Home Editorial Apa itu Microsoft Dynamics?

Apa itu Microsoft Dynamics?

Dynamics_1

Kalau dulu penjualan produk dilakukan dengan media seperti televisi atau telepon dari rumah ke rumah, seiring dengan pergeseran budaya ke online, maka strategi penjualan menjadi semakin canggih dan akurat. Produsen dapat langsung mengumpulkan data prospek dari berbagai sumber online, dan melakukan penawaran dengan cara menghubungi konsumen secara langsung melalui berbagai media online milik konsumen, bahkan memungkinkan untuk melakukan manajemen, menyiapkan laporan, dan menutup penjualan massal secara langsung dengan sebuah software. Perangkat lunak semacam ini disebut Customer Relationship Management (CRM).

Ketika mengulas tentang manfaat LinkedIn bagi Microsoft dalam artikel sebelumnya, beberapa teman penasaran karena mereka baru saja mendengar tentang Microsoft Dynamics, yang sempat saya bahas sekilas sebagai software Customer Relationship Management (CRM) milik Microsoft. Oleh karena itu saya tertarik untuk membahas tentang perangkat lunak pendukung penjualan ini di Winpoin.

 

Apa itu Microsoft Dynamics?

Dynamics_2

Microsoft Dynamics adalah perangkat lunak yang bertujuan untuk mengelola dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Sebagai CRM, Dynamics menyediakan pilihan yang lebih baik bagi pasar, lebih produktif dalam penjualan, dan memberikan solusi layanan pelanggan terbaik. Dynamics memberikan cara bagi perusahaan untuk menjaga pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan tetap terorganisir dan bersifat otomatis sehingga perusahaan dapat berfokus pada bisnis yang lebih bermakna serta hubungan dengan klien untuk membantu perusahaan agar berkembang.

Dynamics memiliki kelebihan dari para pesaingnya karena memiliki integrasi yang baik dengan Cloud milik Microsoft serta berbagai produk bisnis Microsoft seperti Skype, Office  365, dan Outlook.

 

Bagaimana Gambaran Pemanfaatan Microsoft Dynamics?

Dynamics_3

Secara sederhana, ketika menggunakan Microsoft Dynamics, maka kita akan mendapatkan akses ke peralatan manajemen seperti Analysis, Call Center, Database, dan istimewanya, integrasi ke semua software yang didukung platform Microsoft. Ini akan memungkinkan kita melakukan pencatatan terhadap strategi pemasaran, lalu melakukan penawaran terhadap prospek yang ada di database. Database ini bisa diperoleh dari informasi umum online, atau juga data lokal yang dimiliki berbagai departemen di perusahaan, seperti misalnya data dari divisi customer service, marketing, atau bahkan HRD. Hasilnya juga dapat langsung dikelola dengan software ini, sehingga kita dapat memantau bagaimana pergerakan keuntungan dan hasil penjualan yang dilakukan perusahaan. Penggunaan Dynamics dijelaskan secara sederhana dalam video berikut:

Bagaimana ini bisa meningkatkan keuntungan perusahaan? Video berikut menunjukkan contoh kasus spesifik yang mana sebuah firma hukum memperoleh peningkatan penjualan jasa dengan memanfaatkan CRM.

Dari video tersebut, kita dapat mengetahui bahwa CRM memudahkan manajemen database prospek, sehingga kita dapat memantau prospek secara global, dan dengan demikian melakukan penawaran pada saat yang tepat, menghubungi pelanggan dan mencatat interaksinya, serta menyediakan alat untuk melakukan pencatatan akutansi serta berbagai analisis untuk mendukung tindakan yang perlu kita lakukan.

 

Bagaimana Posisi Microsoft Dynamics Dibandingkan software CRM lain?

Perlu diketahui bahwa dalam dunia CRM, pasar dikuasai oleh Salesforce yang diakui sebagai yang terbaik di banyak kategori. Sedangkan berbagai software pesaing Microsoft Dynamics yang juga populer antara lain adalah HubSport CRM, Pipedrive, Nimble, Salesnet, Zoho, Pipeline Deals, dan banyak lagi. Oleh karena itu persaingan di bidang ini relatif ketat, namun memberikan keuntungan besar karena target pasar software semacam ini adalah kalangan bisnis atau enterprise yang bersedia membayar mahal untuk fasilitas semacam ini.

Namun hal yang luar biasa adalah, ketika Microsoft Dynamics hadir pada tahun 2011, software ini belum punya pangsa pasar sama sekali, sementara Salesforce sudah memimpin pasar CRM. Namun tahun ini, 2016 – tepat lima tahun kemudian – Microsoft Dynamics sudah masuk peringkat kedua untuk CRM populer menurut laporan Sales Force Automation Magic Quadrant dari Gartner, peneliti teknologi terkemuka. Akuisisi LinkedIn diharapkan akan semakin memantapkan Microsoft dalam dunia CRM ini. Hal yang wajar mengingat Microsoft menunjukkan transisi dengan semakin memperkuat posisinya di kalangan pengguna bisnis.

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta