Bagi yang melakukan Instalasi secara clean instal terkadang akan menemukan beberapa edisi Windows 10 baru, salah satunya adalah Windows 10 Pro For Workstation. Nah bedanya dengan Windows 10 Pro biasa itu apa? karena masih banyak orang yang melakukan instalasi Windows “asal pilih” tanpa mengetahui fungsi dari versi Windows 10 tersebut, mari kita sedikit bahas tentang perbedaan kedua edisi Windows 10 Pro ini.

Apa Itu Windows 10 Pro For Workstations, dan Bedanya dengan Windows 10 Pro

Windows 10 Pro

Windows 10 ini biasa digunakan oleh para profesional yang membutuhkan fitur-fitur khusus untuk menunjang pekerjaannya. Banyak sekali kelebihan yang diberikan untuk edisi Windows 10 Pro seperti Group Policy, Dinamic Provisioning, Shared PC Configuration, Windows Store For Bussiness, Remote Desktop dan lainnya.

Apa Itu Windows 10 Pro For Workstations, dan Bedanya dengan Windows 10 Pro_1
Sumber : Microsoft

Baca Juga : Inilah Perbedaan Versi Windows 10: Home vs Pro vs Enterprise vs Education — dan Mana yang Harus Kamu Pilih

Namun seiring berjalannya waktu tepat pada 11 Agustus 2017 Microsoft mengumumkan versi baru Windows 10 yang secara khusus ditujukan untuk pengguna Professional yang menggunakan perangkat keras kelas atas untuk mendukung beban kerja yang berat dan sangat penting, yaitu Windows 10 Pro For Workstations.

Windows 10 Pro For Workstations

Sesuai namanya, Workstations, Edisi ini difokuskan pada perangkat keras kelas atas yang biasanya menggunakan Processor khusus server seperti Intel Xeon, AMD Opteron, atau AMD Epyc, secara perangkat keras tentunya Windows 10 Pro For Workstations mendukung hardware yang lebih besar, misalnya dukungan spesifikasi processor hingga 4 unit, 6 TB RAM, dukungan ReFS, dukungan Non-Volatile Dual In-Line Memory Module (NVDIMM), dan Remote Direct Memory Access (RDMA).

Apa Itu Windows 10 Pro For Workstations, dan Bedanya dengan Windows 10 Pro_2
Sumber : Microsoft

Pada dasarnya Windows edisi ini membawa semua fitur Windows 10 Pro dengan ditambah beberapa fitur khusus yang telah disebutkan diatas.

Perbedaan Secara Fungsi

Secara fungsi jelas sekali perbedaan yang diberikan, karena mendukung processor kelas server dan RAM hingga 6TB tentu saja penggunaan Windows 10 Pro For Workstations bukan dikhususkan untuk perangkat kelas bawah, Edisi Windows 10 Pro For Workstations biasa digunakan untuk Video Editor Berat, Pembuat Game Resolusi Tinggi yang memang membutuhkan processing yang berat, dan sumber daya perangkat keras yang besar.

Pilih Mana?

Jika dilihat dari spesifikasi kebanyakan, user biasa seperti kita lebih baik menggunakan Windows 10 Pro biasa, selain lebih support dengan hardware kebanyakan, harganyapun bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan Windows 10 Pro For Workstation, bahkan selisihnya sampai dengan 2 Juta Rupiah. Namun jika kamu adalah pengguna PC kelas atas, dengan Processor Xeon dan Perangkat kelas atas lainnya, misalkan kamu mau menginstal Windows 10 di iMac Pro kamu maka Windows 10 Pro For Workstations akan sangat cocok bagi komputermu.

Sip, Windows Edisi apa yang kamu pakai? dan apakah nyaman selama penggunaan? share dibawah biar kita semua tahu kelebihan dan kekurangan dari edisi Windows yang dipakai.

 

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.