Balik ke tahun 2010 dulu saat Windows Phone 7 RTM dirilis, Microsoft melakukan parade yang sangat epic, yaitu parade pemakaman iPhone dan BlackBerry. Itu adalah simbol bagaimana Microsoft serius masuk ke ranah mobile dan yakin banget kalo Windows Phone bisa mengubur popularitas smartphone paling populer kala itu. Tetapi yang terjadi sekarang kebalikannya, Windows Phone atau Windows 10 Mobile lah yang akhirnya mati terkubur popularitas iPhone dan Android. Tanggal kematiannya udah resmi diumumkan, dan di video ini kita bakal bahas semua hal penting seputar akhir dari Windows 10 Mobile.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Akhir Masa Support

Catatan penting pertama, akhir masa support Windows 10 Mobile jatuh pada 10 December 2019. Setelah tanggal itu, Windows 10 Mobile nggak lagi dapet update, patch, dan support dalam bentuk apapun. Jadi bisa dibilang riwayatnya udah tamat mulai hari itu.

Apa yang Gak Bisa Dipake Lagi?

Yang kedua, fitur backup device seperti backup settings dan backup aplikasi tidak bisa digunakan lagi 3 bulan setelah itu. Jadi kalo kamu maksain pake Windows 10 Mobile setelah tanggal supportnya habis, setelah 3 bulan kamu gak bisa backup settings dan aplikasi lagi. Lalu setelah 1 tahun kamu bahkan gak bisa restore backup dari backup2 yang sudah ada. Jadi Microsoft menyarankan utk melakukan backup sebelum masa supportnya habis.

Apa yang Masih Bisa Dipake?

Selain beberapa hal diatas, Windows 10 Mobile sebenarnya tetap bisa digunakan setelah tanggal kematiannya. Store tetap bisa diakses, meskipun tidak ada jaminan sampai kapan. Windows Device Recovery Tool tetap bisa kamu gunakan untuk restore dan recovery. Kamu masih bisa pake untuk tlp, browsing, sosmed, dll — tapi jangan harap ada update dan support dari developer aplikasi. Jadi ya kamu bakal pake versi aplikasi jadul dengan fitur seadanya.

Bakal cukup mirip dengan nasib Symbian yang tetap bisa digunakan buat yang masih mau menggunakannya, tapi udah tidak dapat update dan tidak diurus lagi.

Microsoft: Segera Migrasi ke iOS dan Android

Microsoft menyarankan semua pengguna Windows Phone yang tersisa untuk segera migrasi ke iOS atau Android, karena mayoritas fitur dan aplikasi unggulan Windows Phone juga sudah diusung Microsoft kesana.

Windows Phone atau Windows 10 Mobile sendiri sempat populer menjadi OS mobile ketiga di dunia, di banyak negara ada portal khusus yang membahas itu, kalo di Indonesia ada WinPoin, IDWinPhone, dan Nokianesia yang dulu rutin membahas Windows Phone. Kemudian komunitasnya juga cukup banyak dan aktif kala itu. Bahkan di beberapa negara eropa, amerika selatan, dan asia, popularitas Windows Phone sempat unggul diatas iOS.

Tetapi uniknya, dimatikannya Windows Phone ini tidak membuat Microsoft semakin miskin, tetapi malah membuatnya semakin kaya dengan semakin fokus ke bisnis layanan dan enterprise. Sekarang bahkan Microsoft sudah mengalahkan market cap dari Apple dan Google.

Itu dia beberapa catatan penting seputar kematian Windows 10 Mobile. Semoga bermanfaat buat kamu dulu yang pernah pake Windows Phone atau bahkan masih pake Windows 10 Mobile sampe sekarang. Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pendapat seputar dimatikannya Windows Phone ini, dan sampe ketemu lagi di ulasan menarik lainnya besok.

via microsoft