Home News Bagaimana Nasib MS Paint di Windows 10?

Bagaimana Nasib MS Paint di Windows 10?

22 Fitur yang Hilang di Windows 10 Fall Creators Update

Kemarin WinPoin mengabarkan 22 fitur yang hilang di Windows 10 Fall Creators Update, dan MS Paint ternyata masuk ke dalam daftar tersebut dengan kategori deprecated. Lalu bagaimana nasib MS Paint setelah Windows 10 Fall Creators Update? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Deprecated?

Dalam Bahasa Indonesia, deprecated berarti usang. Dalam konteks MS Paint masuk ke mode deprecated, artinya Microsoft tidak akan lagi mengembangkan MS Paint lebih lanjut. MS Paint memang masih akan tetap ada di Windows 10 Fall Creators Update, tetapi bisa dihilangkan kapan saja di update-update Windows 10 selanjutnya. Jadi Microsoft tidak lagi menjamin kelanjutan dari MS Paint legendaris ini.

Apakah MS Paint Bakal Dimatikan Total?

Tidak. Bahkan MS Paint ini masih ada di Windows 10 Fall Creatos Update. Hanya saja sudah tidak lagi dikembangkan dan bakal dihilangkan dari Windows 10 begitu Paint 3D siap menggantikannya. Microsoft menegaskan bahwa fitur-fitur klasik 2D editor di MS Paint bakal diusung ke Paint 3D.

Begitu dihilangkan dari Windows 10, MS Paint bakal disediakan Microsoft di Windows Store secara opsional. Jadi jika kamu memerlukannya, kamu bisa download sendiri dari Windows Store. Namun tidak ada update lagi yang akan dihadirkan ke MS Paint. Sebagai gantinya Microsoft akan mengembangkan dan menghadirkan berbagai fitur baru di Paint 3D, yang merupakan pengganti dari MS Paint.

Bagaimana Nasib Pengguna MS Paint di Windows 10?

Selama masih disertakan di Windows 10 Fall Creators Update, kamu tetap bisa menggunakannya seperti biasa. Namun begitu dihilangkan Microsoft dari Windows 10 pada update-update selanjutnya, kamu harus menginstallnya sendiri melalui Windows Store jika menginginkannya — atau cukup gunakan Paint 3D yang oleh Microsoft dijadikan sebagai penggantinya.

Nah seperti itulah nasib MS Paint setelah menyandang gelar deprecated di Windows 10 Fall Creators Update. Cukup mengejutkan memang mengetahui bagaimana tool legendaris yang sudah ada di Windows selama 32 tahun ini nantinya harus tersingkir dari Windows 10. Tetapi begitulah perubahan, satu-satunya hal yang tidak pernah berubah adalah perubahan itu sendiri.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.