Home Tutorial Apa itu VMware, Apa Kegunaannya, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu VMware, Apa Kegunaannya, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu VMware, Apa Kegunaannya, dan Bagaimana Cara Kerjanya

Jika tengah mencari software virtualisasi, maka sedikit banyak kamu pasti bakal mendengar nama VMware.

 

Apa Itu VMware?

VMware adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine. Sebenarnya nama VMware diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc.

 

Apa Kegunaan VMware?

VMware memungkinkan kamu untuk membuat virtualisasi server, komputer, sistem operasi, storage device, aplikasi, networks, dsb.

Jadi bisa dibilang dengan VMware ini kamu bisa membuat komputer virtual di dalam komputer fisik, serta menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi lainnya.

Di area server, virtualisasi VMware bisa digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server — memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang fungsional.

Di area penggunaan sehari-hari, virtualisasi VMware bisa kita manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, misalnya menjalankan Linux di dalam Windows (dan sebaliknya). Selain untuk keperluan testing, ujicoba OS, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sistem yang terisolasi dan tidak merusak sistem utama meskipun sistem di virtual machine tersebut kita oprek-oprek sesuka hati.

WinPoin sendiri menggunakan VMware untuk membuat sistem virtual untuk diotak-atik sebagai bahan tutorial, tanpa harus khawatir merusak sistem operasi utama.

Kamu bisa memanfaatkan virtual machine hasil virtualisasi VMware untuk keperluan apapun kamu inginkan.

 

Cara Kerja VMware?

VMware bekerja dengan membuat layer hardware virtual (virtual machine) di komputer kita (physical machine). VMware akan membuat storage virtual, CPU virtual, RAM virtual, DVD ROM virtual, dan berbagai komponen virtual lainnya untuk kemudian menjadi virtual machine yang utuh.

Layer software yang disebut dengan hypervisor itulah yang secara dinamis mangalokasikan resource di komputer fisik (host computer) ke virtual machine sesuai dengan yang dibutuhkan.

Begitu virtual machine tersebut diinstall sistem operasi, maka sistem operasi di virtual machine tersebut (guest OS) akan berjalan secara terisolasi di sistem operasi utama (host OS).

Setiap state dari virtual machine tersebut bakal tersimpan dalam bentuk file yang nantinya bisa kamu gandakan dan pindahkan dengan mudah.

Dengan begitu kamu bisa menjalankan beberapa virtual machine dengan beberapa spesifikasi dan sistem operasi hanya dari satu komputer fisik.

Itulah penjelasan singkat dan sederhana dari apa itu VMware, apa kegunaannya, dan bagaimana ara kerjanya.

Di seri berikutnya kita akan menjelaskan tentang kebutuhan spesifikasi minimum agar VMware bisa berjalan dengan lancar.

NB: Tutorial VMware ini merupakan bagian dari seri VMware Academy yang daftar lengkap panduannya bisa kamu lihat di halaman Index. (Baca: Jago VMware Dalam 30 Hari — Panduan Lengkap VMware dari Pemula Hingga Mahir)

Jago VMware Dalam 30 Hari — Panduan Lengkap VMware dari Pemula Hingga Mahir

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Kapok ane pasang VMware (Workstation/Player), gak kuat di Low End

    • RiDho Ahmad

      apa resiko/efeknya gan?
      punya ane juga lowend

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Yang paling utama = BSoD

        • RiDho Ahmad

          :O owh .. Jadi takut

  • Mr. Mister

    Mantep juga nih buat nambah wawasan, btw ane sih biasanya make virtualbox karna gratis, hehehe :D Karna spek lepi ngga tinggi2 amat, biasanya cuman instal OS2 ringan aja, kyk versi windows XP kebawah sama beberapa versi linux :D

    • VMware jg gratis kok om..pake yang VMware Workstation Player :D

      • Mr. Mister

        Oh, ada versi gratisnya juga ya, hmmm baru tau ane, kirain VMWare berbayar semua, hehehe :D

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Bagi dong win xp kebawah

      • Mr. Mister

        Hahaha, ngga banyak juga sih gan, udah banyak yang ane hapus masternya, sekarang yg tersisa xp doang, udah lama juga sih, ane cuma penasaran aja sama sensasi os jadul,sekalian nostalgia juga hehehe.

  • lanjut om :D