainnya juga ada yang terlalu over dalam menakut-nakuti pembaca. Bahkan sempat ada broadcast message yang menyarankan besok dilarang menyalakan internet sehari semalam penuh jika ingin terhindar dari WannaCrypt. Tentu ini saran yang cukup ngawur sebenarnya.

 

Patch Sudah Dirilis Sejak Maret Lalu

Jadi begini. Microsoft sebenarnya sudah merilis patch untuk menjadikan Windows kebal terhadap serangan eksploit yang dimanfaatkan oleh WannaCrypt (WannaCry) ini sejak 14 Maret 2017 lalu. Detailnya bisa kamu lihat di halaman Microsoft Security Bulletin MS17-010.

Jadi bagi kamu yang memang terbiasa rutin melakukan update Windows, tentu sudah kebal terhadap ransomware WannaCrypt ini. Nah permasalahannya adalah bagi kamu yang tidak pernah / jarang melakukan update Windows dan telah melewatkan patch penting ini.

Melihat daftar di Microsoft Bulletin MS17-010, semua versi Windows mendapatkan patch security tersebut. Ini artinya semua versi Windows yang belum terinstall patch MSB MS17-010 memiliki celah keamanan eksploit yang dimanfaatkan oleh Ransomware WannaCrypt.

Namun demikian Microsoft menyatakan bahwa secara spesifik code eksploit dari WannaCrypt didesain untuk menginfeksi Windows 7, Windows 2008, atau versi OS lain yang lebih lawas / telah habis masa supportnya — termasuk Windows 8.x, Windows Vista, Windows XP, dan Windows Server 2003 yang belum terupdate dengan patch diatas.

 

Windows 10 Aman dari WannaCrypt

Microsoft dengan yakin beberapa kali menegaskan bahwa Windows 10 aman dari serangan ransomware WannaCrypt. Jadi bagi kamu pengguna Windows 10, terlebih yang sudah up to date dengan patch security terbaru, tidak perlu khawatir terinfeksi dengan WannaCrypt.

Tetapi ingat, jangan pernah meremehkan security. Meskipun Microsoft menyatakan Windows 10 aman dari serangan WannaCrypt saat ini, pastikan kamu rutin melakukan update agar jika kedepannya ransomware ini berevolusi dan menargetkan Windows 10, OS kamu berada di posisi paling aman dan paling up to date.

 

Kesimpulan: Versi Windows yang Rawan Terkena WannaCrypt

Jadi jika disimpulkan ada beberapa versi Windows yang rawan terkena WannaCrypt, yaitu:

  • Semua versi Windows selain Windows 10 yang belum di patch dengan security update MSB MS17-010. Namun demikian bagi Windows yang masih disupport saat patch MSB MS17-010 dirilis — seperti Windows 8.1, Windows 7, dan Windows Vista, masih punya kesempatan untuk kebal terhadap WannaCrypt jika fitur update otomatis menyala.
  • Resiko tertinggi dimiliki oleh Windows yang masa support security sudah berakhir, karena dengan begitu tidak ada peluang OS tersebut terupdate otomatis. Disini termasuk Windows 8, Windows XP, dan Windows Server 2003.

Nah itulah dia daftar versi Windows yang rawan terkena ransomware WannaCrypt. Bagi kamu yang tidak ingin terkena ransomware WannaCrypt (WannaCry) ini, silakan lakukan beberapa langkah ini: Cara Mencegah Ransomware WannaCrypt (WannaCry) Menginfeksi Komputer

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.