Akhirnya Masalah Rakus Memory di Chrome Sudah Diperbaiki (dan Kini Jadi Lebih Cerdas!)

Kecepatan merupakan bagian terpenting dari sebuah browser — seberapa cepat halaman dibuka, seberapa mulus scrollingnya, berapa memory yang dipakai, dan seberapa awet penggunaan baterai. Ternyata hal itu juga yang menjadi fokus utama pengembangan Chrome saat ini.

Di tengah persaingan browser yang semakin ketat ini (apalagi dengan hadirnya Microsoft Edge di Windows 10), Google melakukan perombakan besar di browser Chrome terbaru versi 45. Salah satunya di area manajemen penggunaan RAM. (Baca juga: Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera)

 

Restore Tabs Dibuat Lebih Cerdas

Untuk bisa menggunakan memory seminim mungkin, Google membuat fitur restore tab di Chrome menjadi lebih cerdas.

Jadi seandainya Chrome kamu crash dan dibuka lagi, maka tab akan otomatis direstore dari yang terakhir kali kamu buka. Hasilnya kamu bisa mengakses tab terpenting tersebut dengan lebih cepat.

Chrome juga akan mendeteksi jumlah resource memory yang tersedia di PC kamu. Jika sisa memory sedikit, maka secara cerdas dia tidak akan merestore seluruh tab untuk menghemat memori. Tab tersebut hanya akan direstore begitu kamu mengaksesnya.

 

Dilengkapi Clear Memory Otomatis

Google juga menambahkan fitur clear memory otomatis yang bakal mendeteksi halaman website yang tidak sedang aktif. Penggunaan memory di tab tersebut kemudian bakal dibersihkan untuk membebaskan sejumlah memory agar bisa digunakan di tab yang sedang aktif diakses.

Secara rata-rata Chrome bakal lebih hemat memory sekitar 10% dari sebelumnya. Tetapi di web apps yang kompleks seperti Gmail, memori yang dihemat bisa 25% dari sebelumnya.

 

Lebih Hemat Baterai

Karena menggunakan resource memory dengan lebih bijak, hasilnya di Chrome versi terbaru ini penggunaan baterai juga lebih hemat hingga 15%. Tetapi tentu ini juga tergantung dari OS yang kamu gunakan juga.

 

Perbandingan

Berikut ini adalah perbandingan penggunaan memory di Chrome 43 vs Chrome 45 terbaru. Hasilnya Google Chrome terbaru mampu menghemat hingga 25% penggunaan memory.

 

Pastikan Update

Jadi bagi kamu pengguna Google Chrome pastikan browser kamu sudah terupdate ke versi yang terbaru yaitu Chrome 45 untuk bisa menikmati penggunaan memory yang lebih hemat.

Download Chrome

via google

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.