via MSPoweruser

Mungkin kamu sudah cukup lelah mendengar gosip mengenai Surface Phone yang sudah beredar sejak 2015 ini. Bumbu baru terhadap perangkat yang mulai terlihat nyata wujudnya tersebut masih terus bertambah. Dikatakan bahwa Microsoft mengembangkan Surface Phone sebagai desain rujukan bagi OEM lain, dalam artian bahwa produsen yang menjalin kemitraan dengan Microsoft boleh menggunakan desain ala Surface Phone itu untuk membuat perangkat tersendiri yang ‘terilhami’ konsep Microsoft tersebut. Kebijakan yang sama memang diberlakukan terhadap lini Surface Microsoft. Itulah sebabnya kita melihat banyak produsen yang membuat Surface Pro atau Surface Book versi mereka sendiri-sendiri.

Blog Winfuture mengungkap dokumen internal Qualcomm yang menyebutkan bahwa Dell sedang mengerjakan perangkat Windows 10 on ARM dengan layar ganda yang disebut Januss. Perangkat ini nantinya akan didukung oleh processor Snapdragon 850, memiliki modem LTE dan beberapa karakteristik yang mirip ponsel, seperti port USB-C tunggal, beberapa kamera, accelerometer, kompas digital, dan gyroscope. Winfuture mengomentari bahwa laptop normal tidak memiliki gyroscope. Ini adalah fitur yang biasa digunakan untuk mendeteksi posisi orientasi dan momentum perangkat, yang umum diterapkan untuk bermain game mobile.

Perangkat tersebut dikembangkan oleh ODM Compal dan telah dalam pengembangan sejak musim panas 2017 dengan laporan status terakhir pengerjaan adalah awal 2018.

Memang tidak ada gambar yang pasti atau petunjuk mengenai bentuk alat tersebut. Dokumen yang dibocorkan tersebut hanya menjadikan pembacanya berimajinasi bahwa ini adalah sebuah perangkat berlayar ganda, dapat dilipat, dan memiliki fitur-fitur ponsel. Kesimpulan: Ini mirip dengan Surface Phone yang sedang dikembangkan oleh Microsoft!

Perangkat semacam ini kemungkinan menjalankan Andromeda OS yang memang dikembangkan Microsoft untuk perangkat dual-screen. Mungkinkah perangkat ini terwujud dan kita akan melihatnya dengan segera? Pendapat saya pribadi, kemungkinan tersebut cukup besar. Kita telah melihat tipe perangkat serupa dalam wujud Lenovo Yoga Book. Hanya saja ‘layar’ yang satunya digunakan untuk on-screen keyboard dan juga fitur menggambar. Yoga Book sudah muncul sekitar dua tahun yang lalu, jadi ada kemungkinan besar kalau sudah ada perkembangan drastis untuk tipe perangkat semacam ini! Jadi bukan tidak mungkin kalau nantinya akan muncul perangkat berlayar ganda yang dapat berfungsi sebagai laptop maupun ponsel!

Sumber: MSPoweruser

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.