Home News Breaking News: Ransomware Wannacry – Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya?

Breaking News: Ransomware Wannacry – Apa Itu dan Bagaimana Mengatasinya?

Foto dari Kompas Online

Terus terang Winpoin agak terlambat dalam memberitakan ini. Virus jahat Ransomware Wanna Decryptor (disebut secara singkat sebagai Wannacry) ini masif diberitakan sejak Jumat (12/5) kemarin, namun kedapatan mulai menyerang komputer di dua Rumah Sakit Jakarta tadi pagi. Seperti diberitakan oleh CNN Indonesia,  Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais di Jakarta terkena malicious software yang polanya adalah mengunci komputer dan mengenkripsi semua data, sehingga komputer tidak dapat dibuka kecuali pengguna komputer tadi mengirimkan ‘tebusan’ senilai USD 300 dengan mata uang Bitcoin kepada pemilik virus. Rumah Sakit Dharmais saat ini sedang menginstal ulang seluruh komputernya dan diharapkan agar dapat beroperasi kembali besok Senin, karena saat ini seluruh data dan sistem antrean maupun pemrosesan medis terkunci.

Apa sebenarnya yang dimaksud Ransomware Wannacry? Bagaimana kita mengatasinya?

 

Asal Usul Ransomware Wannacry

Ransomware adalah bentuk malware yang masuk ke dalam sistem dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. Enkripsi ini bisa ‘ditebus’ dengan cara mengirimkan sejumlah uang kepada pemilik virus. Varian Wannacry yang tren sejak kemarin ini merupakan bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas hacker berkode Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui github.

Pertama kali serangan ini terlihat dialami oleh British National Health Service (NHS) yang mana menjadikan sistem komputer menolak pasien, membatalkan operasi, dan menjadwal ulang janji temu pasien.

Dalam beberapa jam sudah terdeteksi 36.000 serangan Wannacry dengan Russia sebagai negara yang paling terkena dampak.

Dan berkembang hari ini menjadi 57.000 deteksi atau dua kali lipatnya!

Saat ini Ransomware Wannacry mampu menginfeksi beberapa versi Windows. (Baca: Daftar Versi Windows yang Rentan Terkena WannaCyrpt (WannaCry))

 

Bagaimana cara mengatasi Ransomware Wannacry?

Ada beberapa cara yang disarankan oleh ahli-ahli IT guna mengatasi penyebaran virus ini.

  1. Unduh update terbaru Microsoft, terutama jika kamu saat ini menggunakan Windows XP. Microsoft telah menganalisis ancaman ini dan sudah menyediakan patch untuk menutup celah keamanan yang dieksploit malware ini melalui update terbaru. Kamu bisa mengunduhnya di sini.
  2. Install perangkat lunak anti-malware. Pembuat perangkat lunak yang terlebih dahulu berhasil secara spesifik mengembangkan tool untuk menangkal ransomware wannacry adalah ESET. Software anti-malware ESET akan meningkatkan perlindungan dengan menambahkan deteksi terhadap ancaman spesifik seperti Win32/Filecoder.WannaCryptor.D.
  3. Waspadai tautan mencurigakan! Jangan sembarangan mengklik tautan yang ada di email mencurigakan atau pesan aneh dari temanmu baik dari Skype, WA, Messenger, atau Instant message app lain.

Winpoin akan terus memantau perkembangan kasus ini dan siap memberikan berita terkini seputar ransomware wannacry serta tips untuk mengatasinya. Kamu punya tips tambahan? Bagikan wawasan kamu di kolom komentar!

Update: Berikut keterangan resmi tambahan dari Kominfo RI. Kamu bisa membacanya dengan mengklik ini.

  Video: Review Smartband Zeblaze Zeband Plus  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta