Home News Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE...

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Setiap orang biasanya punya browser jagoannya sendiri. WinPoin yakin kamu juga memilikinya, sebuah browser yang kamu pilih untuk menemani aktivitas berinternet kamu setiap hari.

Meskipun pemilihan browser lebih banyak ke masalah selera, tetapi tidak ada salahnya juga untuk membandingkan semua browser populer saat ini untuk mencari mana web browser terbaik di tahun 2015 ini.

Untuk itu berikut ini adalah hasil serangkaian test yang bisa menjadi bahan rujukan kamu dalam memilih browser kesayangan:

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

 

HTML5 Test — Chrome Terbaik

Dari hasil HTML5 Test, Chrome menjadi juara dengan poin tertinggi yaitu 527, disusul Opera dengan 525 poin, dan Firefox dengan 467 poin.

Microsoft Edge sendiri berada di posisi keempat dengan 402 poin, setingkat diatas IE yang berada paling bontot dengan 348 poin.

Kenapa HTML5 Test Penting?

HTML5 test cukup penting karena menunjukkan seberapa bagus performa website saat mengakses web modern berteknologi HTML5.

 

WebXPRT Test — Firefox Terbaik

Di uji WebXPRT, Firefox menjadi browser terbaik dengan poin 384, disusul Microsoft Edge dengan 330 poin, dan Chrome dengan 325 poin.

Opera sendiri berada tipis dibawah Chrome dengan 323 poin. Dan lagi-lagi IE berada paling bontot dengan 267 poin.

Kenapa WebXPRT Test Penting?

WebXPRT Test menjadi penting karena mampu menunjukkan seberapa bagus browser dalam menghandle HTML dan Javascript.

 

Speedometer Test — Chrome Terbaik

Dari uji Speedometer, Chrome jauh mengungguli lawan-lawannya dengan poin 84.07, disusul Opera dengan 66.62 poin, Firefox dengan 56.76 poin, dan IE dengan 36.23 poin.

Cukup mengejutkan disini Microsoft Edge berada pada posisi paling belakang dengan 20.74 poin.

Kenapa Speedometer Test Penting?

Speedometer test ini penting karena menunjukkan seberapa responsif browser saat digunakan untuk mengakses web apps. Semakin bagus poin Speedometernya, maka browser tersebut semakin responsif dan bagus performanya.

 

Jet Stream Test — Microsoft Edge Juara

Akhirnya browser terbaru andalan Microsoft, yaitu Edge berhasil menjadi browser terbaik di Jet Stream Test dengan 178.75 poin, disusul Chrome dengan 174.38 poin, Opera dengan 171.23 poin, Firefox dengan 164.73 poin.

Lagi-lagi IE berada paling akhir dengan 124.62 poin.

Kenapa Jet Stream Test itu Penting?

Jet Stream test sangat penting karena merupakan pengujian JavaScript tingkat advanced yang menunjukkan seberapa bagus performa browser saat digunakan untuk mengakses web apps yang kompleks dan berat.

 

SunSpider Test — IE Terbaik

Beberapa kali berada di posisi paling akhir, akhirnya di SunSpider Test ini IE menjadi browser yang terbaik. Di pengujian ini semakin rendah poinnya berarti hasil test nya semakin bagus.

Di SunSpider Test IE berhasil menjadi browser yang terbaik dengan nilai poin 94.97, disusul Edge dengan 103.13, Firefox dengan 185.6, Chrome dengan 226.67, dan terakhir Opera dengan 230.73 poin.

Kenapa SunSpider Test Penting?

Berbeda dengan test lainnya yang melihat hampir seluruh aspek mikro, SunSpider test menguji kemampuan browser dalam dunia nyata. Artinya yang diuji hanya elemen-elemen yang sering dijumpai di code javascript yang digunakan oleh mayoritas website sehari-hari.

 

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

 

Octane 2.0 Test — Chrome Terbaik

Octane 2.0 Test merupakan benchmark test milik Google, dimana tidak mengherankan jika Chrome menjadi juaranya dengan poin 30194, disusul Edge dengan 29442 poin, Firefox dengan 28138 poin, dan Opera dengan 26247 poin.

Internet Explorer sendiri berada di paling akhir dengan ketertinggalan poin yang cukup jauh yaitu 15367 poin.

Kenapa Octane 2.0 Test Penting?

Octane 2.0 test merupakan benchmark untuk mengetahui performa browser di web modern yang banyak menggunakan code Javascript kompleks. Dengan melakukan pengujian Octane 2.0, maka kamu bisa tahu browser mana yang performanya paling bagus untuk mengakses modern web kompleks.

 

PeaceKeeper Test — Firefox Terbaik

Ingin tahu browser mana yang paling cepat? PeaceKeeper Test bisa menunjukkannya. Dengan melalui serangkaian test kecepatan, ternyata Firefox menjadi browser tercepat dengan poin 5244, disusul Chrome dengan 4620, Opera dengan 4501, dan Edge dengan 2957.

Di posisi yang paling akhir ada Internet Explorer yang kalah tipis dengan Edge di poin 2864.

Kenapa PeaceKeeper Test Penting?

Melalui serangkaian pengujian di PeaceKeeper Test kamu bisa mengetahui browser mana yang paling cepat, smooth, dan memberikan experience yang paling nyaman saat digunakan untuk browsing.

 

OORT Online Test — Opera Terbaik

Hasil test ini paling penting bagi kamu yang suka nge-game via browser. Di OORT Test ini ternyata Opera berhasil menjadi pemenang dengan 6610 poin, disusul Google Chrome dengan 6387 poin, Edge dengan 5653 poin, dan Firefox dengan 3617 poin.

Internet Explorer berada di akhir dengan poin 0 karena tidak bisa berjalan saat pengujian OORT dilakukan.

Kenapa OORT Online Test Penting?

Saat ini banyak game yang bisa dijalankan melalui browser, dan OORT Online test melakukan serangkaian pengujian untuk mengetahui seperti apa performa browser saat digunakan untuk bermain game online via browser.

 

Penggunaan Resource — Opera Paling Ringan

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Dari pengujian 30 tab website kompleks yang dibuka secara bersamaan, penggunaan RAM paling kecil didapatkan oleh IE dengan 3384.4 MB, disusul Opera dengan 3470.4 MB, Chrome dengan 4222.8 MB, dan Edge dengan 4719.3 MB.

Dengan tab website kompleks yang dibuka sebanyak itu, Firefox disini sudah lemot, tidak responsif, dan berbagai elemen flash tidak berjalan otomatis. Bisa dibilang dia sudah hampir crash.

Untuk penggunaan CPU, Chrome mengkonsumsi resource CPU paling kecil dengan 71.4%, disusul Opera dengan 81.2%, Edge dengan 84.1%, dan IE dengan 94.4%.

Untuk Firefox tidak tercatat karena disini dia mengalami lemot luar biasa dan cenderung crash.

Kenapa Test Penggunaan Resource Penting?

Banyak orang menggunakan browser untuk bekerja, hingga mereka perlu membuka banyak halaman web untuk referensi. Disini stabilitas dan kecepatan browser ditentukan oleh seberapa banyak resource PC yang mereka gunakan. Semakin kecil resource yang digunakan, maka browser tersebut akan semakin baik.

 

Page Load Time — Opera Paling Cepat

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Di pengujian ini satu halaman dibuka, dan dicatat waktu tercepat yang diperlukan oleh browser untuk membuka satu halaman yang sama.

Hasilnya Opera berhasil menduduki browser dengan page load time tercepat yaitu 2.22 detik, disusul Chrome dengan 2.33 detik, IE dengan 3.89 detik, dan Edge dengan 4.24 detik.

Firefox berada di posisi paling belakang dengan 5.69 detik.

Tentu saja hasil pengujian ini banyak bergantung kepada specs PC, kecepatan internet, dan halaman web yang kamu buka.

 

Ekstensibilitas — Chrome Terbaik

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Berbicara tentang ekstensi dan add-on, Chrome dan Firefox merupakan dua browser yang paling kaya ekstensi. Opera hampir sekaya Chrome karena add-on Chrome memang bisa berjalan di Opera (ya, Opera saat ini memang Chromium based browser!).

Namun demikian Firefox harus rela mengakui kekalahan karena mereka sedang berencana untuk memulai add-on dari 0 lagi. Hal ini mereka lakukan agar bisa semakin mirip dengan Chrome dan membuat add-on mereka kompatibel dengan browser buatan Google ini.

Untuk Edge dan IE sendiri masih sangat lemah di ketersediaan ekstensi dan add-on. Bahkan Edge sama sekali belum support ekstensi — meskipun kabarnya Microsoft segera menambahkan dukungan ekstensi ini, dimana rumornya ekstensi Chrome bisa diporting dengan mudah ke Microsoft Edge.

Selain itu dukungan developer nampaknya memang paling besar untuk Chrome dan Firefox. Ini terbukti banyak layanan yang hanya menciptakan add-on dan ekstensi untuk Firefox dan Chrome, tidak untuk browser lainnya.

Kenapa Ekstensi dan Add-on itu Penting?

Keberadaan ekstensi dan add-on mampu menambah fungsi dan fitur dari suatu browser. Seringkali berbagai layanan seperti Pocket, Evernote, VPN, LastPass, dan sebagainya menggunakan ekstensi / add-on untuk bisa terhubung langsung ke browser.

Tanpa ekstensi dan add-on, browser hanyalah browser. Tidak ada yang spesial. Tetapi dengan dukungan ekstensi dan add-on yang kaya, browser mampu menjadi tools yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan.

 

Fitur Futuristik — Edge Terbaik

Inilah Web Browser Terbaik 2015: Edge vs Firefox vs Chrome vs IE vs Opera

Sebagai browser yang paling baru yang dikembangkan khusus untuk OS Windows 10 terbaru, Edge memang memiliki fitur futuristik terbaik. (Baca juga: Inilah 5 Fitur Edge yang Belum Dimiliki oleh Browser Lainnya)

Microsoft Edge sudah terintegrasi dengan Cortana untuk mempermudah kamu dalam mencari berbagai informasi secara smart. Edge juga memiliki fitur web canvas dimana kamu bisa corat-coret isi web, mengambil beberapa bagian, dan menyimpannya atau membagikannya dengan rekan.

Jadi Edge memang dibuat dengan mengutamakan produktivitas kerja — meskipun karena masih baru, beberapa fitur unggulan masih dalam proses pengerjaan. (Baca juga: Microsoft Edge — 3 dari 10 Alasan untuk Upgrade ke Windows 10)

 

Kesimpulan: Inilah Browser Terbaik 2015

Overal dari berbagai pengujian dan fitur yang dimiliki oleh berbagai browser populer tersebut, Chrome menjadi browser terbaik 2015.

Hal ini karena Chrome sering muncul sebagai pemenang di setiap kategori benchmark, dan kalaupun tidak menang dia berada di urutan kedua dengan poin yang dekat dengan pemenang.

Ketersediaan dan kekayaan ekstensi juga menjadi keunggulan utama Chrome yang sulit disaingi oleh browser lainnya.

Namun demikian semua pilihan kembali kepada kamu sebagai pengguna, karena balik lagi masalah pilihan browser adalah masalah rasa dan selera.

 

Apa Browser Terbaik Pilihan Kamu?

Jika dari hasil pengujian Chrome layak ditetapkan sebagai browser terbaik 2015, lalu apa browser terbaik pilihan kamu? Dan kenapa kamu memilih browser tersebut?

Bagikan pendapat kamu disini

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Rivanda Bakhtiar

    Mas mau tanya nih, pernah gak ngalamin waktu pake Edge/IE di W10 waktu masukin password dr mikrotik (kaya di wifi.id) kok tb2 jadi not responding yah? Trus juga kadang malah jadi crash

    Btw kalo saja tanpa masalah itu dan ekstensi Edge adalah pilihan utama, tapi sekarang masuh setia pake Opera :))

    • Zulmi Kurniawan

      Ane di edge aja. IE lancar jaya

      • Rivanda Bakhtiar

        Meski log on pkr mikrotik?

  • Agung Dedy

    Maasih di chrome enak ssoalnya misal buat search tinggal blok klik kanan searah jjugaa bookmark bar awal ada di Chrome. Edge maasih sangat simple

    • heeem gan, mari berdoa edge bisa kayak chrome kalo gak crome makin ringan biar makin melejit.

  • Adil Pangestu

    sekarang lagi pake Chrome

  • Arch625

    Opera Here… Hehe

  • ikhsan

    Si reza harusnya ngamuk ngamuk nih

    • danangdanbe

      Siapa itu reza om?…

    • Choppedcity

      Sug*ndroid?

  • sekarang masih pakai firefox, nunggu edge support add on baru pindah :D

  • Andreas Hariyo

    IE

  • Limit Breaker

    pengguna waterfox absen dulu

  • Gani Wijaya

    Masih nyaman di firefox… Kapan² ganti ke edge

  • ivan deanova

    malah pake Uc Browser yang base.ny Chrome

    • Wira

      Sama aku juga haha

  • Masih belum bisa move-on dari Chrome nih, padahal ada Edge
    Padahal dulu pengguna setia Opera loh :v

    • Hahahaha sama gan, chrome itu lengkap banget menurut ane. moga lebih ringan biar makin melejit. edge ringan tapi gak ada add-on dan ya gak memenuhi keinginan ane, yang bisa memenuhi baru firefox sama chrome.

  • budirogo

    Hasil benchmark-nya bagus, tapi belum tentu enak digunakan. Aku pakai edge (pc), opera (gadget), uc (khusus download).

    • Nurcahya

      UC khusus Download?
      kenapa gk pake downloader aja kalo nge download?
      kayak IDM, flaraget, atau aria

      • budirogo

        Dulu pakai IDM, skarang ga lagi. Yang aku rasakan kalau download via UC browser prosesnya lebih cepat dibanding pakai downloader karena proses kirim data via cloud dulu baru ke device, ini bisa dilihat di meter.

        • Kalo ane pake torrent gan, IDM aja lewat

          • kan tergantung juga mas :D

          • tergantung server ya mas? padahal aku download dari get intopc biasanya servernya kenceng dan bisa 2Mbps, atau karena yang saya download beda ya mas? tapi kemarin saya download driver pack solution di getintopc 10,8Gb bisa 5 jam pake IDM, tapi pake torrent cuma 1,45 jam

          • itu karena proses seed gan, sistemnya semakin banyak yang download, semakin mudah di-download juga, kenapa? karena setelah selesai 1 orang download file tersebut, akan terdaftar sebagai experienced user dalam file yang udah di-download, dalam hal ini anggap saja mereka yg internet nya kecepatan tinggi…agan ada pengguna yang baru mengunduh dari sana, dan total orang yang sudah seed “menanam bibit” udah banyak, jadi mudah downladnya :)) itulah kenapa namanya torrent

          • seednya 30.000 kalo gak salah hehehe, itulah ene demen di torrent, apa apa ada wkwkwkw

  • HANGUL

    Dulu pengguna Safari for Windows karena Page Load Time lebih cepat dr Opera, tp sayang sekarang tidak pernah Update lg, sekarang pindah menggunakan Firefox/Opera, pingin menggunakan Chrome tp tidak jadi karena silent update terus-menerus padahal update otomatis sudah dimatikan

    • maryam adja

      Good, menurut ane jangan terpaku kepada tes-tes yg kebanyakan teori. tes yang akurat adalah praktek.Chrome dipake main game online jalannya ndut-ndutan ditambah dengan yang paling menjijikkan: attempting to reconect.
      Buktikan:Beberapa saat stelah exit chrome, anda buka (misal) microsoft word, lembek kan? kita mesti restart PC supaya kembali normal.
      Mestinya combe-combe Google chrome mencari umpan balik dari pengguna bukan semakin gencar promosi.Kesimpulan ane Chrome belum waktunya disejajarkan dengan IE dan Firefox.
      Tapi ane dan kita semua tetap butuh google. Mudah-mudahan diwaktu mendatang chrome bisa sebaik googlenya. Amin.

  • andhikalady

    chrome menyediakan versi 64bit gak? donlot dmn?
    bedanya chrome 32bit & chrome 64bit apaan?

  • Ekobaco

    Ane suka seamonkey & safari.

    • Ahmed AL-Jaber

      safari bnyak virus gan hati2

  • Ahmed AL-Jaber

    ane pake Firefox sama Opera, opera cepat tapi soal kestabilan apalagi saat web lambat firefox ga ada yg bisa nandingin,

    • yupppp kalo pake inet yang kenceng firefox gila, ane dah uji coba sama browser chrome andalan ane, firefox menang duluan, ane buka bukapak.com wuzzzz langsung kebuka di firefox, kalo di crome pake mikir bentar hehehe. padahal inet ane 72Mbps.

  • Dante Niro

    Iceweasel ma Cromium gx masuk ya…?

    • YanDhika

      iceweasel itu firefox based, chromium itu dasarnya chrome

  • Alfi Alfian

    Seep, browser andalan aku menang

  • Deris Kharisma

    hampir 3 minggu pakai edge buat browsing nyaman tapi kalau download balik ke chrome karna kalau pakai edge download kaga masuk ke IDM walau download di edge lumayan lancar

  • Masih setia pakai Chrome

    • sama gan, chrome paling mantebs. btw save from net gak bisa e, jadi kalo download di YT pake firefox.

      • pakai idm aja gan

        • Sellau, kalo pake idm yang ke detek videonya doang, kalo pake save from kan ada pilihan download mp3 hahaha. kalo gak biasanya pake ummy sih, cuman ummy lemot gak kayak idm

  • Jali Dkc

    Masih menggunakan Microsoft Edge dari awal Install W10, karena saya perlahan ingin meninggalkan ketergantungan terhadap layanan Google.
    But tentu saja ini menjadi hal yg berat. Tidak bisa dipungkiri bahwa Chrome adalah Browser terpopuler di dunia karena Simple dan kinerja yg maksimal, apalagi dia berhasil menjadi pemenang browser terbaik 2015 ini.
    Microsoft Edge masih bnyk yg harus di tingkatkan lagi, seperti pada saat saya mau menulis artikel di blogger.com, semua fasilitas untuk mengedit teks hampir semuanya hilang atau tidak muncul pada menu untuk membuat posting, ini sangat mengganggu sekali untuk para blogger sebagai penulis. Edge masih sering Not Responding dan seperti reload gitu.
    Menunggu waktu.
    Kita tunggu saja beberapa waktu kedepan developer untuk memperbaiki masalah yg ada dan meningkatkan agar Browser Microsoft Edge dapat bersaing dan mendapatkan tempat no. 1 di dunia kelak. Amin
    Microsoft Lovers

    • kalo ane pengenya gak fanatik gan, ane selalu pake mana yang sangat mempermudah pekerjaan ane. entah itu microsoft, google, apple ataupun lainnya. ane os windws 10 browser andalan chrome untuk kerja, kalo buka youtube firefox dan kalo tab di chrome dah penuh pake firefox juga. edge ringan, tapi belum sehebat dan sesuai kebutuhan ane.

      • Rasshid

        Android: UC Browser + Chrome
        Windows: Edge + IE :v

        • UC cakep juga sebenarnya yang di PC, cuma ane demen chrome

  • YanDhika

    Opera, Firefox. itu aja
    CHROME? nggak
    why?

    1. cepat iya namun ngambil banyak resource ram
    2. boros batteri (tick rate bug) terutama untuk pengguna windows.

    CHROME BASED browser yang aku pakai di pc dulu
    – coolnovo
    – SRWare Iron
    – Super Bird browser
    – Orbitum Browser
    – Spark (Baidu) Browser
    – UC Browser (desktop)
    – Comodo Dragon
    – Comodo Chrome Secure
    – Rockmelt
    – Chrome Canary
    – Chrome Dev
    – Chromium

    browser lainnya yang pernah aku pakai
    – Lunascape (rendering: firefox dan IE)
    – Avant (rendering: chrome, firefox, IE)
    – SlimBrowser (rendering: IE)
    – Midori Browser
    – Seamonkey
    – Safari
    – Opera
    – Opera Beta (dulu bernama Opera Next)
    – Vivaldi Browser (yang punyanya ex bos Opera)

  • Yesss chrome browser andalan di PC, kalo di Mobile UC. tapi untuk add-on save frome net gak bisa di crome, kalo di firefox mantab.

  • Meigi Shafardi

    Sekarang sih masih pake Firefox…, lebih terbiasa sama UI nya sih…

  • Nurcahya

    ane pake Edge cuman emang fiturnya masih kalah jauh walo menurut ane ringan sama cepet. masih belum support add on dan itu gangu banget, jadi gk bisa langsung konek ke IDM kalo mau download dan itu lumayan ganggu.
    dulu sebelumnya pake Firefox.
    tapi entah kenapa rasanya ane lebih sreg sama Safari di Yosemite, berharap safari yang di yosemite ada di Windows juga.
    pernah juga pake midori, iceweal, chromium.
    dan yang paling kurang bagus menurut ane midori dari semua browser yang ane pake

  • Chrome vs RAM :v

    • berapa memori lu, pake sesuai bit mu =) ane pake chrome lancar banget…internet explorer lebih lancarrrr :)) berguna banget 2 browser~

      • Memory sy 8GB. Sy juga pake Chrome kok. Hanya berdasarkan pengalaman, pernah make Chrome di laptop yg RAM 2 atau 1GB dan Chrome yg paling banyak menggunakan RAM ketimbang browser lain, sesuai dengan review di atas.

    • Chrome menghabiskan banyak RAM karena proses masing-masing tab terpisah, untungnnya kalau 1 tab ada yang ngehang, maka tab yang lain tidak akan terganggu, dan tab yang hang itu bisa di tutup tanpa harus menutup browser, beda dengan yang lain yang kalau satu tab hang, maka keseluruhan tab juga harus ikut di tutup. CMIIW

  • Chrome doang yang paling jelas, apalagi update terbaru sekarang, Opera masih belum meski udah chromium :’)

    Aku udah coba game facebook yg berat2 di Edge, gila mulus yaaa

  • RiDho Ahmad

    sempat Chrome jadi browser favorit (bgt), setelah sakit hati tak tertahankan karena sering Crash akhirnya diuninstall, Opera dapat diandalkan, firefox lumayan walau jarang dipakai . Pas kemunculan Internet Explorer 11 langsung jatuh hati dan jadi browser favorit

  • BUDI

    RAM killer : IE & ME untuk laptop x64 dengan RAM 2GB doang :

    Sekarang udah lama ngungsi ke Opera dari Chrome yang makin update makin terlalu banyak makan resource di laptop imut ane.

  • user.unkwon

    Masih nyaman pake edge buat browser harian

  • Skrg ane bnyk pake edge, cm kalo utk dwnld msh ngandelin bgt chrome. Firefox? Ngga deh, suka lemot gitu kalo di ane. Utk bbrpa web, pake chrome msh paling enak cm berat. Edge itu smooth bgt, itu yg paling ane suka jd terasa cpt bgt.

  • Intan Nur Andini

    mau tanya dong kenapa google chrome & opera ngeblank saat konek ke internet ga berfungsi sama sekali, tapi kalo offline hompagenya mucul,
    kalo pake mozilla lancar cuma chrome & opera aja yg ngblang, kira2 itu knpa ya ?

  • Evlan Mars

    pasti donk pilih Microsoft Edge ………!

  • Maulana Fikri Ramadhan

    aku punya 4 browser

    1.Firefox
    2.Chrome
    3.Opera
    4.Edge

    tapi kebanyakan ane pake opera sama chrome

  • July Efendi Pasaribu

    Kalo saya pakai device laptop Opera paling favorit, kalo pakai smartphone Chrome paling oke :D

  • CanZki Sanctvs

    dear all suhu mau tanya soal koneksi INET SPEEDY

    apakah suhu2 selalu mendapati aplikasi2 macem ‘game desktop’, “Anysent”, atau aplikasi2 yg lain2 yg selalu terinstall dengan sendirinya???

    ane udah gerah sama kasus ini mohon pencerahannya yg pernah mengalaminya, yg belum mengalaminya ada baiknya nyimak aja

  • Chrome menurutku udah jadi pendamping sehari hari masalah browsing sekarang, dulu waktu ram masih nyangkut 2 GB kebawah dan bingung milih browser yang enak dan IE pun jadi pilihan/Edge jadi pilihan saat itu, karena saya menggunakan system x64 dan chrome x64 alhasil lag pun jadi bikin greget :v tapi semua berubah saat tambahan ram menjadi 4 GB.. karena memang chrome x64 itu bisa optimal dengan ram minimal 4 GB setelah melihat spesifikasi di situsnya google chrome

  • Robin Zamani

    Kalau Ekstensibilitas Menang Chrome, tapi Ekstensi Savefrom.net (Situs Download Video Youtube dan lain-lain) tidak support di Chrome. Tapi Browser Favoritku adalah Chrome, disusul Edge, lalu Firefox.

    • Eggy Artha

      siapa bilang savefrom.net gk support chrome? ane pakai kog di chrome.. coba install ulang aplikasi saveformnya !

      • Robin Zamani

        Oh, itu cuma pengalaman saya. Saat Instal Savefrom.net, yg dapat cuma Firefox. Tapi Chrome dapat hanya saja ada tulisan yg mengandung maksud tidak bisa dipasang karena ekstensi tidak ada Chrome Store. Itu terjadi beberapa tahun lalu.
        Mungkin sekarang udah bisa, tapi sayangnya hanya masalah koneksi internet.

  • saya paling males pake chrome, di pc saya kl ada virus, nomer 1 yang keserang chrome, dan sering bgt crashnya drpada firefox. jadinya skrg di pc sy ga ada chrome, tapi lagi nyari browser lain dan bingung mau donlot yg mana -_-