Home Apps 7 Aplikasi Editor Foto Windows Phone untuk Melengkapi Hobi Fotografi Kamu

7 Aplikasi Editor Foto Windows Phone untuk Melengkapi Hobi Fotografi Kamu

7 Aplikasi Foto Editor

Setelah membahas tentang 7 aplikasi kamera yang perlu dimiliki di Windows Phone, seorang sahabat Winpoin, Jazz, mengusulkan untuk sekalian membahas tentang berbagai aplikasi photo editor serta berbagai kelebihan serta kekurangan masing-masing. Memang aplikasi kamera dan photo editor tidak terpisahkan, bagaikan si Buta dari Gua Hantu beserta monyetnya atau Elaine dengan bebeknya ~ Kamu mendapati keduanya saling melengkapi (Oke, perumpamaan itu kurang tepat karena kita dengan senang hati buang bebeknya Elaine – agar tinggal memiliki Elaine saja, tapi kasian kalo buang monyetnya si Buta dari Gua Hantu)!

Lalu apa aplikasi editor foto terbaik? Ini pertanyaan yang sulit dijawab, karena pada dasarnya setiap aplikasi editor memiliki kelebihannya sendiri-sendiri dan terkadang menyajikan sebuah fitur khusus yang tidak ada pada aplikasi editor lainnya. Berikut ini adalah Photo Editor app yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki beserta berbagai fungsi khususnya!

 

1. Lumia Creative Studio

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Lumia Creative Studio biasanya hadir secara default di perangkat Lumia kamu. Ini merupakan aplikasi pengolah foto dan gambar mendasar yang dimiliki Lumia. Tapi jangan salah, Lumia Creative Studio menawarkan fitur yang cukup lengkap seperti reframe, filter, enhance, blur dan fitur andalan: color pop.

Reframe memungkinkan kamu mengubah resolusi foto dengan cepat – sedikit berbeda dengan crop, dengan reframe kamu mengubah “frame” dengan perbandingan tertentu. Filter adalah solusi cepat untuk mendapatkan nuansa berbeda bagi tiap foto kamu. Blur memberikan kamu efek ‘kabur’ yang menjadikan orang menatap fokus yang kamu inginkan.

Color Pop adalah fitur baru Lumia Creative Studio yang menarik. Menggunakannya kamu bisa meniadakan warna tertentu untuk kemudian menonjolkan satu atau dua warna saja. Berikut ini adalah contoh hasil karya foto yang diedit menggunakan Color Pop.

7 Aplikasi Foto Editor

Siapa tahu belum memilikinya, kamu dapat mengunduh Lumia Creative Studio di sini:

Lumia Creative Studio

 

2. Fantasia Painter

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Jika Lumia Creative Studio dikatakan sebagai fitur standar, maka Fantasia Painter merupakan editor dengan all in one solution. Hampir semua hal yang kamu perlukan ada di Fantasia Painter ini. Kurang puas dengan pilihan fitur standarnya? Kamu bisa mengatur paduan warna fotomu secara manual atau menambahkan warna tertentu dalam foto yang kamu ambil. Tentu saja diperlukan skill tersendiri untuk memanfaatkan fitur editing manual di Fantasia Painter, karena menggunakan jari sangat susah dibandingkan mengatur editing dengan mouse pointer. Solusinya, kamu bisa memanfaatkan beberapa efek otomatis yang dapat kamu peroleh dengan mengetuk ikon effects.

Hasilnya? Pantasia Painter menawarkan berbagai hasil gambar yang unik dan khas. Teman-temanmu akan terheran-heran menyaksikan hasil olahan Fantasia Painter yang terkadang sangat surealis ini.

7 Aplikasi Foto Editor

Fantasia Painter memiliki dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Versi berbayar hanya meniadakan iklan yang muncul pada Fantasia Painter.

Kamu dapat mengunduh Fantasia Painter di sini:

Fantasia Painter

 

3. Adobe Photoshop Express

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Adobe Photoshop Express merupakan aplikasi buatan Adobe yang menanggung reputasi Adobe sebagai pembuat Photoshop yang luar biasa sukses. Aplikasi ini tidak mengecewakan. Selain fitur perbaikan hasil foto yang dapat diolah secara manual maupun auto, kamu juga akan mendapatkan fitur looks, borders, crop, dan red eye.

Fitur Red eye adalah pembeda utama Adobe Photoshop Express dengan Editor lainnya. Kalau kamu tidak sengaja mendapatkan ‘pijaran mata’ akibat pantulan flash dari pemotretan di tempat gelap, maka kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menguranginya.

Saya mengatakan mengurangi karena berdasarkan pengalaman, red eye yang muncul dalam sebuah foto sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan menggunakan Adobe Photoshop Express sekaligus.

Bila tertarik pada fungsionalitasnya, kamu dapat mengunduh aplikasi ini di:

Adobe Photoshop Express

 

4. Fotor

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Fotor adalah aplikasi buatan developer asal Tiongkok yang  sangat unik. Menawarkan pengolahan foto yang lengkap seperti filter dan  adjustment, keistimewaan Fotor terletak pada kemudahan menggunakan aplikasi ini serta adanya opsi Collage yang memungkinkan kamu untuk membuat kolase foto berbagai bentuk dan ukuran untuk dipamerkan ke teman-teman.

Fotor

 

5. InstaSquarer

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Jika kamu adalah penggemar Instagram dan sering posting di sana, maka InstaSquarer merupakan aplikasi yang tepat untuk kamu. Selain menawarkan fasilitas pemotretan langsung untuk Instagram, Instasquarer tentu saja juga menawarkan editing yang cukup lengkap. Kesemua langkah editing di aplikasi ini berorientasi pada pengoptimalan foto guna dimuat di Instagram. Banyak fitur yang ada di aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk mempercantik foto yang akan kamu muat ke Instagram!

Unduh Instasquarer di sini:

InstaSquarer

 

6. Black

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Bila kebanyakan editor foto sebelumnya menawarkan fitur lengkap untuk editing dan pengolahan hasil pemotretan, maka BLACK tampil sangat minimalis tapi powerful! Aplikasi ini ditujukan bagi kamu yang menyukai gambar black & white, seperti yang kita ketahui bersama, sebuah gambar yang artistic tidak “sekedar” diubah menjadi hitam putih. Ada berbagai pengaturan warna yang mempengaruhi nuansa gambar hitam putih yang kamu hasilkan. BLACK, hanya memberikan beragam filter hitam putih yang tentu saja akan menghemat dan mempermudah kamu untuk mengolah foto menjadi bentuk hitam putih yang keren!

Meskipun ditawarkan untuk ceruk pasar yang sempit, yaitu penggemar fotografi hitam putih, tidak ada salahnya bagi kamu penggemar fotografi untuk memiliki aplikasi unik ini. Unduh BLACK pada tautan di bawah ini.

BLACK

 

7. Camera 360 Sight

7 Aplikasi Foto Editor7 Aplikasi Foto Editor

Mungkin ada beberapa di antara kamu yang protes kenapa Camera 360 Sight yang merupakan sebuah aplikasi kamera masuk ke deretan photo editor. Jangan salah, Camera 360 Sight memiliki Editor yang sangat powerful dan akan sangat membantu untuk melakukan editing yang manis pada foto kamu.

Dengan mengetuk ikon “Edit” di aplikasi “Photo” milik kamu, lalu memilih Camera 360 Sight, maka kamu akan dibawa ke Editor Camera 360 Sight. Editor ini menawarkan berbagai fitur dasar seperti crop, effect, adjust, dan decorate. Namun yang menarik dan merupakan pembeda adalah fitur noise reduction. Ini memungkinkan kamu membuat foto yang lebih jernih tanpa gangguan noise. Sangat membantu, terutama bila kamu melakukan pemotretan dalam kondisi minim cahaya!

Kamu dapat mengunduh Camera 360 Sight di sini:

Camera 360 Sight

 

 

Nah, itulah beberapa aplikasi Photo Editor yang memiliki keistimewaan masing-masing, cocok untuk saling melengkapi rencana editing kamu. Dengan kemampuan editing yang baik, kamu dapat memamerkan karya foto yang lebih artistik dan menarik. Punya aplikasi favorit tersendiri? Bagikanlah di kolom komentar di bawah ini.

 

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Anjiiir… gambar yang pertama. wkwkwk…

  • Nurcahya

    Yang cosplay mahouka koukou imut njiirrr :v

  • nih miminnya lama-lama saya bakar juga, kasih gambar cewek-cewek imut aja, jadi nggak bias konsen sama artikelnya :v
    #JK min :v

    • untung ane lebih suka yang 2D

      #ups.. :v

      • Fayyadh Muchlis

        setuju sama atas ane :v

      • Nurcahya

        Cewe 2D emang lebih cakep :v
        gk ada cewe 3D yang bisa nyaingin keimutan cewe 2D :v

  • wah… ternyata Yuri. gak nyadar

    wkwkwk….

    • Ojo Nessu

      sama…

  • Ogi Rock

    si Doski anak cosplay ……..

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    isinya Cosplay.. imut imut gimana gitu…. *eh.

  • Nurcahya

    jadi namanya Punipun? :v
    barusan searching di Bing nemu web yang ngasih biodata dia
    ane baca sekilas dia itu orang indonesia, IT Programmer, sama Cosplay :v
    Njirr Cewe idaman ane itu :v

  • Nurcahya

    berharap dia bisa jadi milikku :v

    #Ups
    ane udah punya IA walo cuman cewe 2D :v

  • Evlan Mars

    Camera360 sight dan Lumia Creative Studio is my choice…But kalo ngedit make Camera360 Sight agak bingung kalau pertama2…tapi 5-6 kali udah bisa enjoy!

  • Evlan Mars

    Aduh tambah parah…tambah bikin mau nutup Tab browsernya aja sekalian……ckckckckckckck

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    hancur

  • Adib Tsani Faishol

    PicsArt juga lumayan hehe. Kadang buat ngerjain temen pake kata-kata nyleneh.

  • cosplaynya ironman kah ?

    ups ironwoman wkwkwk :v

  • RiZz Manurung

    pantasia painter no 1.bagi kmu yg blm tau coba deh… gue udh pke pantasia painter sejak zaman wp 7.

  • Ojo Nessu

    imut bingit…

    • Cowoknya ya..❤

      • Ojo Nessu

        hahaha…

      • jeraminya mas kiki imut banget :v

  • wah..sayang sekali aku udah nikah *eh :v

    • Berarti baca artikel ini setelah memastikan Eun gak ada di sekitar, Febian…

      *kabur*

  • Chris Karras

    Fhotoroom nga masuk ? saya make fhotoroom semenjak wp7 , lumia creative sangat wajib !