Home News Aplikasi Unggulan Lumia Seperti Refocus, Storyteller dan Banyak Apps Lainnya Segera Dimatikan...

Aplikasi Unggulan Lumia Seperti Refocus, Storyteller dan Banyak Apps Lainnya Segera Dimatikan Microsoft (Serius!!)

Aplikasi Unggulan Lumia Seperti Refocus, Storyteller dan Banyak Apps Lainnya Segera Dimatikan Microsoft (Serius!!)

“Apakah kamu sudah tidak waras Microsoft?”

Begitulah salah satu komentar dari Fans Lumia di halaman official Microsoft. Itu hanya salah satu dari sekian banyak komentar kecewa di halaman tersebut.

Ada lagi yang heran dengan keputusan Microsoft dan bertanya:

“Microsoft, kamu mengerjaiku? Kamu mematikan aplikasi tanpa memberikan alternatif apps yang sepadan di Store. Kenapa aku harus tetap menggunakan Windows Phone kalau kamu mematikan semua keunggulan didalamnya?”

Kita sangat bisa memahami kekecewaan mereka. In fact, kita juga cukup kecewa dengan keputusan ini.

 

Apps Unggulan Lumia Dimatikan

Jujur saja, salah satu daya tarik terbesar Lumia adalah kualitas aplikasi foto dan videonya yang diatas platform kebanyakan. Hal ini sudah susah payah dikembangkan oleh Nokia kala itu, sebagai pembeda antara Lumia dan smartphone lain yang lebih populer.

Hasilnya 3% pengguna smartphone di dunia jadi jatuh cinta dengan keunggulan ini, termasuk kita juga. Lumia Refocus, Storyteller, Beamer, Photobeamer, Panorama, dan Video Uploader merupakan aplikasi yang menyenangkan untuk dimiliki.

Namun sayangnya Microsoft memutuskan untuk mematikan semuanya tanpa tersisa.

 

Nasib Pengguna Setelah App Unggulan Lumia Dimatikan

Terhitung sejak 30 Oktober 2015 nanti, maka layanan online di Lumia Storyteller, Beamer, Photobeamer, dan Lumia Refocus sudah tidak bisa digunakan lagi. Aplikasinya juga bakal tidak akan diupdate lagi.

Hal yang sama juga berlaku di Lumia Panorama dan Video Uploader. Meskipun masih bisa dipakai, tetapi kedua aplikasi ini juga tidak akan mendapatkan update lagi.

Bahkan semua aplikasi tersebut bakal dibuang dari Windows Phone Store. (Yeah, developer ex-Nokia pasti sangat kecewa melihat kejadian ini)

 

Apa Sebenarnya Rencana Microsoft..??

Akhir-akhir ini memang strategi yang cukup menusuk fans Windows Phone terus digencarkan Microsoft. Oke, mereka memang jenius dengan strategi itu, dan bisa membuat Microsoft menguasai dunia mobile dengan semua layanan produktivitasnya. (Baca juga: Strategi Jenius Microsoft: Berpindah dari Monopoli Windows ke Office dan Layanan Cross Platform)

Hey, but it’s all about them. How about us..??

Dengan semakin sedikitnya Lumia yang dirilis, apps unggulan yang dijadikan cross platform, serta apps spesial yang dimatikan, butuh tingkat loyalitas yang sangat besar untuk bisa tetap bertahan di Lumia.

 

Penjelasan Microsoft

Kepada seluruh pengguna Lumia, Microsoft menjelaskan bahwa mereka mematikan apps unggulan Lumia ini agar bisa fokus di aplikasi Photos & Camera Windows 10 Mobile.

Pertanyaannya, bisakah aplikasi Photos & Camera bawaan Windows 10 Mobile fiturnya sebagus Lumia Refocus dan aplikasi lain yang dimatikan tersebut?

Microsoft sendiri mengisyaratkan bahwa aplikasi Photos & Camera Windows 10 Mobile tidak bisa menggantikan beberapa fiturnya. Mereka menyatakan:

“Kita tidak bisa berjanji bakal membawa beberapa fitur (unggulan) tersebut ke Windows 10 Photos & Camera App, tetapi kita berkomitmen untuk memberikan experience foto dan kamera yang bagus antar device Windows” — Microsoft

via microsoft

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • overthinKing

    Cinta ku kandas di tepi jalan…

  • Yossii Saputra

    kalo dimatikan untuk fokus ke kamera windows10M dan fitur2 sudab tertanam disana(panorama paling penting) ya nggak masalah sih.. jika tidak benar2 mengecewakan. lagi2 hrus makan pil pahit!!

    • yah semoga saja lgsg ditanamkan di Photos & Camera utk fitur2 inti nya
      mungkin kekecewaan muncul karena Windows 10 Mobile bahkan belum dirilis, mayoritas pengguna Lumia bahkan blm tw Photos & Camera apps finalnya nanti spt apa, tp udah diumumin duluan spt ini

      Btw tp ini bs jd indikasi jg kl Windows 10 Mobile mungkin bakal dirilis sekitar / sebelum 30 Oktober 2015 :v

  • ketek

    WTF KALO GINI MAH GAJADI BELI FLAHSHIP LUMIA DEH

    • yaya

      Santai om jng emosi dlu…
      Smpai slah ktik FLAGSHIP y…

      • ad galiih

        Hahahaha
        Kalian lucu.
        Geli kalo baca komen yg ini.

    • bobil5

      Ya ga usah beli la, gitu aja kok repot.

  • Doriz

    kalau demi kebaikan untuk bisa lebih bagus kedepannya ya nggak ada masalah.

    we see the future :-)

  • Alvinka

    Wah wah kecewa juga

  • Arch625

    parahhhhhhhhhhhh KECEWA BERAT,,, Storyteller & PANORAMA lah,,,, AAAAAAgghhhhh kau microsoft,,,,,

  • Reowijaya

    Microsoft menghentikan dukungan terhadap aplikasinya di platformnya sendiri.. Jadi ga heran kalo 3rd party developer juga melakukan hal yang sama pada aplikasinya di windows store :D

  • PrioHanif

    Arah kebijakan yang semakin ga jelas..

  • ad galiih

    Mantab ini.
    Lama kelamaan ga ada bedanya
    Lumia microsoft sma hadiah yang didapat dari ciki.
    Hahahahaha.
    Seneng pada awalnya sja,
    krn hadiahnya hanya gtu² aj jdi ga kepake lgi tu hadiah.
    Hahahaha
    Tetep semangatlah buat microsoft.
    Saat ini sja lumia camera dan lumia selfie sudah d hapus dari store L535 yg berjalan dengan build windows 10 mobile 10512.

    • Beni Setiawan

      Lumia Selfie masih dipertahankan sama seperti Lumia Creative Studio, keduanya sudah Cross Platform Windows 10 Mobile support

  • bobil5

    Hmmm…kalo feeling wa sih, sptnya microsoft lagi mengalihkan apps apps nya terutama yg memiliki fitur online, agar menggunakan server/produk cloud mereka. yah apapun itu baik onedrive maupun azure. well apapun itu.

    well, dugaan pertama adalah krn well,
    1. uda ga ada hubungan lagi kan sama Nokia, otomatis fasilitas server Nokia ga dipake lagi dong, hubungannya paling sebatas pembelian dan pemakaian data. spt untuk Bing maps memakai HERE.

    2. Meningkatnya intensitas iklan Onedrive belakangan ini, dan dg visi Nandela yang “mobile 1st, Cloud 1st”, serta demokratisasi apps microsoft lintas platform.

    3. Windows 10 dikatakan akan memiliki fungsi yg sama baik di mobile apps maupun di pc kan ?, so..kalopun camera apps nanti balik, siapa tahu saja fitur2 nya bisa dirasakan cross platform, ambil contoh, untuk windows phone 8.1 selama ini memiliki Lumia storyteller yg memang hanya exclusive u/ lumia saja kan ? U/ winphone merk lain katakan si ACER terbaru, boro2 dapet Lumia story teller, boro-boro lagi buat Tablet PC, bahkan u/ microsoft SURFACE sekalipun. Story teller ga bisa ditemukan dan diinstall, why? balik lagi ke opsi pertama. Servernya cuma ada buat Lumia doank. ga ada buat ACER, ga ada Buat Surface…

    Jadi jika memang benar, bila Microsoft ingin Lumia story teller dinikmati semua perangkat lintas merk, yah servernya harus pindah tempat. kemana? yah ke Microsoft la !!! semua update terbaru, semua fitur terbaru harus datang dari microsoft, kaga lagi dari vendor. well….kalopun terwujud, wa jamin namanya ga bakalan “Lumia” storyteller lagi. kan dah bukan Lumia Exclusive. dan ga ada lagi……..” Lumia kamu koq dapet updete terus sih? wa punya winpon Samsung ga dpt apa2……”

    so yeah… i sih masi positive thinkin aja~ :D

    • PrioHanif

      Well..well…well…wellll…

  • Dennis Saputra

    Kalo app camera win10mobile preview sih udh mmbawa fitur lumia camera (manual setting) tapi app photos kelamaan loading :v entah mgkin krna masih preview

  • Pungky Febi Arifianto

    Semenjak update windows 10 terbaru mixradio saya juga menghilang. Di App store juga ditiadakan. Memang mixradio juga terkena imbasnya atau bagaimana? Padahal di ipad saya juga lancar saja. Mohon jawaban dari temen2 masalah mixradio juga

    • MixRadio sudah dibeli sama Line, mungkin Line blm melakukan update biar bs jalan di Windows 10 mobile

      • Pungky Febi Arifianto

        Iya om. Galau nih di HP gak ada mixradio.

        • MADUN

          Mungkin bisa di googling search aja mixradio Windows phone ntar juga di bawa ke store * semoga berhasil vrooh

  • bobil5

    Aku ga pelihara jenggot mas, ga da yg bisa dibakar. :P

    • Mochammad Reza

      Ohh gitu

  • Eka Feryananda

    Memang benar.. Dunia ini hanya permainan..
    Banyakin amal sholeh biar dapet hape lumia sempurna di surga nanti:))

    • perfectminor

      Semoga amal ibadah kita diterima ya gan, amiin

    • Muhamad Al-Isrö

      Amin ya robb. Disurga mau apa aja ada.

    • Adil Pangestu

      amin

    • Noe Pranata

      amiin,

  • Budi Ilyas

    Menikmati sisa sisa kejayaan Nokia lumia 730 wkwkwk,woles be.

    • Yap, bangga masih punya nama Nokia di hp, ane 730 gan :))

      • Budi Ilyas

        Yups bener bangetzz..
        Banyak yg tanya itu hp apa
        Aq jawab dgn bangga Nokia 730 hahaha kece.

  • Gabe Auuu

    Bayak yang galau… Bagi devloper buat apa buang tenaga bikin aps jadul mending konsentrasi untuk universal aps win 10 kan waktunya uda dekat.. Semua lagi menunggu WP 10 resmi…

  • Sadis,

  • Fernando Toopyc Junior Chelsea

    Yuk rame2 hp lumia dijual ke microsoft..
    Udh beli hp mahal2 jg..

  • Fakhrul

    Sepertinya microsoft ingin sisa usernya pindah ke os lain

    • Rivanda Bakhtiar

      Bukan gtu gan, sperti yg satya nadela bilang, microsoft ingin agar device lumia itu menjadi contoh atau standar bagi OEM lain dalam membuat ponsel windows, jadi intinya agar tak ada perbedaan antara device lumia dan windows lain, kan m.s pgen One Windows family, yg artinya agar setiap produk windows itu sama dan agar bisa fair play jadi OEM lain gk ngerasa iri dg perbedaan app yg ada
      Intinya buat menyamakan dan menarik oem lain untuk membuat device windows

    • Ghet

      setuju gan. karyawannya aja byk yg d phk. dan mereka juga membatasi bikin smartphone wp. dan lagi spesialisasi mikocok dari awal ada di software.
      klw ane jd mikocok sih ane lebih milih berenti jadi produsen smartphone dan fokus d software.

  • R. H. Bayu Prabowo

    Tp lebih baik aplikasi-aplikasi tersebut disatukan saja jadi satu. Itu klo Microsoft ingin lebih fokus kepada ‘produktivitas’ seperti yang mereka tekankan.

    • faisal

      Nahbener gan bayu, biar lebih ringkes. Gak efisien bgt kalo dipisah2 kayak gitu

    • Ahmad Taufik

      Bener , sebaiknya Windows camera nanti itu mencakup seluruh fungsi aplikasi Lumia macam2 itu

  • Anonim

    ga mau pindah Windows 10 Mobile ahh, enakan WindowsPhone 8.1

  • Andri Yumanda Saputra

    Di racun lagi dah rencana pen beli WP >_<

  • Adiplaju86

    Mix radio nggak ada lagi di bursa untuk wp 10 preview… Apa ini salah satu korbannya.?

  • Rivanda Bakhtiar

    Sabar dulu pastinya microsoft juga sudah punya strategi lain…just lets see it

  • ‘Ujok Citra

    Microsoft bangkrut juga gx apa2 kl caranya kayak gini … Ke laut aje …

  • ad galiih

    Berharap lebih dari update.
    Hahahaha
    Mudah²an ga bikin kecewa.

  • Evlan Mars

    Lagian gw udah mau make Android Kok,,kan kalau windows 10 mobile bagus,,gw bisa ganti OS! karena tahun sendiri Android OS-nya terbuka!

  • Whyu Wa

    klo perlahan2 om,,saatnya siap2 bermigrasi

    • mungkin sekarang sudah saatnya :v

  • Whyu Wa

    mematikan semua aplikasi yg dulunya berasal dari nokia

  • Ibarat jualan kacang goreng sama kacang almond.. Klo os tetangga aja jualan hape laris karena dalemnya kaya kacang goreng, gurih gurih gimana gitu.. Klo disini mah jualan hapenya eksklusif semahal almond, tp cara dapetnya susah, gk bisa cari dipasar/diwarung (lumia flagship).. Ya jelas orang lebih banyak cari yg murah dan gampang.. Gk semahal lumia + repotnya cari aplikasi alternatif. Ya begitulah Microsoft, pasti ada udang dibalik bakwan, lets see it

  • Mungkin nanti semua yang berhubungan dengan Lumia bakal dimatikan. Sampai nama Lumia pun dihapus dan lahirlah si Surface Mobile/Phone.. Ahh sudahlah, saya tak tau apa yang ada dipikiran Microsoft.

  • BUDI

    Nice. Panorama juga dimatikan. Hehehehehe

    Mojok sambil menatap ponsel Lumia Windows Phone ini.

  • Berati harus siap2 bacup file apps nya biar bisa di deploy nantinya.

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Hahaa,, sma sprti hal.x Tuhan, punya rencana rahasia untuk makhluk.x.. Bgtpun MS, punya rencana rahasia untuk pngguna.x..
    ..
    Yg bilg WM akn mati,, Windows Mobile tdk akn mati, knpa hrus ada windows 10 mobile klo nanti.x d.matikan, apa guna usaha MS mrancang.x dgn susah payah.. Maka.x lo smua sabar, koment tuh pke pmkirn jg, asal nyolot.. Klo gk suka ya get out sana..
    ..
    Gw mah, tnang baik baik saja ..

  • Fayyadh Muchlis

    Apps unggulan Microsoft banyak dijadikan cross platform dgn alasan “cloud first, mobile first” sekalinya masih ada aplikasi fotografi yang dibangga2kan oleh user Lumia malah dimatikan, ditambah minimnya aplikasi yang tersedia jika dibandingkan dengan OS sebelah, oke mungkin user WP masih bisa bersabar dengan semua “ujian” ini tapi bagaimana dengan masa depan Windows Phone (atau Windows Mobile)?? Salah satu daya tarik terbesar IOS adalah keeksklusifannya, yap keeksklusifannya, mau aplikasi lengkap?? Ada, bahkan dapet update paling duluan. Mau anti lelet dan lag?? Tentu bisa (sebenernya WP juga bisa) makanya Apple tetap terkenal sampe sekarang dan bahkan orang rela membayar mahal untuk sebuah Iphone yang bahkan spesifikasinya setara dengan HP android 2-3 jt an, android masih membanggakan open source nya dan usernya yang banyak, IOS tetap terkenal karna eksklusif dan jadi simbol “orang kaya”, sementara WP kelebihannya apa?? Mau banggain smart assistant yang “katanya” lebih “manusiawi” dibanding assistant sebelah?? Dia android udah rilis! Mau banggain kameranya yg diatas rata2 smartphone kebanyakan?? Aplikasinya udah mau dicabut! Mau anti lelet dan lag?? Apel kroak juga bisa!! Pengen anti mainstream?? Kenapa gak pake telponnya alexander graham bell aja yang lebih “anti mainstream”. Jadi apa kelebihan WP sekarang dan apa alasan kalian masih bertahan dengan WP?? #turun podium

    • faisal

      Siap2 migrasi gan kalo di win10m nanti gak ada perubahan

      • Fayyadh Muchlis

        Target ane sih Sony Experia, soalnya kameranya bagus seperti Nokia, kalo HP lain gak tahan liat kualitas kameranya :v

  • semoga saja kekecewaan ini bisa hilang dengan hadirnya fitur -fitur unggulan app – app tersebut di windows camera (windows 10 mobile ) :'(

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Ah.. Sudah biasa.. Malah gak ngarep lebih.. Kelebihan windows 10 skrng cm stabil aja.. Titik.. :3

  • Aly Masjkur

    *sedih*

  • Lumia panorama, camera app yg bs bikin gue bangga pake lumia krn hasil panoramanya alus bgt dan ada yg blg ky pake GoPro kalo dlm mode portrait!
    Kalo penggantinya ga sebagus sblmnya, gak simpati lg deh ama miko. Kalo nokia rilis ponsel lg 2016, dan fitur fotografinya lbh bagus dr lumia, dan desain sm ui nya sesuai selera, gue mau migrasi ksna aja. Krn slh satu alasan gue beli lumia (730) adl krn fitur fotografinya.

  • Randhika

    Microsoft ingin menjadikan Aplikasi Unggulan Lumia dijadikan sebagai Aplikasi Unggulan Bawaan OS Windows 10 Mobile. Jadi…apapun merek Device-nya, OS-nya tetap Satu! Windows 10 Mobile! Nggak ada Windows 10 Mobile versi Lumia lah, Windows 10 Mobile versi Acer lah, Windows 10 Mobile versi HTC lah, dll. Microsoft nggak mau meniru fenomena buruk yaitu masalah fragmentasi yang sudah jadi rahasia umum atau bahkan menjadi “aib” oleh salah satu OS Mobile Populer saat ini.

    Windows 10 Mobile itu menjadi OS yang Seragam untuk Device yang menggunakan OS tersebut, yang beda hanya dari fitur Hardware-nya saja. Misalnya seperti Lumia 950 yang pakai teknologi khusus “Pureview”, sedangkan seperti misalnya Acer Jade Primo menggunakan teknologi kamera standar.

  • Kyky Mixz Juventini

    Kalau saya pribadi yakin bhwa kaliber sebesar Microsoft punya kejutan d balik ini. Hal yg menjadi andalan berani di musnahkan kl tdk ada pengganti yg mengejutkan saya rasa bkn MS namanya… Di bilang kecewa pasti..tp ttp yakin saja. Sderhana…

  • Zulmi Kurniawan

    Udah gak pernah pake aplikasi andalan nokia itu. Performanya masih belum setangguh apps sebelah. Dulu sempat install tp jarang dipake.
    Menurut ane sih lumia selfie yg harus dioptimalkan tuk saat ini. Selfie sudah mendarah daging bagi masyarakat dunia.

  • Agil Faisal Rahman

    semoga lumia camera ga ikut… aplikasi ter ajib… fitur auto correct nya ntu loh yg ga nahan… n beamer… ah sayang bener dah… baru beberapa saat nyobain…

  • Andreas Hariyo

    Semoga setiap strategi Microsoft berhasil

  • Tri Setya

    Saya percaya Microsoft punya strategi jitu dalam menghadapi persaingan pasar elektronik terutama dalam persaingan gadget.