ASUS Hadirkan Touch Bar MacBook ke Laptop Windows

Ketika Apple memperkenalkan MacBook Pro 2016, alih-alih menghadirkan touchscreen ke layar MacBook, Apple malah menghadirkan Touch Bar — sebuah touch panel di keyboard yang mampu menghadirkan tombol interaktif sesuai dengan aplikasi yang tengah dibuka. Kali ini bagi kamu pengguna laptop Windows, ASUS bakal menghadirkan experience touch bar MacBook tersebut ke laptop Windows 10 melalui sebuah perangkat bernama ScreenPad. (Baca juga: Prototype Adaptive Keyboard ala Touchbar MacBook Sudah Diperkenalkan Microsoft di 2009 (Video))

Ada beberapa kemungkinan seputar ASUS ScreenPad ini. Pertama, ASUS ScreenPad bakal berupa periferal input tambahan, yang nantinya bisa kamu hubungkan melalui USB ataupun Bluetooth ke laptop Windows 10. Dengan begitu dengan membeli ASUS ScreenPad, kamu bisa menikmati fitur ala touch bar MacBook di laptop Windows apapun.

ASUS Hadirkan Touch Bar MacBook ke Laptop Windows
ilustrasi

Kedua, ASUS ScreenPad ini bukan berupa periferal tambahan, tetapi merupakan bagian dari laptop ASUS itu sendiri. Jika kasusnya seperti ini, maka kemungkinan salah satu laptop terbaru ASUS berikutnya bakal dilengkapi dengan ScreenPad yang punya fitur layaknya Touch bar di MacBook ini.

Tetapi berbeda dengan touch bar MacBook yang satu baris panjang, ScreenPad ini bakal kotak seperti touch pad. ASUS sendiri sudah menyiapkan banyak ekstensi untuk ScreenPad ini di Microsoft Store, mulai dari Spotify, YouTube, hingga Microsoft Office.

Ekstensi ini bakal memberikan akses cepat untuk beberapa fitur utama aplikasi tersebut di ScreenPad. Sebagai contoh untuk Spotify, kamu bisa control music playback, sedangkan untuk Office kamu bisa mengakses shortcut seperti format teks, dll. Selain memberikan akses ke shortcut dan menu cepat, ScreenPad ini juga memberikan akses ke beberapa fitur Windows seperti Calendar, Calculator, bahkan juga fitur eksklusif ASUS ScreenPad seperti Music Player, speech to text, dsb.

Dilihat dari listing ekstensi ScreenPad di Microsoft Store, selain kebutuhan minimum Windows 10 64-bit dan GPU NVIDIA GTX970, belum ada detail kejelasan lain yang diperlukan laptop Windows agar bisa menggunakan ScreenPad. Tetapi tentu WinPoin akan terus mengamati perkembangan informasi seputar ASUS ScreenPad ini dan mengabarkannya disini.

Bagaimana pendapat kamu tentang diusungnya fitur seperti Touch bar MacBook Pro ke laptop Windows? Apakah ini merupakan hal yang menarik untuk dimiliki? Bagikan pendapat kamu disini.

via liliputing

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.