Aplikasi Unggulan Lumia Seperti Refocus, Storyteller dan Banyak Apps Lainnya Segera Dimatikan Microsoft (Serius!!)

“Apakah kamu sudah tidak waras Microsoft?”

Begitulah salah satu komentar dari Fans Lumia di halaman official Microsoft. Itu hanya salah satu dari sekian banyak komentar kecewa di halaman tersebut.

Ada lagi yang heran dengan keputusan Microsoft dan bertanya:

“Microsoft, kamu mengerjaiku? Kamu mematikan aplikasi tanpa memberikan alternatif apps yang sepadan di Store. Kenapa aku harus tetap menggunakan Windows Phone kalau kamu mematikan semua keunggulan didalamnya?”

Kita sangat bisa memahami kekecewaan mereka. In fact, kita juga cukup kecewa dengan keputusan ini.

 

Apps Unggulan Lumia Dimatikan

Jujur saja, salah satu daya tarik terbesar Lumia adalah kualitas aplikasi foto dan videonya yang diatas platform kebanyakan. Hal ini sudah susah payah dikembangkan oleh Nokia kala itu, sebagai pembeda antara Lumia dan smartphone lain yang lebih populer.

Hasilnya 3% pengguna smartphone di dunia jadi jatuh cinta dengan keunggulan ini, termasuk kita juga. Lumia Refocus, Storyteller, Beamer, Photobeamer, Panorama, dan Video Uploader merupakan aplikasi yang menyenangkan untuk dimiliki.

Namun sayangnya Microsoft memutuskan untuk mematikan semuanya tanpa tersisa.

 

Nasib Pengguna Setelah App Unggulan Lumia Dimatikan

Terhitung sejak 30 Oktober 2015 nanti, maka layanan online di Lumia Storyteller, Beamer, Photobeamer, dan Lumia Refocus sudah tidak bisa digunakan lagi. Aplikasinya juga bakal tidak akan diupdate lagi.

Hal yang sama juga berlaku di Lumia Panorama dan Video Uploader. Meskipun masih bisa dipakai, tetapi kedua aplikasi ini juga tidak akan mendapatkan update lagi.

Bahkan semua aplikasi tersebut bakal dibuang dari Windows Phone Store. (Yeah, developer ex-Nokia pasti sangat kecewa melihat kejadian ini)

 

Apa Sebenarnya Rencana Microsoft..??

Akhir-akhir ini memang strategi yang cukup menusuk fans Windows Phone terus digencarkan Microsoft. Oke, mereka memang jenius dengan strategi itu, dan bisa membuat Microsoft menguasai dunia mobile dengan semua layanan produktivitasnya. (Baca juga: Strategi Jenius Microsoft: Berpindah dari Monopoli Windows ke Office dan Layanan Cross Platform)

Hey, but it’s all about them. How about us..??

Dengan semakin sedikitnya Lumia yang dirilis, apps unggulan yang dijadikan cross platform, serta apps spesial yang dimatikan, butuh tingkat loyalitas yang sangat besar untuk bisa tetap bertahan di Lumia.

 

Penjelasan Microsoft

Kepada seluruh pengguna Lumia, Microsoft menjelaskan bahwa mereka mematikan apps unggulan Lumia ini agar bisa fokus di aplikasi Photos & Camera Windows 10 Mobile.

Pertanyaannya, bisakah aplikasi Photos & Camera bawaan Windows 10 Mobile fiturnya sebagus Lumia Refocus dan aplikasi lain yang dimatikan tersebut?

Microsoft sendiri mengisyaratkan bahwa aplikasi Photos & Camera Windows 10 Mobile tidak bisa menggantikan beberapa fiturnya. Mereka menyatakan:

“Kita tidak bisa berjanji bakal membawa beberapa fitur (unggulan) tersebut ke Windows 10 Photos & Camera App, tetapi kita berkomitmen untuk memberikan experience foto dan kamera yang bagus antar device Windows” — Microsoft

via microsoft

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.