Dalam beberapa artikel berkali kali Winpoin pernah mengutip dan menyebutkan patch tuesday, dan berhubung kadang ada yang bertanya juga kepada saya via dm di twitter, maka kali ini mari kita bahas apa itu patch tuesday.

Patch Tuesday? Apa Itu?

Kadang Microsoft menyebutnya sebagai patch tuesday, yang mana itu adalah istilah tidak resmi untuk hari ketika Microsoft merilis sebuah paket update untuk sistem operasi dan software buatan Microsoft lainnya, termasuk Microsoft Office.

Nah karena Microsoft sering memperbaiki masalah keamanan, masalah fitur, dan bug bug lainnya setiap bulan, Microsoft tidak segera merilis patch itu langsung dihari selesainya masalah diperbaiki, dan sebagai gantinya mereka mengumpulkan perbaikan itu menjadi update yang lebih besar yang dirilis pada patch tuesday. Dengan ini, Microsoft membuat proses update yang dapat diprediksi sebaik mungkin untuk administrator, dan professional IT agar mereka tahu bahwa akan ada update tambalan keamanan, dan update perbaikan lainnya yang tiba pada hari selasa kedua setiap bulan, dan mereka dapat membuat rencana untuk melakukan uji coba atau memastikan update tersebut berjalan dengan baik dengan menginstalnya.

Patch Tuesday Kok Dapatnya di Hari Rabu?

Jika ada yang bertanya seperti “bang kok patch tuesday saya dapatnya dihari rabu sih?” nah jawabannya adalah Patch Tuesday biasanya akan dikirim pada hari selasa kedua setiap bulan, yang lebih tepatnya itu terjadi pada hari selasa kedua setiap bulan di Amerika Utara / Pasific Standard Time. Terkait hal ini Microsoft tidak memiliki jaminan waktu tambalan dan buletin informasi tentang kapan update akan dirilis, namun pada umumnya update akan tersedia sekitar Selasa pukul 10.00 pagi waktu standar pasifik atau Rabu pukul 1.00 Pagi waktu Indonesia Barat.

Dalam update yang diberikan Microsoft, kadang Microsoft mengeluarkan update “out-of-band” untuk perbaikan masalah keamanan yang sangat penting dari yang terpenting.

Nah bagaimana sudah paham dengan apa itu Patch Tuesday kan? sebenarnya simpel saja, Patch tuesday itu merupakan kumpulan update cumulative yang berisi banyak perbaikan didalamnya, makanya jangan kaget jika biasanya update ini memiliki ukuran file dan download yang lumayan besar. Begitu.

  Review Smartwatch Murah 2020  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.