Huawei MateBook X Pro: Laptop Paling Keren di MWC 2018
photo by thenextweb.com

Tidak banyak orang tahu bahwa Windows punya versi khusus — yang lebih kencang, bersih, dan lebih hemat baterai dibanding Windows versi standar. Microsoft menyebutnya sebagai versi Windows dengan experience terbaik yang pernah ada — dan menamakannya Windows Signature Edition. Lalu apa itu Windows Signature Edition — dan apa bedanya dengan Windows yang lainnya? Berikut ini penjelasan WinPoin selengkapnya

Apa itu Windows Signature Edition

 

Ketika kamu membeli PC yang sudah dilengkapi Windows, entah itu desktop ataupun laptop — maka kemungkinan besar didalamnya ada banyak bloatware dan crapware. Berbagai brand menyertakan bloatware, crapware, trialware, dan software yang sebenarnya hanyalah sampah untuk mendapatkan ekstra keuntungan untuk setiap PC yang mereka jual.

Terkadang mereka mendapatkan keuntungan per install, lalu akan ada keuntungan ekstra lagi ketika kamu melakukan upgrade. Hal ini membuat mereka mendapatkan pendapatan ekstra diluar penjualan PC, ataupun menekan harga PC agar bisa bersaing dengan produk kompetitornya.

Tetapi Windows Signature Edition tidak demikian. Windows Signature Edition bersih dari bloatware, crapware, trialware, dan software sampah pihak ketiga lainnya. Jadi kamu tidak akan mendapati antivirus trial, tool optimasi trial, atau berbagai software tak berguna lain didalamnya.

Selain itu PC yang memakai Windows Signature Edition juga telah disertifikasi dan teruji memiliki performa hardware dan software yang optimal.

Jadi meskipun pada dasarnya core Windows Signature Edition tidak berbeda dengan Windows versi standar. Tetapi tidak adanya software sampah didalamnya memiliki efek yang cukup signifikan terhadap peningkatan performa, kecepatan booting, dan keawetan baterai.

Windows 10 Signature Edition

Tetapi sayangnya meskipun bersih dari software sampah pihak ketiga yang memberatkan, Microsoft masih menyisakan beberapa aplikasi sampah di Windows 10 Signature Edition. Jadi di Start Menu Windows 10 Signature Edition kamu bakal tetap mendapati Candy Crush Soda Saga, Bubble Witch 3 Saga, Drawboard PDF, dsb.

Meskipun aplikasi Windows Store tersebut tidaklah memberatkan sistem (karena tidak auto start dan tidak berjalan secara background), tetapi seharusnya Microsoft tidak menyertakan aplikasi sampah tersebut di Windows 10 Signature Edition agar experience Pure Windows semakin terasa.

Kesimpulan: Windows Signature Edition vs Standard (Pro / Home)

Bisa dibilang bahwa Windows Signature Edition merupakan Pure Windows — dimana PC yang memakai Windows Signature Edition sudah tersertifikasi dan teruji optimal secara hardware dan software, serta tidak dipenuhi dengan software sampah tak berguna yang memberatkan sistem.

Karena bebas bloatware, harga PC Windows Signature Edition juga cenderung lebih mahal dibanding PC dengan Windows bawaan versi standar.

Tetapi kamu bisa membuat sendiri Windows PC kamu menjadi Signature Edition dengan cara clean install dan membuang semua software dan aplikasi sampah didalamnya. Pastikan juga install driver hanya dari official brand untuk memastikan hardware kamu berjalan optimal di Windows tersebut. Panduan lengkap mengubah Windows standar menjadi Signature Edition bakal WinPoin rilis di artikel berikutnya. Stay tuned.

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.