Kecanggihan AI Microsoft Translator Kini Bisa Kamu Pakai Offline

Memang ada banyak aplikasi translator yang bisa digunakan offline, tetapi saat tidak terhubung ke internet, berbagai aplikasi penerjemah tersebut tidak bisa memanfaatkan AI dan berbagai algoritma kompleks lainnya untuk menerjemahkan bahasa. Hal ini karena AI dan algoritma machine learning yang menjadi sumber kecerdasan tersebut berada di cloud yang membutuhkan akses internet agar bisa digunakan.

Seperti banyak aplikasi translator lainnya, Microsoft Translator juga memanfaatkan AI untuk menerjemahkan bahasa saat kamu terhubung ke Internet. Hal ini dilakukan agar hasil terjemahan lebih natural dan tidak terkesan kaku (kata per kata). Tetapi ada kabar menggembirakan, karena kini kamu tidak lagi membutuhkan koneksi internet untuk bisa memanfaatkan neural machine translation (NMT) di Microsoft Translator ini.

Microsoft baru saja menambahkan AI (NMT) Language Pack yang bisa kamu gunakan meskipun sedang offline. Artinya Microsoft Translator bakal bisa menerjemahkan bahasa senatural mungkin, meskipun kamu sedang offline atau berada di lokasi tanpa koneksi internet.

Microsoft pertama kali menanamkan AI di Microsoft Translator pada tahun 2016 yang masih mengharuskan kamu terhubung ke internet untuk memanfaatkannya. Di tahun 2017 mereka mulai melakukan pengujian neural machine translation offline ini dengan Huawei yang memang memiliki chip AI (Neural Processing Unit / NPU) di beberapa smartphone nya, seperti Huawei Mate 10 dan Honor View 10. Dan kini Microsoft membawa teknologi neural machine translation offline tersebut secara luas ke smartphone lainnya.

Artinya selama kamu menggunakan Android dan iOS, kamu bisa memanfaatkan neural translation dari Microsoft Translator secara offline.

Microsoft menyatakan bahwa neural machine translation offline 25 persen lebih baik dengan ukuran file 50 persen lebih kecil dibandingkan language pack offline sebelumnya.

Saat ini ada 11 bahasa yang bisa kamu terjemahkan dengan memanfaatkan AI secara offline, yaitu bahasa:

  • Arabic
  • Chinese Simplified
  • French
  • German
  • Italian
  • Japanese
  • Korean
  • Portuguese
  • Russian
  • Spanish
  • Thai

Artinya kamu bisa menerjemahkan 11 bahasa tersebut ke bahasa lain, termasuk ke Bahasa Indonesia ataupun Inggris, dengan memanfaatkan neural machine translation secara offline. Jumlah bahasa yang didukung tersebut akan terus ditambah, dan update perkembangannya bisa kamu cek disini.

Tentu saja masih ada gap antara kualitas terjemahan offline dan online, mengingat kemampuan AI paling optimal masih tetap berada di cloud. Tetapi ditambahkannya offline AI di language pack Microsoft Translator ini menjadi sangat berguna saat kamu tengah melakukan traveling ke tempat yang susah koneksi internet — atau disaat offline karena alasan lainnya.

Bagi kamu pengguna iOS dan Android, kamu sudah bisa memanfaatkan Microsoft Translation Offline berbasis AI ini.

Download Microsoft Translator iOS | Android

Sedangkan bagi pengguna Windows, kamu masih harus sabar menunggu sebelum Microsoft meluncurkan fitur yang sama di Microsoft Translator untuk Windows.

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.