Home Editorial Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Alasan yang utama kenapa orang-orang banyak yang menggunakan Windows bajakan karena membeli Windows original itu mahal. Selain itu banyak link download Windows bajakan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah. Terakhir, tentunya karena kamu sudah terbiasa menggunakan Windows ditambah lagi banyak software yang biasanya kamu gunakan ada di sistem operasi ini. Ini beberapa alasan yang mereka cetuskan kenapa orang membajak Windows, apakah termasuk kamu??

Ketika kamu menggunakan Windows bajakan kamu seperti bermain petak umpet dengan Microsoft. Jika Microsoft menemukan kamu menggunakan Windows bajakan, ia akan terus meneror kamu dengan pesan-pesan yang menyuruh kamu untuk menggunakan Windows original.

Microsoft baru-baru ini merilis Windows 10 yang memungkinkan kamu untuk upgrade gratis bahkan untuk komputer Windows bajakan. Meskipun mereka membiarkan kamu menginstall Windows 10, kamu terus menggunakan Windows bajakan yang memaksa kamu membeli Windows original ketika Microsoft mendeteksinya.

 

Bagaimana Microsoft Mengetahui Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Ketika kamu menginstall Windows, kamu harus mengaktifkannya dengan memasukan lisensi, proses ini dikenal dengan Windows Activation. Proses ini menghubungkan Windows dengan Microsoft, mereka memeriksa salinan Windows itu menggunakan lisensi yang benar. Memastikan lisensi Windows hanya digunakan pada satu PC dan tidak digunakan pada PC lainnya.

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Windows juga secara teratur memeriksa untuk memastikan bahwa lisensi yang kamu gunakan belum dilaporkan sebagai bajakan. Proses ini biasa terjadi ketika PC kamu mendownload update dari Microsoft yang biasanya dikenal dengan Windows Update.

Jika server Microsoft memberitahu Windows bahwa komputer menggunakan lisensi bajakan atau tidak menggunakan lisensi yang benar, Windows akan menampilkan pesan yang mengatakan Microsoft Windows “is not genuine” atau tidak asli.

Jika kamu membeli PC yang bundle dengan Windows, itu berarti komputer sudah diinstall dengan Windows pre-activated yang berlisensi. Kamu tidak perlu kawatir tentang itu, karena pasti aman. Tetapi ketika PC itu mengeluarkan pesan bahwa Windows is not genuine, bisa dibilang toko tersebut menipu kamu dengan menginstall Windows bajakan untuk menghemat uang tetapi kamu ditarik biaya untuk Windows original.

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

 

Apa yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan?

Jika kamu menggunakan Windows bajakan yang telah ditemukan Microsoft, ia secara teratur akan mengeluarkan pesan bahwa kamu harus membeli Windows original. Semua versi Windows memberikan efek seperti ini, tapi ada juga efek lain yang berbeda disetiap versi Windowsnya.

 

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Windows XP dan Windows Vista akan membatasi kamu jika kamu ketahuan menggunakan Windows bajakan. Windows XP memiliki proses Windows Genuine Advantage saat melakukan Windows Update, ini menyebabkan user terkunci dan tidak bisa menggunakan komputer miliknya. Windows Vista lebih melunak dengan adanya fitur “reduced-functionality mode”, user bisa login seperti biasa tapi hanya satu jam saja. Sebelum adanya Service Pack 1, reduced-functionality mode Windows Vista hanya membiarkan kamu untuk menggunakan Internet Explorer selama satu jam.

 

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Windows 7 semakin melunak lagi dari versi Windows sebelumnya, dan semakin melunak di Windows 8 dan Windows 8.1. Bila kamu menggunakan Windows bajakan, kamu akan mendapatkan pesan Windows not is not geniune setiap satu jam sekali. Wallpaper desktop kamu akan berubah menjadi hitam dan dibagian pojok kanan akan muncul text This copy Windows is not genuine. Meskipun kamu mengganti wallpaper, mereka akan kembali seperti semula. Selain itu kamu juga tidak akan mendapatkan Windows Update dari Microsoft.

 

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Sedangkan Windows 8 beberapa pengaturan seperti personalization akan dikunci, kamu tidak bisa mengganti apa pun yang berada di bawah pengaturan personalization seperti background Start Screen.

Tentu ini sangat mengganggu kamu, tapi kinerja komputer dan Windows bisa berjalan seperti biasa. Kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah kamu install sebelumnya. Hanya pesan yang mengganggu tapi kamu bisa menggunakan komputer seperti biasa.

 

Bagaimana Cara Keluar Dari Windows Is Not Genuine??

Jika kamu ingin keluar dari Windows Is Not Genuine? Mungkin pesan di versi Windows terbaru tidak menyediakan link untuk membeli Windows Original. Mau tidak mau, kamu harus membeli Windows original di toko terdekat dan menginstallnya ke komputer kamu. Jika kamu memiliki lisensi Windows, kamu bisa mengganti lisensi Windows dengan lisensi tersebut.

Apa Yang Terjadi Ketika Kamu Menggunakan Windows Bajakan??

Inilah kenapa Microsoft merilis Windows 10, mereka ingin semua orang yang menggunakan Windows bajakan dan ingin menggunakan Windows original dapat membelinya dengan mudah. Proses yang disediakan Microsoft ini bisa dilakukan di Windows Store. User bisa membeli lisensi Windows di Windows Store menggunakan kartu kredit dengan mudah dan hanya beberapa menit saja.

 

Memang ada banyak trik untuk bisa mengakali Windows bajakan agar tidak ditemukan Microsoft. Tapi Microsoft masih berjuang untuk melawan trik-trik itu dan terus merilis versi Windows terbaru. WinPoin tidak menyarankan kamu untuk menggunakan trik-trik seperti itu, karena pada akhirnya kamu juga akan ketahuan juga.

Jika Microsoft benar-benar ingin banyak user yang menggunakan Windows original dan mengurangi user Windows bajakan. Microsoft harus memotong harga lisensi Windows dan menyediakan metode pembayaran yang mudah.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • AR_242

    Wah ngeri juga nih….
    Microsoft ingin membabat habis pembajakan

    • Cahya Setiadi

      untuk Laptop menggunakan OS DOS dan OS windows bawaan hanya berbeda 300k so jadi beli yang original aja kalo Laptop. so Cepy

  • Hati-hati kalau kebandara apalagi keluar negeri bawa laptop dengan OS bajakan, soalnya kadang ada pemeriksaan acak, kadang kalau apes, bisa disita leptopnya wkwk

    • Fran Olnsen

      :v kwkwk Bahaya Jg :v Klo keluar negeri pke OS open source aja :v Jdi kan gk bermasalah :v Semacam *****

      Psti taulah :v

    • Rasshid

      Disitu kadang saya merasa sedih :'(
      Negara mana om? /_/

      • Cahya Setiadi

        salah satunya Singapore

    • Ahmad Junaidi Tarigan

      Tapi kalau via key MAK aman gak tuh?

  • Kasyah Rahmatullah Takhier

    Ahahaaa…

  • Azis Resjulifat

    ini yang membuat para user pc resah dan berpindah ke lain OS ..
    jika ini terjadi seharusnya pihak microsoft bisa memberikan harga yang bersahabat untuk semua os windows ..

    • YanDhika

      itu semua terjadi karena conversi ke kurs rupiah :3

  • gpp kalo buat sendiri pake windows bajakan juga, asalkan kalian tidak menjualnya taupun menggunakan untuk kelas enterprise (perusahaan).

  • Budiです

    pengguna MAK >< Nunggu windows original dibawah 300K IDR :p

    • Rifky Irpan Ramadhan

      Sama… :v
      Tapi ane KMS… :v

  • YanDhika

    “kamu seperti bermain petak umpet dengan Microsoft”

    jadi ingat dengan petak umpet horror ala jepang yang naruh boneka di kamar mandi itu deh >_<

    sebenarnya gini, semua ISO windows itu original (kecuali yang AIO)
    yang membuatnya jadi bajakan adalah proses aktivasinya :)

    • Rasshid

      Aih, jadi keinget sebuah ungkapan, “semua anak itu baik, cuma yang membuat dia jahat adalah pengaruh lingkungannya” ._.

    • Ivan Azzam

      Hitori-Kakurenbo :D/

      Ada yang berani coba ga ya? :p

      Wah baru tau aktivasinya toh yang bikin jadi bajakan..

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        yoi.. rata” Activator itu manfaatin KMS service alias long final beta tester… dan ini udah ada secara default di Windows hanya belum kesetting apapun, dan KEY Volume Lisence saja yg bisa di aktifkan di KMS.. kalo di Retail.. “maaf coba lagi”

  • hmmmppp, di indonesia sangat banyak yg menggunakan windows bajakan :3

    • Rifky Irpan Ramadhan

      Ada beberapa kemungkinan sih, kenapa bisa gitu:

      Pertama, dikarenakan sedikit orang yang mengetahui bahaya/dampak dari bajakan, jadi bisa dibilang “Persetan dengan original, mending bajakan, toh sama-sama aja.”

      Kedua, walaupun tahu dampaknya, semuanya kembali kepadanya, terutama di bagian keuangan, akankah dia membeli atau tidak.

      Ketiga, Dikarenakan keuangan (terutama pelajar).

  • Chan

    Wah bisa bhya klau gini. Sya pkai windows bjkan soalnya. Cari tmpat ngumpet yg lebih aman deh klau gtu,atau ngumpet di dlam rumah… :v

    —–
    Aktivasi sya pkai KMSPICO,,kira2 kthuan g ya,Windows sya windows 8.1 Enter/32bit dan udh pernah di Update lewat windows update sih….

    —–
    Dan waktu itu pernah desktop sya menjadi hitam,,cuma gk ada tulisan Windows in not genuiune dan g bsa di gnti wallpapers desktop dgn personalize dan bisa d ganti dengn gmbar dari google! trus pas udh di restart/shutdown eh…mlah ilang lg gmbarnya… Semprol !! akhirnya sya instal ulang lg dgn windows yg ini lagi & smpai skrng udh di update dam kyaknya aman2 aja. Tapi takut terulang lagi,,mana lagi blom di BackUp pula. Adduhh….

    • Cahya Setiadi

      untuk detec OS bajakan berlaku pada OS win 10. so yang bajakan ttp bisa pake dan update. tp pasti kena notice plz by original.

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      itumah KMSPICO basednya KMS Service.. alias bisa dibilang Long Tester versi Enterprise…

  • Mochammad Reza

    Mau tanya min,kalo kita beli laptop OS nya ada gak yg bajakan?

    • Fran Olnsen

      Banyak gan :D Ada jg yg ori (Jarang)

      • Cahya Setiadi

        Banyak. biasanya kalo buat pengguna biasa si penjual bisa bantu pasang OS bajakan. yang ori banyak kok sis. bedanya cuma 300k sama OS windows bawaan

        • Fran Olnsen

          Jarang bgt yg asli :v Sekali asli siap budget++ :V

  • pekopekokun

    Biasanya di Indonesia ini
    kususnya yang pengguna laptop
    penjualnya biasanya udah di preinstal OSnya
    dan biasanya mengunakan OS bajakan
    dan si konsumennya juga ga bisa bedain bajakan apa bukan
    ini kejadian di beberapa temen2 saya
    jadi hati2 kalau ada yang mau beli laptop

    terus yang mau ngerakit PC
    jangan tega2nya pake OS bajakan

    yang namanya maling yah tetap maling

    • Cahya Setiadi

      untuk hal tesebut bisa d cek keasliannya kok. biasanya ada stiker d dalam dan diluar laptop. dan jika asli ada recovery setting factory.

  • Rasshid

    Ya coba aja deh kalo harga Windows cuma $10. Pasti saya udah beli dah yang asli.
    Satu-satunya cara paling gampang buat dapetin Windows aseli 100% sih adalah beli laptop yg emang udah jelas-jelas dilengkapin Windows dari sononya, dimana biasanya udah pake Win 8.1 pake Bing. Tapi, gak semua laptop udah preloaded 8.1 Bing, yaa buat ngehemat anggaran -_- Lagipula, katanya Win 8.1 with Bing disetop buat 12 inch ke atas -_- Yaa nggak salah lah kalo kami kebanyakan pake Windows bajakan.. Lagipula, emang seperti yang mas Putu katakan di artikelnya, “7 Alasan Kenapa Kamu Harus Membuat Microsoft Account”, banyak orang hanya menggunakan Windows karena emang semua aplikasi popular enaknya cuma di Windows, dan di OS Linux, kita jarang bisa dapet feel yang enak pada software-software alternatifnya….
    Disitu kadang saya merasa sedih :'(
    Maapkan kalo komen saya terlalu tajam. Saya cuma menyuarakan sedikit opini saya ._. Maap juga kalo banyak typo ._.

    • Cahya Setiadi

      buy laptop with win original only 300k from dos.

  • elJatawe

    Bener banget analisisnya,,,
    Temenku banyak yang layarnya jadi hitam…
    yah seperti permainan “petak umpet”, terpaksa pake Windows Loader terus update otomatisnya gua matiin…
    hehehe

  • Guest

    misi… newbie nih…. numpang diskusi…
    lihat judul di atas jadi banyak pertanyaan…

    1. saya punya beberapa ISO original image by microsoft yang di download dari internet (Apakah ISO tersebut legal ?)
    2. saya punya beberapa product key mulai dari retail, MAK dan key retail dari pabrik setelah diterapkan semuanya lancar (Apakah metode ini legal ?)
    3. jika product key aktivasi saya terapkan di beberapa perusahaan apakah akan terkena dampak negatif bagi perusahaan tersebut ?
    4. Terima Kasih sebelumnya…

    • Beni Setiawan

      1. Semua ISO Windows itu Original (Kecuali repack user lain kayak All In One atau yang ada included Activator atau apa)
      2. Semua Key yang diaktivasi Online via Microsoft atau by Phone/Skype itu Legal, cuma penggunaannya dan cara mendapatkan Key dengan cara yang salah itu yg Ilegal..
      3. Kalo KEY Windows untuk Perusahaan itu dikuota usernya, kalau key itu masih bisa dan masih bisa di aktivasi Online Microsoft, berarti sisa kuota user Key tersebut masih ada (ingat itu key untuk PC/Desktop khusus Perusahaan itu saja bukan buat personal (kecuali udah izin ke Perusahaannya))…. hati-hati kalau suatu saat Perusahaan itu ada audit….. (Lebih baik izin dulu ke Perusahaan untuk menggunakan Key tersebut/meminta) … bisa terancam kena pidana dari Perusahaan pemilik Key tersebut

      • helmyanamy

        makasih banyak infonya sangat bermanfaat…

  • Nurcahya

    Saya pake Hackintosh kalo di bawa ke bandara disita kaga ya :v

    • Cahya Setiadi

      namanya OS bajakan kalo ketahuan ya Laptop d ambil.

      • Christian Tian

        pernah nonton berita kalo indonesia sebenarnya gak ada undang” yang mengatur kalo ketahuan bawa OS bajakan di bandara bakal disita , yang ada cuman diingetin

        • Cahya Setiadi

          untuk indonesia memang tapi di singapore ada UUnya

  • Dixa

    Ada Windows yg berbayar langganan gak ya..?? Mungkin $10 per bulan bayarnya selama setahun atw 2 tahun dst, kemudian gak bayar lagi dan dikirimi cd asli+licensi… Bisa dibilang kayak kredit kendaraan gitu, pas udah lunas bpkb bisa di ambil…
    :D

    • Ojo Nessu

      mantep…

  • Matsudara Adachi

    laptop juga punya sertifikat OS ‘lisensi’ :D
    kalo original pasti bakalan dihargai
    kalo bajakan…….
    layaknya kita membeli Album CD ‘antara yang asli dan abal-abal ‘ :3

  • Jali Dkc

    Nah yang pertama itu, betul juga ya ane baru sadar. Hati” yang katanya Laptopnya sudah diinstall OS tapi ternyata OSnya bajakan, buat apa mahal” kalau bajakan juga. Mending yang DoS aja, lebih hemat beberapa ratus ribu.

    Yang kedua. Mungkin sangat masuk akal, kalau Microsoft ingin membuat para pengguna yang suka Windows bajakan berkurang, harga Windows Originalnya di pangkas harganya, kalau perlu semurah”nya. Ini mungkin sangat efektif untuk mengurangi pembajakan.

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      dolar naek.. tetep mahal kalo di rupiahkan

      • Jali Dkc

        Iya juga. Mudah”an saja nanti kembali normal, minimal 11rb an lah. :)

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          hahhaa mimpi

          • Jali Dkc

            Mimpi? Saya tidak mimpi, mudah”an saja jadi doa.

    • betul mas lebih baik harga murah tapi banyak yang makek kan sama saja incomenya malah jd naik, drpd mahal tp yang makek sdikit ujung2nya malah makek bajakan ..

  • agoenk70

    Andai saja microsoft menggunakan caranya google dengan sistem “android” nya, mungkin itu bisa membasmi namanya bajakan :). menggratiskan “OS” nya, namun membundling dengan Produsen Hardware nya (acer, hp, asus, dkk). #ngareeeep
    karena makin kesini semakin banyak yang berbau “gratisan” walaupun sebenarnya tidak 100% gratis juga :)

  • Gabriel

    Gan ,saya pengguna windows 8.1 bajakan ,tapi sekarang saya mau beralih menggunakan windows original dengan menggunakan Lisensi Retail Ori dari Windows, yang di jual oleh user di kaskus katanya dia orng microsoft harganya juga gak mahal amat sekitar Rp.350.000 ,apa ini legal gan ?

  • Ivan Azzam

    Tips sederhana buat jamin dapet laptop dengan Windows asli, belilah laptop dari reseller/perwakilan merek RESMI. Mau Acer resmi ya ke toko resminya, Lenovo resmi cari perwakilannnya dsb dsb

    Amannya cari di tempat semacam mal sih, kalo Jakarta bisa di Ambassador, kalo udah resmi ya dijamin aman, kalo emang kenapa2 bisa komplain

  • Ni Nyoman Tri Amara Ratih

    Yang paling bawah benar gan :) microsoft harus memberi diskon terhadap windowsnya agar banyak pengguna yang menggunakan windows asli daripada bajakan

  • Laptop lama lisensi bajakan, laptop baru lisensi resmi…

    Yeaaayyy… bisa diajak ke luar negeri :D

  • jedi

    Mas, klo di laptop ane ada logo start Windows terus klo ane lihat namanya “Update to Windows 10” itu asli ga ya?

  • Mas Brojol

    Saya juga baru pake dan install Windows 10 Pro, ternyata lebih ringan dan cepat kalo buat nge-game.. kira-kira aman gak ya kalo buat laptop gaming di rumah ? saya juga mau pasang di PC Warnet saya..

  • Yunias Rizki Nugroho

    Mas mau tanya, kalo kita udah install windowsnya (dengan windows bajakan dan belum di acktivasi) kemudian kita membeli driver activasi nya saja apakah windows kita akan resmi menjadi windows yang terdaftar original? mohon pencerahannya

  • Pa Akbar

    sekarang ini banyak ditawarkan win dan off murah via toko pedia. Bahkan aktivasi langsung ke microsoft scr online. Apakh ini benar original? Mengingat harganya separoh harga yg biasa ditawarkan. Mohon pencerahan.

  • dodynoe

    yang masih jadi pertanyaan buat saya adalah dimana bisa saya dapatkan windows asli? rata-rata dijual online.

    dan mau saya tanyakan, apakah penjualan coa itu dibenarkan? karena banyak yang menjual lisensinya saja di toko online.

  • Aryansyah

    damn! ane ketipu beli acer E471 sama toko laptop sempak! ane beli 7,1 di kasih windows bajakan… untuk para user lain harap berhati2.. atau kalau beli laptop baru coba di test untuk reset ke setelan pabrik dulu,, kalo gak bisa harap berhati2x..