Facebook Akan Buat Chip Prosesor Sendiri

Masing-masing raksasa teknologi nampaknya terobsesi untuk memiliki chip prosesor sendiri. Samsung punya Exynos, Huawei punya Kirin, Apple punya chip sendiri untuk iPhone, dan berencana membuat prosesor sendiri untuk MacBook mulai tahun 2020 nanti. Google bahkan membuat chip Artificial Intelligence mereka sendiri. Kini Facebook — sang raja sosial media itu — juga bersiap membuat chip prosesor sendiri. Untuk apa..??

Seperti yang kamu tahu, bisnis Facebook tidak hanya berada di seputaran platform sosial media. Mereka memiliki Oculus, yang sampai saat ini mengandalkan chip dari Qualcomm. Mereka akan merilis virtual reality headset Oculus Go bulan depan. Facebook juga dikabarkan bakal merilis smart speaker, yang tentunya bakal lebih fleksibel jika menggunakan Chip buatan sendiri. Dan sebagai sosial media paling ramai saat ini, Facebook punya ribuan — bahkan puluhan ribu server yang bisa jadi direncanakan bakal menggunakan chip buatan mereka sendiri. Facebook bisa juga bakal menggunakan chip tersebut sebagai chip AI — seperti yang dilakukan oleh Google saat ini.

Apapun rencana Faceook dengan chip prosesor tersebut, pada intinya menggunakan chip buatan sendiri membuat Facebook — dan banyak raksasa teknologi lainnya — bisa lebih fleksibel dalam mengembangkan produk teknologi. Mereka bisa mengoptimalkan hardware dan software sesuai dengan keperluan — atau bahkan meningkatkan keuntungan dari masing-masing produk yang diproduksi.

Rencana ini berhasil tercium dari lowongan pekerjaan Facebook yang sedang mencari manajer untuk mengembangkan SoC/ASIC, firmware, dan driver. Meskipun bisa diperluas untuk berbagai macam hal, tetapi dari deskripsi lowongan yang mengutamakan pengalaman di AI, Machine Learning, compression, dan video encoding chip buatan Facebook ini bakal lebih difokuskan untuk keperluan server dan AI / Machine Learning mereka.

Lowongan Facebook selengkapnya bisa kamu baca disini.

Siapa tahu kamu punya skill dan pengalaman yang diperlukan, karena lowongan ini terbuka bagi siapapun dan dari negara manapun.

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.