Winpoin beberapa kali memberitakan bagaimana Microsoft menghentikan dukungan untuk versi Windows tertentu, baik untuk Windows 7 atau Windows 10 dari build tertentu. Beberapa teman terkadang menanyakan kepada saya apa maksudnya itu dan apakah dengan dihentikannya dukungan berarti kita tidak bisa lagi menggunakan versi Windows tersebut? Saya ingin membahasnya untuk memberikan informasi kepada teman-teman semua.

 

1| Tidak ada lagi Security Update

Saat Microsoft menghentikan mendukung versi Windows tertentu, ini berarti Microsoft akan berhenti mengeluarkan update keamanan untuk OS tersebut. Contohnya, Windows Vista dan Windows XP yang kini tidak lagi mendapatkan security update, bahkan meskipun ada lubang keamanan mendasar yang ditemukan di dalamnya. Namun nampaknya Microsoft cukup baik hati, pada kasus ransomware Wannacry kemarin, Microsoft memberikan update keamanan pada versi-versi OS Windows yang mestinya sudah dihentikan dukungannya.

Windows 7 rencananya akan dihentikan dukungan keamanannya pada tanggal 14 Januari 2020, jadi kamu bisa bersiap-siap jika kamu masih menggunakan Windows 7 saat ini.

Bagaimana dengan alternatif lain seperti menggunakan versi Windows yang sudah tidak didukung, tapi diberi antivirus? Ini mungkin bisa dilakukan, tapi hasilnya tidak sempurna. Antivirus hanya merupakan satu lapisan perlindungan. Jika ‘lubang’ dalam OS tidak ditambal, maka ini akan rentan untuk terkena masalah.

Alternatif lain tentu saja melakukan kontrak langsung dengan Microsoft untuk tetap mendapat dukungan. Perusahaan-perusahaan besar biasanya melakukan ini, termasuk militer AS.

 

2| Perusahaan Software Berhenti Mendukungnya

Saat Microsoft mengakhiri dukungan untuk sebuah versi OS, ini merupakan sinyal bahwa perusahaan software dan hardware akan juga ikut menghentikan dukungan terhadap versi Windows yang lebih lama. Tentu saja ini akan menyulitkan apabila kamu memanfaatkan software spesifik untuk bekerja.

Contoh kasus hal ini bisa dilihat di Windows XP dan Vista. Beberapa perusahaan besar, seperti Firefox, menyatakan tidak lagi mendukung Windows XP sejak Juni 2018 yang lalu.

 

3| Hardware baru mungkin tidak akan bekerja di perangkatmu

Cara Mengetahui Model Motherboard Tanpa Membuka CPU

Jika kamu menyaksikan rilis perangkat baru Microsoft, seperti misalnya Surface Headphone, maka jangan gembira dulu jika kamu memiliki OS lama, karena ada kemungkinan hardware baru tersebut tidak bisa bekerja dengan perangkatmu yang menggunakan OS lama. Beberapa komponen PC, seperti misalnya motherboard keluaran 2017 rata-rata tidak bisa menggunakan Windows 7 jika kamu cinta mati pada OS tersebut.

 


Jika Microsoft mengumumkan untuk menghentikan dukungan terhadap build tertentu dari versi OS-nya, maka hal tersebut yang terjadi. Jika perangkat kamu tidak lagi mendukung update OS terbaru, maka solusinya, kamu harus melakukan upgrade perangkat. Jika misalnya tidak melakukannya, maka kamu harus menerima munculnya ‘kekurangan’ yang mungkin kamu alami sebagaimana saya bahas di atas.

 

Sumber: HowtoGeek

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.