Home Editorial Apakah Kamu Masih Akan Bertahan di Windows Phone Setelah Semua “Ujian” Ini?...

Apakah Kamu Masih Akan Bertahan di Windows Phone Setelah Semua “Ujian” Ini? #Polling

Apakah Kamu Masih Akan Bertahan di Windows Phone Setelah Semua “Ujian” Ini? #Polling

Kita menyebutnya “ujian” karena memang faktanya strategi Microsoft akhir-akhir ini seringkali dirasakan pahit oleh pengguna Windows Phone & Lumia.

Diawali dari naiknya Satya Nadella menjadi CEO dengan segudang strategi jeniusnya untuk mengembalikan kekuasaan Microsoft di dunia mobile, berbagai perubahan radikal mulai dilakukan. (Baca juga, Strategi Jenius Microsoft: Berpindah dari Monopoli Windows ke Office dan Layanan Cross Platform)

Perubahan ini tidak diragukan lagi bakal memiliki efek yang sangat positif bagi kekuasaan Microsoft di dunia mobile (terutama menguasai ekosistem aplikasi & layanan produktivitas di Android & iOS), tetapi sepertinya ada sedikit efek samping yang cukup pahit bagi fans Lumia saat ini.

Pertama aplikasi yang diunggulkan pengguna Lumia jadi cross platform dan tidak jarang versi Windows Phone nya malah menjadi yang paling lemah secara update & fitur. (Baca juga: Microsoft Merilis Skype 6.0 untuk Android, iPad, dan iPhone, Loh Windows Phone Mana?)

Kedua produksi Lumia yang sebelumnya cukup banyak dan bervariasi kini dibatasi, mungkin hanya keluar satu atau dua device setiap tahun. Apalagi beberapa pabrik ex-Nokia ditutup dan karyawannya juga banyak yang di-PHK (Baca juga: Microsoft Memastikan Akan Menutup Divisi Nokia di Finlandia, 2300 Karyawaan Akan Dipecat)

Dan ketiga yang paling hot, beberapa aplikasi unggulan seperti Lumia Refocus, Storyteller, dan sebagainya juga ikut dimatikan. (Baca juga: Aplikasi Unggulan Lumia Seperti Refocus, Storyteller, dan Banyak Apps Lainnya Segera Dimatikan Microsoft)

 

Masihkah Mampukah Kamu Bertahan di Windows Phone

Nah dengan berbagai ujian tersebut kita akui butuh loyalitas yang sangat besar untuk bisa bertahan di Windows Phone. Setidaknya butuh kepercayaan yang tinggi untuk bisa yakin bahwa Microsoft bakal melakukan sesuatu yang “benar” di Windows 10 Mobile nanti.

Untuk itu hari ini kita mau melakukan polling untuk melihat efek dari berbagai keputusan Microsoft selama ini terhadap fans Lumia. Disinilah kamu bisa mengungkapkan uneg-uneg kamu atas keputusan dan strategi Microsoft terhadap Windows Phone & Lumia akhir-akhir ini.

Polling pertama, akankah kamu tetap bertahan di Lumia dan Windows Phone setelah melihat dan mengalami sendiri berbagai “ujian” ini?

 

Polling kedua, seandainya kamu memutuskan untuk migrasi, kemanakah hati kamu akan berlabuh…??

 

Dari situ kita akan tahu apa efek samping dari strategi yang dijalankan oleh Microsoft dan Satya Nadella. Hasil polling ini bakal sangat menarik untuk didiskusikan!

Jadi pastikan kamu mengisinya yak.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • bobil5

    Bisa dong i survive~

    KOQ BISA?!!!!! BAGAIMANA DG APP GAP, BAGAIMANA DG BLAHH!!! BLAH!!!! BLAHHH!!! BLAH!!!!

    Simple, krn i punya winpon dan android bersamaan, emangnya siapa yg bilang i ga boleh punya lebih dari 1 device? kamu? dia? mereka? duit-duit gw idup juga idup gw XD XD XD XD

    • Mochammad Reza

      Betul sekali! Makanya punya 2 atau 3 device dengan beda OS sekalian,HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA

      • bobil5

        dan bukan hanya APP gap saja. katakan kita lagi maen game di satu device, gitu ada chat masuk, ga usah matiin gamenya, krn chatnya pake HP yg satunya lagi. ga usah takut progress gamenya putus/ilank.

        Atau pas lagi pake GPS pas nyetir, jujur saja, nyebelin sekali kalo pas lagi dag..dig..dug… nyetir di rute asing dan mata hanya terpaku pd GPS, tiba2 ada telp masuk. dan layar GPS kita langsung ke blok sama layar panggilan telepon. GYAHHH !!!! WHAT HAVE YOU DONE ?!!! KAU BIKIN AKU PANIK KRN TELEPON ELO BIKIN GPS PUTUS DAN MAKIN TERSESAT !!!! >A<

        • Yup betul, aku juga ngandalin Nokia x2 dual sim buat urusan kerja sms dan tlpon. Klo buat hiburan dan produktifitas, lumia ku gk keganggu dengan ini itu..

  • Arch625

    Karena Gue Gak Mau Jilat Ludah Sendiri, karena ane udah benci sama android, tmn” gue tau aq gk suka android. Jadi mau gak mau ttp WP. Kalopun ganti ane usahkan ganti ke iPhone,,,, parah Parah Hehhhh…

    • Randhika

      Kalo gue nggak anti sama Android bro…lebih anti sama Fans Pemuja Fanatiknya yang rata2 idiot, dungu, cacat mental, cacat spiritual, contohnya kaya si Randy Surya sama si Reja Pahlepi itu… :D

  • kayanya mending survive di wp, krna udh bener2 gabisa pake andro, bosen bgt sm tampilannya, ane udh nyoba2 pny temen2 ane jg gada yg pas. ios jg males makenya krn ribet.

    • Fakhrul

      Baru kali ini ada yang bilang iOS ribet

      • Azz_Abdr

        Iya, kayaknya diantara os smartphone, iOS paling simpel dan gampang dipake, android yang paling ribet, WP diantaranya, dan W10M agak lebih ribet dari WP8.

      • Tiap org beda beda gan, ini sih pengalaman ane sendiri aja nyobain pny temen. Ribetnya bkn krn susah dipake..

    • danangdanbe

      Serius ios ribet?, udah pernah make blm?

      • R. H. Bayu Prabowo

        Klo dia udah pernah pake trus bilang masih ribet jg gk salah kan gan? Subjektif itu mah.

        • Fakhrul

          Lebih baik survey pengguna iOS dan WP.

          OS mana yang dibilang lebih ribet

      • Udah nyobain sih pny temen, gatau knpa ga nyaman aja. Lgsg cpt ane balikin haha. Ditambah lg budget ane jg ga mendukung buat belanja appsnya, mls jg liat ui nya, bnyk faktor lah. Yg nyebelin itu knp headset yg sering ane pake ga cocok -____- gatau ini cm ane doang apa gmna. Subjektif aja sih ini gan..

    • Ardan Legenda

      Mungkin yang dimaksud ribet itu cuma waktu pindah lagu, video dll harus pakai iTunes ya? Oh satu lagi yang ribet. Apple Music. Sumpah gak enak banget dipandang, lebih enak musik player yang sebelumnya. Mungkin karena bertentangan sama visi nya bang Steve Jobs kali ya.

      Tapi untuk penggunaan sehari-hari simpel banget kok. Smooth nya ngalahin WP :p

  • Budi Ilyas

    Let’s see later

  • Gabe Auuu

    Hahaha…. kalu ngk salah NOKIA dilarang buat HP hanya sampai 2016 apakah nanti lumia balik lagi ke NOKIA? mungkinkah lumia akan ber OS robot ijo…

  • Kalau NOKIA Company ikut berbisnis smartphone lagi di tahun 2016, maka sepertinya itu akan jadi pilihan saya berikutnya. hehe.

    • Dante Niro

      Btul ni boz,,produk buatan NOKIA lbih variatif dari segi desain dan teknologi,mereka mngeluarkan produk dngan teknologi terbaru dan efisien ,

      • Setuju, lbh ciamik dan crisp produk buatan Nokia Orginal.
        Saya memlih HH lumia karena Originally Finland Made, Lumia sekeren ini karena Nokia Company, design original N9 aja sampe skrg masih dipake (NL 930, 830, 730), MSFT sebenarnya hanya melanjutkan yang sudah ada aja.
        So, I choose because of Finland made dan sangat disayangkan berita ttg karyawan Finland nya byk dipecat sama MSFT.

        • Dante Niro

          Ya bos…cuman SURFACE yg kren desainnya,,dan LUMIA yg mke brand MICROSOFT bukan NOKIA klihatan jadul mnrut sya,,bntuknya polos bnget,,bukan kah yg dilihat pertama kali seorang konsumen adalah desain prodak tersebut..?..prodak dengan desain yg menarik akan menimbulkan kesan pertama orang yg meihatnya menjadi tertarik,coba lihat APPLE dan produsen Hp android semisal LENOVO yoga tablet..kesan pertama yg meliaht pasti keren..

      • Whyu Wa

        setuju om

    • Arch625

      Produk NOKIA udah Teruji, eee setelah brand microsft dibeli Banyak keluaran Microsft Cacat, terlebih 535, teman ane 640XL main realsteal gk nongol gamenya + sering force close lagi main heroes of the other chaos…

    • Labib Muhammad

      Ini?

  • Nixon Halim

    Apapun yang terjadi…..tetap loyal dengan produk Microsoft….(bukan soal fanatisme…tapi kenyamanan dan produktivitas)

  • R. H. Bayu Prabowo

    Kenapa gk? Buat ane Windows Phone udah menyediakan semua hal yg ane butuhkan. Dan suka dengan kesederhanaannya. Tinggal pakai. Bkn karena aplikasinya ada yg eksklusif atau tidak. Terlalu kekanak-kanakan klo membanding-bandingkan hal itu.

    Kecuali secara resmi Microsoft menghentikan pengembangan Windows 10 Mobile. Dan gk akan diproduksi lagi.

    • faishol adib

      Bukan kekanak-kanakan bro soal aplikasi. Coba aja buka aplikasi email WP 8.1? Kayak ane yang sering mobile dan harus urusan office, susah. Mau attach harus nge-trik, nggak simpel. Mau edit dokumen yg dikirim dari email, susah bro, officenya masih sekedar buat preview dan edit ringan. Dalam artian ini keadaan darurat, pas nongkrong ama temen, nggak bawa laptop dan dapet kiriman email harus pake attach word/dokumen lain, harus reply saat itu juga.

      • R. H. Bayu Prabowo

        Maksud ane prihal aplikasi eksklusifnya gan yg dibandingkan. YG ingin ane sampaikan adalah selama ini yg buat betah bukan karna aplikasinya yg eksklusif, tp cara pemakaian, kesederhanaan dan ui cocok dihati. Ini pendapat pribadi ane ya gan.
        Klo kejadian yg agan utarakan, ane sepakat dan pernah mengalami :)
        Dan berharap Windows 10 Mobile kedepannya tidak mengalami masalah-masalah lg. Sesuai kata Microsot menekankan pada produktivitas.

  • yoyok

    buat cadangan aja make wp,udah terlanjur beli hpnya,di jual juga gak laku hp windows,wkwkwkwkwwkwk . . . .

  • Dante Niro

    Ya lihat nanti aja bos,,aplikasi yg sya btuhkan masih tersedia di WP,…dan klx ada OS lain slain WP mungkin UBUNTU phone yg akan sya coba,,klihatannya pendiri Ubuntu sngat serius mngembangkan UBUNTU mobile.

  • Mochammad Reza

    Bagaimana kalo project astoria dan islandwood sukses??? Bakalan beneran susah banget buat berpaling,kenyataan android LG G3 temen ane,pertama2 dia seneng banget pakai nya karena masih smooth lama kelamaan dia ngeluh mulai nge lag dan suka force close karena kebanyakan aplikasi..sedangkan WP ane Lumia 730 makin banyak aplikasi gak ada lag sama sekali..so kayaknya susah buat kembali ke android lagi,penyakit lama nya gak bakalan ilang walau andro versi terbaru sekali pun

    • Fernando Toopyc Junior Chelsea

      Yups.. Sama ane pke 730 jg mantap no bug pdhl udh wp 10 TP

      • Om,saya juga 730. Kalo boleh tau bug di W10 Build 10512 apa aja? Baru mau upgrade ini

        • Fernando Toopyc Junior Chelsea

          Wah gtw gan ane pake build 10166 slow ring..
          Jgn fast ring byk bug soalny

          • Berarti Build 10166 slow udah bug-free gitu Om?

        • Mochammad Reza

          Bug yg saya alami cuma mobile hotspot nya lagi tidak bisa,overall build 10512 smooth abeeessss dahh

          • apri naldi

            Om ane lagi make build 512 Pengen upgradee tingkat tingginya haha tapi ko ga ada pemberitahuannya y

          • Mochammad Reza

            Tingkat tinggi maksudnya? Build yg baru? Belum rilis,yg terbaru y masih build 10512

          • apri naldi

            Bukanya build 530 udah dirilis

          • Mochammad Reza

            Blom kali gan,kalo udah rilis,pasti di situs/forum luar negeri seperti WMPoweruser,windows central ada beritanya,saat itu juga..kalo gak stalking aja twitter nya GabAul

      • betul, di Lumia 730 Windows 10 TP memang mulus..ihihihihi #Rejeki

        • mulus mana sama xiaomi mi4?

          • kl dari videonya, lebih mulus Xiaomi Mi 4 om :)) #Apes

          • Itu nanti bisa di Mi 4i gak ya? spek gilak mi 4i dan ane dah make punya temen ane di kantor emang yahud.

          • Mochammad Reza

            Itu yg saya fikirin pas liat xiaomi mi4 berjalan wm10tp,apa bisa juga xiaomi mi4i

          • kayaknya bisa deh ram kan 2

          • Boem

            L920 juga mulus, cuma tinggal kenangan kejayaannya

          • I Made Tobias Abdiman

            om, kalau lumia 532/535 nanti support astoria nggak ? (nanti)

          • Nurcahya

            Jir ngomongin Xiaomi :v ane masih ngarep ada low-end Xiaomi yang pake W10Mobile nantinya

          • xiaomi gilak enteng binggo pake android apa lagi pake WP. ane make punya temen demen banget

          • Nurcahya

            yoi temen ane yang ane suruh beli Xiaomi ane coba enteng. tapi zenfone juga enteng kalo menurut ane

          • itu kelasnya hampir sama om, tapi mi lebih murah

        • apri naldi

          Om dari build 513 ke build selanjutnya ko ga ada pemberitahuannya yahh om ,lumia 730

      • lutpi

        wp 10 TP , udah bisa pake OTG apa belum ?

    • Syafri

      Pemikiran kita sama

    • ad galiih

      Hahahaha
      Setuju.
      Meski L535 tag sesempurna L730,
      Tp emang mantap.
      Pernah ane instal app dan game berat smpe 54 games.
      Hahaha blm ada lag meski sedikit lma unt loading.
      Dr pda lari ke andro mending ke symbian.
      Haha

  • Azz_Abdr

    Kemungkinan kalo akhirnya Windows Mobile/Phone bakal runtuh gw bakal pindah ke iPhone, bukan karena mau gaya atau sok mahal. Tapi developer iOS dari OS sampe App & Games support banget ke pengguna, jadi sebanding lah mahalnya dan apa yang kita dapet. Sampai saat ini developer WP atau developer lain yg punya app di WP yang loyal masih langka banget.

  • Reowijaya

    Bertahan dong :D kalopun pindah, saya mau nyari nokia n9 aja :D

  • danangdanbe

    Tolong dihilangkan atribusi ” jenius” nya. Subjektif bgt n blm terbukti soalnya

  • Muhamad Al-Isrö

    Apapun os nya. Kalau Nokia saya suka. Saya tunggu nokia

  • Ardan Legenda

    Moga-moga aja nanti 2016 nokia kerja sama sama jolla, mantap tuh. Hardware kualitas nokia, os nya sailfish (soalnya jolla phone kayaknya susah masuk indo). Yang udah pernah nyoba sailfish mesti tahu deh enaknya tinggal swipe atas bawah kanan kiri. :)

    • Sailfish bagus memang, sayangnya gak ada manufaktur besar yang nge-backup agar device nya menyebar rata ke berbagai negara

      Potensinya oke juga, buatan Finland memang manis..hihi

      • Ardan Legenda

        Nah itu, coba kalau bisa kerja sama nokia yang udah pernah punya nama.

    • ArFunk

      emang enak sih, aku dah nyoba di N9, dari idupin layarnya yang bisa double tap, matiin layar pun mudah tinggal geser ke kanan. serba full swipe. tapi gatau knapa aku lebih suka sama meego nya. hahah

      • Ardan Legenda

        Sama, suka sama icon nya hehe. Tapi ya gitu, gak dilanjutin :/

  • Dulu udah bangga-banggain WP sekarang dikecewain sama WP.
    Nanti liat aja di Windows 10 Mobile, kalau masih begitu sudah pasti aku jual itu Lumia 500rb.

  • PrioHanif

    Hasil pollingnya kirim ke pihak microsoft dong..

    • tentu, nanti kita bikin artikel summary hasil polling, lalu dikirim ke Microsoft Indonesia :D

  • Whyu Wa

    alasan sya dulu itu karna NOKIA, windows no 2…skrg divisi ponsel mlh dikurangi dng di phk karyawan2 dr divisi ponsel memang dr salah satu pernyataan nadella bahwa dia tdk suka diisi ponsel,,mungkin karna itu jd terjadi penyusutan karyawan di divisi ponsel, dilihat dr sejarah microsoft mereka memang jualan software bukan jualan hardware/device ponsel & kesuksesan penjualan deivice berbranding microsoft jg syg kecil dibanding dengan nokia

    • Iyak, ane jg beli lumia 730 krn msh nokia, desainnya keren bgttt, br deh ane bandingin sm os nya ternyata klop bgtt :3 skrg blm kepikiran migrasi.

  • Wah bijak nih, apalagi dolar naek dan begitu juga harga beras *xixixiix :p

  • JK

    Saya pengguna L1320 saat ini. Faktor utama kenapa dulu memilih WP karena Nokia nya. Waktu itu pilihan saya ada 2…Lumia 1320 dan Asus Zenfone 6. Karena stok Asus kosong dimana2, akhirnya pilihan jatuh ke Nokia. Soal aplikasi minim bagi saya bukan masalah, karena hape tsb hanya dipake buat telepon, sms, browsing dan nonton video. Rencana ke depan mau tunggu Nokia lagi tentunya dengan OS lain.

  • Koesno Wibi

    tetap setia WP . ntah knp. semenjak gw kenal ni WP. serasa g mau gw lepas :)

  • Evlan Mars

    Udah lama pengen Migrasi,karna semua yang kubanggakan ini musnah! Welcome To Android HiMax!!!! jadi baca Winpoin ini yah karna gw Pengguna Windows 10 PC dan gw seneng ngikut2 Microsoft karna gw Microsoft Lover!

  • Syafri

    Tunggu Windows 10 mobile rilis,kalau Windows 10 gagal baru saya fikirkan dulu utk pindah ke Ios atau android.

  • Aku sih pengennya tetep bertahan.. Sampai lumia 625 ini udah gk bisa nyala sama sekali, baru buka lemari nyalain lagi Nokia N97 yg udah jd buyut walaupun tombol menunya entah kemana

  • Ardan Legenda

    Galaunya ya gini pengen bertahan, tapi udah dikecewakan :(, Pindah ke Android, gak betah sama lag nya, migrasi ke iOS, Apple kayak kehilangan visi dari Steve Jobs dulu, yang pernah nyoba Apple music, pasti tahu ribetnya kayak apa.

    Ya, gini, punya tiga-tiga nya tapi gak sreg aja. Akhirnya duduk di pojokan sambil main snake di nokia 1200, sambil berharap dollar segera turun XD

    • Labib Muhammad

      Pure Android gak begitu nge-lag, kok. Nexus line

      • Ardan Legenda

        True :) Juga aliran android one juga gak parah-parah amat lag nya.

  • Ambo tunggu NOKIA se lah,…sanang manggunoan NOKIA ko..ambo pakai NL.730.DS (not MS)

  • Dennis Saputra

    Pgen smartphone yg dualboot wp sama android aja :v

    • ArFunk

      beli htc hd 2. trus instal WP sama android gan

      • Dennis Saputra

        Ada di indo gan?

        • ArFunk

          adalah tapi tuh hape jadul yang jelas agak susah nyarinya, misalpun dapet juga gak jaminan masih mulus. hahah. os aslinya windows mobile 6.

    • Labib Muhammad

      Mi4, ada di Lazada.
      Bukan dual-boot sayangnya

      • Dennis Saputra

        3jt :v

  • Saya gg isi Polling, tapi punya alasan tersendiri, pengen ihat perkembangan kedepan, kalau trus dikecewakan gini, juga Windows Phone kalau masih dianak tirikan, karna hal itu akan kupertimbangin buat beralih, masih dipertimbangkan karna untuk pindah ke OS lain pun berat

  • Fayyadh Muchlis

    Liat dulu deh Windows 10 Mobile, kalo memuaskan ya gak bakal berpindah ke lain hati, tapi kalo sama aja kayak WP 8/8.1 ya pindah ke Android aja deh, nunggu AOE rilis di Android dulu :3

  • Regi

    Apapun yg terjadi LUMIA tetap dihati!! m/

  • Briyan D’Avenger

    Sementara mungkin pindah ke android dulu… Sbenernya enak pke Windows phone di lumia 730, tapi aplikasi yg ane butuh nge lag nya minta ampun n jarang kena update developer juga kurang lengkap fitur aplikasinya… Wait n see juga nanti di Windows10 mobile aplikasinya masih pada stuck apa ngga… Kalo udah ok, ane bisa balik ke Windows lagi… :)

  • berakit – rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian
    bersakit – sakit dahulu, bersenang – senang kemudian
    mungkin itulah peribahasa yang pantas untuk para pengguna Lumia :D

  • ali

    ane baru beli lumia 640 xl. ada bebrapa kekurangan dari handphone sebelah. tapi kalau untuk produktivitas dan sinkronisasi dengan laptop. lumia jagonya. kayaknya ana kagak berpaling tuh.

  • ArFunk

    pasti mikir ribet karna bingung sinkronisasi ke PC nya? klo menurutku malah lebih gampang ios. mulai dari sync lagu, video sampe install aplikasi dari pc (itunes) ke device semuanya lebih gampang di ios

    • Iya haha, iya mas tiap org emg beda2 ya. Ane mlh ga biasa ky gitu -_-

  • Javar Papoy

    Says masih tetap bertahan. Meski aplikasinya updatenya lambat gpp dah yang pentig Jangan berhenti permanen untuk updatenya

  • Ridwan Firdaus

    Setelah membeli Nokia 730, petualangan saya di dunia smartphone officially ended. Enough said ;)

  • Istajib

    Fotonya,,,?

  • Labib Muhammad

    Pengguna WP non-Lumia (kayak Huawei W1, Ativ lines, HTC 8X, dll) kayak dianak-tirikan.

    • Randhika

      Kalo Huawei mah, di skip aja bro… Huawei maj vendor Songong, Tengil, Sotoy, Congkak, Pecicilan. Dia memutuskan berhenti bermitra dengan Microsoft Windows Phone, dan udah gitu Statement CEO Huawei mengenai WP juga agak2 menghina gitu…

      Lagian pengalaman gue pake produk huawei rata2 Sampah Rongsokan semua…mulai dari modem cepet panas, software modem dialernya UI-nya jadul dari ribet cara pakainya, HP huawei cepet rusak, eehh sekarang semejak pihak provider Internet BizNet Networks pakai Router WiFi merek Huawei untuk sarana akses jaringan WiFi Biznet Hotspot, banyak user/pengunjung yang komplain bahwa perangkat mereka tidak bisa tersambung ke jaringan WiFi Biznet Hotspot. Emang “WC” lah Huawei itu… Kalo perangkat telekomunikasi dan jaringan lebih mending Cisco atau Sierra Wireless, udah teruji kualitasnya.

  • user.unkwon

    Klo nurut ane ga masalah sih,yg penting fokus utama MS bikin project islandwood sama astoria sukses

  • rio

    yang pertama kali pake Lumia di kantor adalah gue. cuma sendiri..seiring berjalannya waktu, gue perkenalin tuh kelebihan lumia, terutama kamera dan smooth nya..lama2, sekarang yg pake lumia ada 10 orang an.dan itu belinya ke gue lagi,,hahaha.. kenapa bisa banyak?karena gue tau lumia seperti apa, aplikasinya, setting nya, dalem2 nya gmna..gue sebagai after salesnya lah..jadinya mereka percaya..
    Gue pernah pake android, dan iOS. tau kelebihan dan kekurangannya seperti apa..dan tetep pakenya windows phone.krna pas buat kerjaan gue.. Rasanya gak bakalan pindah deh, tetep di windows…dan Seperti Itulah Windows Addict.. :)

  • PrashT

    tetep di Windows lah, enak buat kerja soalnya PC di kantor maupun dirumah jg pake windows 10. Jadi integrasinya gampang
    k’lo pake android jg cuman buat ngegame, dan sampe sekarang saia ngegame di android via bluestack di Windows PC

  • Silvio Silviando

    ane sempet nyobain Lumia 625 4 bulan, smooth, no lag dan akhirnya ane tetep balik lagi ke andro karna WP ga punya aplikasi yg biasa ane pake sehari-hari

  • Zulmi Kurniawan

    1 hal yg buat sy bertahan pake lumia. Windows 10 mobile. Kalo gak sesuai apa yg diberitakan dan performansinya masih loyo, mungkin bakal beralih ke:
    Pertama. Sailfish. Dulu beralih ke wp karena sailfish belom ada di indonesia. Lebih suka yg enak dipake 1 tangan soalnya.
    Kedua. Ubuntu. Ada fitur mirip continuum. Layak di tunggu kejutan2 dr ubuntu phone. Semoga aja gak perlu bersih2 ram
    Ketiga. Android yg di costum. Kayak miui, cyanogen dll. Karena bakal diperhatiin sama pembuat os nya.
    Keempat. Android. Paling malas sama aplikasi yg banyak iklan, perlu spesifikasi dewa biar enak makenya, perlu rajin2 bersihkan ram, susah dapat update sistem terbaru. Kalo ada yg salah mohon di koreksi. Belom pernah punya android soalnya. Tapi pegang android temen sering.
    Kelima. Bb. Pengen rasain enaknya keyboard bb dan performa os bb.pernah mainin sih. Cuma bentar jd gak tau performanya menurun atau gak selama pemakaian. Apalagi selalu dapat update dari bb nya langsung. Tp sayang miskin aplikasi asli tuk os bb. Makanya android ada di atas bb.
    Keenam. Ios terlalu banyak batasan dan mahal. Inovasinya jg udah gak serevolusioner iphone di zaman steve jobs. Sudah berada di zona nyaman juga ios. Tinggal tunggu kejatuhan aja. Mungkin winmo, sailfish n ubuntu yg bakal jd kuda hitam yg menumbangkan ios.

  • Hmmmm…
    Andai kata saya pindah, gak mungkin dlm waktu dekat ini. Baru tahun yang lalu saya pindah ke Lumia. Artinya, bisa 1-2 tahun lagi baru ganti :D

    Artinya juga, saya bisa pantau terus kondisinya MS nantinya, hehehe…

  • Yossii Saputra

    tergantung dari windows10Mobile nya jika banyak peningkatan dan yang paling penting disaya itu bisa download di UC dan keluar dari aplikasi itu tanpa kena pause downloadan nya. :v ganggu banget soal nye

  • Kalau saya bertahan aja. Selain belum punya budget buat migrasi, pindah ke Android juga terlalu mainstrum, pindah ke Apple apalagi….. Saya juga nggak peduli sama app yang distop paksa sama MS. Yang penting kan bisa dipake walau udah nggak diurus appnya. Sama kayak Quick Office di Android. Walau di stop Gugel, tapi tetap saya pakai. Dan karena casing lumia ada yang warnanya kuning saya suka warna kuning *plakk*

  • Lee RedBerry

    ane embat semua om… hahaha

  • Lourenzio Kojongian

    dikantor ane pake lumia, di rumah/diluar ane pake android. “think simple” :3
    pendek katanya, “Why not both?” :v

  • RiDho Ahmad

    ah gan Febian.. harusnya agan cup-cupin mereka yg lagi patah hati / ngamuk biar g pindah ke lain.. dikasih dikasih kata2 penyemangat gitu :D

  • Mochammad Reza

    Lebih byk gimana gan? Temen ane juga punya 640xl,cuma dia blm mau update karena mobile hotspot blom bisa

  • Fiqih Husain

    Bertahan dulu lah sementara ini, migrasi ntar kalo Nokia udah ngeluarin produk terbaru hehehe

  • Dedy Choc

    Akhirnya saya mengerti knpa microsof memperdulikan android dri pd lumia
    Di win mobile nnti kita gx perlu menggunakan aplikasi dri Microsoft…
    Karna kita mnggunkn aplikasi android nnti nya
    Itu lah logika saya @projec astoria
    Gx perlu berpindah ke android
    Bersabar sebntar …
    Hehehe

  • Azz_Abdr

    Hehe, kalo gw mandang segi ribet dari kesulitan pengoprasian, WP8 & WP7 masih simpel dan to-the-point dari fiturnya, WP8.1 banyak yg diringkas dan dipadetin. W10M makin banyak fitur dan coba kalo orang baru pake hp Windows ga bakal bisa langsung adaptasi. Gitu sih. Hehe, pandangan kita berbeda.

    • Berbeda tp tetap sama. Sama sama pake windows :3 haha

  • Randhika

    Buat gue malah biasa2 aja, nggak ada greget2nya, nyantai aja malah… :p

  • taufik

    ane pake lumia 540 WP 8.1 ane upgrade ke WP 10 saat upgrade lancar – lancar aja tapi untuk aplikasi WA klo buat motret langsung lewat WA kok gk bisa…..sebelumnya pake Wp 8.1 oke2 aja….hal ini kenapa ya……..

  • ahmad faiz

    hahah,, ama gan, lumia ane sering bgt jatoh pas ngluarin hp dr saku, bahkan jatuh nya layar nya duluan :D dan alhamdulillah sehat wal afiat :D Lumia 620