Mungkin sebagian besar pengguna Windows pernah mendengar tentang blue screen of death (BSOD), tampilan layar biru yang muncul saat terjadi crash pada PC Windows. Penulis program Windows 10 nampaknya ‘sedang kreatif’ sehingga mereka menggagas tampilan layar crash yang baru: Green Screen of Death.

Mungkin kamu belum akan merasakannya karena saat ini layar hijau tersebut hanya akan muncul jika kamu menjalankan versi Insider Preview Windows 10. Secara umum, sebenarnya ini sama saja dengan Blue Screen of Death, bahkan menampilkan pesan yang sama.

Sederhananya sih, untuk saat ini konsepnya seperti ini: Kalau kamu menjalankan versi Windows 10 normal, maka yang muncul jika PC crash adalah Blue Screen of Death, sementara jika kamu menjalankan build Insider, jika perangkat kamu mengalami crash, maka yang akan muncul adalah Green Screen of Death.

Warna hijau ini nampaknya dipilih untuk menekankan bahwa error adalah diakibatkan ketidakstabilan build Windows 10. Build Insider ini sering mengalami crash yang jarang dialami di versi normal Windows 10. Bahkan ada peringatan khusus di Insider bahwa ada kemungkinan pengguna akan mengalami “layar hijau” yang diakibatkan oleh ketidakstabilan program. Jika kamu takut terkena GSOD ini, maka kamu cukup beralih kembali ke versi stabil Windows 10.

Meskipun baru heboh belakangan ini, sebenarnya sistem ini sudah dikembangkan sejak era Creators Update, yang dirilis pada bulan April 2017. Sebelum itu, build Insider Windows 10 menggunakan blue screens of death standar.

Jika kamu saat ini menggunakan build Insider Preview Windows 10 dan penasaran ingin menyaksikan GSOD, gunakan registry hack untuk memicu error blue screen ini — yang mana akan memicu layar hijau dengan kode “MANUALLY INITIATED CRASH”.

 

 

Sumber: HowtoGeek

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.