Home PC Bagaimana Cara Melindungi PC dari Malware CCleaner

Bagaimana Cara Melindungi PC dari Malware CCleaner

Piriform Diakuisisi: CCleaner Kini Jadi Milik Avast

Seperti yang sudah WinPoin kabarkan sebelumnya, CCleaner baru saja di-hack dan ditanam malware berbahaya didalamnya. (Baca: Ada Malware Berbahaya Tertanam di CCleaner)

Ada 2.27 juta pengguna CClenaer yang menjadi korban, dan dengan begitu populernya CCleaner di Indonesia, bukan tidak mungkin kamu menjadi salah satu diantaranya. Untuk itu berikut ini WinPoin berikan beberapa tips untuk melindungi PC kamu dari malware CCleaner ini.

Cara Melindungi PC dari Malware CCleaner

Perlu kamu ketahui bahwa versi CCleaner yang diinject malware dan backdoor adalah CCleaner 5.33.6162 (32-bit) dan CCleaner Cloud (1.07.3193) untuk Windows. Begitu serangan ini diketahui, Piriform sudah merilis update dan mengganti CCleaner terinfeksi tersebut dengan yang bersih.

Untuk kamu pengguna CCleaner Cloud, update sudah dirilis secara otomatis, jadi kamu sudah aman sekarang.

Tetapi bagi kamu pengguna CCleaner Standard (dimana mayoritas pengguna CCleaner pake versi gratis ini), kamu harus melakukan download update secara manual. Jadi download CCleaner terbaru yang sudah bebas malware sekarang, langsung dari situs official Piriform.

Download CCleaner Terbaru (Bebas Malware)

Sebaiknya jangan langsung diinstall, tetapi uninstall dulu CCleaner versi lama kamu, baru install CCleaner yang baru.

Pastikan CCleaner yang berjalan di PC kamu adalah CCleaner versi 5.34 (atau yang lebih tinggi).

Terakhir, pastikan kamu selalu up to date dengan berbagai kabar terbaru teknologi, khususnya yang berhubungan dengan info hacking dan security seperti ini. Karena hal-hal serupa masih bisa terjadi, yaitu ketika aplikasi atau software populer menjadi sasaran hacker untuk menyisipkan malware ke jutaan PC penggunanya.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.