Home Editorial 4 Alasan untuk Membeli Windows Phone dengan Layar Lebih Besar

4 Alasan untuk Membeli Windows Phone dengan Layar Lebih Besar

Alasan Layar Besar

Kalau setahun dua tahun belakangan ini kita masih mendapati bahwa Lumia 920, Lumia 925, dan Lumia 1020 yang merupakan flagship atau produk andalan Nokia dan Microsoft masih memiliki ‘ukuran normal’ (paling besar 4,5 inchi) serta ditambahkannya sebuah alternatif untuk penyuka phablet, yaitu Lumia 1520 yang berukuran 6 inchi, maka sejak tahun 2014 kemarin kita dalam kondisi ‘hampir tidak punya pilihan’ karena banyak flagship baru Microsoft Lumia (dan juga HTC One M8 for Windows) berukuran 5 inchi yang untuk beberapa orang sudah termasuk besar dan mungkin bisa masuk kategori phablet (kalau mengingat riwayat Samsung Galaxy Note yang merupakan phablet pertama juga berukuran 5,3 inchi).

Tidak semua orang menyukai layar besar. Namun mungkin kita dapat berusaha menemukan sisi positif dari ponsel generasi baru yang memiliki ukuran layar ekstra ini. Ada beberapa alasan yang mungkin mendukung kamu untuk membeli Windows Phone dengan layar yang lebih besar yang menjadi ukuran rata-rata flagship Lumia dalam beberapa waktu terakhir.

 

4. Biasanya Daya Baterai Lebih Besar

Alasan Layar Besar

Bukan rahasia bahwa ukuran layar yang lebih besar tentu saja memerlukan daya lebih besar. Secara umum produsen tidak ingin berjudi dengan menjadikan perangkat yang diluncurkannya kekurangan daya baterai. Ini berlaku juga bagi Microsoft. Oleh karena itu perangkat Microsoft Lumia yang memiliki layar lebih besar juga diberikan baterai lebih besar. Contohnya Lumia 830 yang bukan masuk kategori flagship saja mendapatkan ‘jatah’ baterai sebesar 2200 mAh. Mengingat OS Windows Phone 8.1 merupakan OS yang terkenal hemat daya, tentu saja ukuran baterai sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas harian kita. Bahkan hingga saat ini di antara lini Lumia, pemegang rekor untuk daya tahan justru adalah Lumia 1520 yang memiliki layar 6 inchi. Baterai yang disematkan di dalamnya adalah 3400 mAh! Jadi membeli ponsel berlayar besar sekaligus kita akan mendapatkan jaminan baterai lebih besar dan awet.

 

3. Layar Besar Lebih Asyik Dipakai

Alasan Layar Besar

Apa pun aktivitas utama kamu dengan perangkat Windows Phone ini, sudah pasti semua bisa dilakukan dengan optimal memanfaatkan layar besar. Main game rasanya lebih asyik dengan layar lebih besar. Suka browsing dan membaca? Tentu saja kamu bisa melakukannya lebih baik dengan layar besar. Hobi menonton film? Tentu saja! Layar besar membuat kamu lebih menikmati sajian konser atau film favorit kamu yang diputar di perangkat kesayangan kamu. Ini menunjukkan bahwa layar besar memungkinkan kita beraktivitas dengan lebih optimal.

 

2. Mengetik Lebih Baik

Alasan Layar Besar

Kamu suka berkirim email, pesan instan, atau sosial media? Layar yang lebih besar tentu saja menjamin kamu bisa mengetik lebih akurat. Apalagi kalau kamu memiliki jempol gajah. Dengan layar besar tentu saja kamu bisa mengetik dan akhirnya bisa bekerja lebih optimal. Sekali kamu terbiasa dan nyaman mengetik di layar ponsel berukuran 5-6 inchi, maka sulit bagi kamu untuk kembali ke layar ponsel di kisaran 3-4,5 inchi. Coba saja membuktikannya!

 

1. Menghemat perangkat

Alasan Layar Besar

Sudah wajar di kalangan anak muda dan praktisi profesional saat ini untuk memiliki beberapa gadget sekaligus, misalnya sebuah ponsel, tablet, dan laptop. Untuk yang terbiasa, masing-masing memang memiliki kegunaan sendiri-sendiri. Akan tetapi phablet ini benar-benar akan menjembatani ketergantungan kamu akan ponsel dan tablet. Cukup dengan satu phablet, maka masalah selesai. Semua hal yang bisa kamu kerjakan di sebuah tablet (misalnya mungkin kamu memakai ASUS fonepad atau Transformer), bisa kamu kerjakan dengan perangkat Lumia berlayar lebih besar. Tentu saja ini menjadikan kamu lebih hemat tempat penyimpanan, cukup membawa satu (atau dua dengan laptop) perangkat kemana-mana. Kamu juga tidak perlu repot berlangganan dua kartu SIM untuk ‘menghidupkan’ perangkat lainnya. Ini menjadikan kamu lebih hemat dari segi finansial!

 

Nah, itulah beberapa alasan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan apabila ukuran produk Lumia yang keluar beberapa waktu terakhir ini membuatmu menjadi ragu memilikinya. Apabila kamu ingin menambahkan alasan lainnya, silahkan berkomentar di kolom di bawah ini.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • kekurangannya mungkin gak muat di kantong :v

    • Febian

      atau harganya menguras kantong :v

  • Ahmad Junaidi Tarigan

    PPI kurang tinggi biasanya

    • Febian

      yup..jika layar lebar tidak dibarengi resolusi tinggi..kualitas gambarnya jd blurry..tp kl resolusi display nya tinggi y gak ada masalah ;)

  • 5 inch kayaknya kegedean buat saya :v
    Pingginnya 4.7 inch, tapi gak kayak Lumia 625, gede itu mah :v

  • JK

    Jangan lupa lumia 1320 yang juga 6 inci. Pemakaian selama setahun ini cukup memuaskan. Biarpun user experiance di WP belum setinggi di rojo, tapi ane cukup puas.

  • 정승최

    kapan ada device Lumia yg seperti Z3 Compact :3
    4,6″ dengan hardware kencang (y)

    • 930? (meskipun sedikit lebih besar, 5″)

  • Muhammad Al-Kuch

    kalo mau ngetik harus pakek 2 tangan. Ribet juga.

    • Mochammad Reza

      Kan di Windows 10 nanti,ada fitur keyboard one hand khusus hp yg layarnya 5inch keatas,keyboard nya bisa di pindah2

    • Labib Muhammad

      Aku ngetik selalu pake 2 tangan. Lebih cepet dan nyaman, gitu

      • Muhammad Al-Kuch

        Lebih nyaman pakek 1 jari aja gan. Gunakan fitur word Flow. Sangat cepat.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Faktor dimana semua alasan diatas gak bisa diraih.. = Duit mana duit mana… kalo ada Giveaway berhadiah Lumia Flagship.. baru ane mau

  • Adnan Zaki

    Yg paling bikin ane males pake hp layar gede ya ukurannya itu bikin ribet kalo mau naro. Maksimal 5 inci lah buat ane, wlwpun ane sendiri jauh lbh nyaman pake 730 yg cm 4,7 inci. Prnh nyobain layar 6inci punya temen tp malah geregetan krn megangnya susah dan buat ngetik ribet. Kalo buat baca, gaming, nntn atau aktivitas yg berkaitan sm visual sih oke lah. Tp sayagnya ketiga aktivitas itu msh didominasi laptop ane xD

  • awan

    semakin besar semakin ribet ngantonginnya ,,msih sangat nyaman dengan layar 4 inchi

  • Enak pakai layar gede 5 inc

  • Labib Muhammad

    Bagiku paling nyaman pakai 4.7 in. Nggak terlalu besar nggak terlalu kecil. Tapi sayang nya perangkat langka :'(

    • Tri Suranto

      625 bagus..iphone 6

      • Labib Muhammad

        Mungkin ini kenyataan pahit disini. Aku sudah terlanjur nyaman di Android.

    • -__- eleeeh Xperia M aja 5 klo gak salah :(

  • Kayaknya L830 itu Flagship deh,secara Lumia 920/925 aja Flagship,apalagi L830 yg lebih gahar. Tag-nya juga “Affordable Flagship”

    • Labib Muhammad

      Pertama, 925 di rilis 2013, Juni. Dan Lumia 830 di rilis 2014, September. Lebih tua 1 tahun sangat memungkinkan spek nya disalip.
      Kedua, kita sendiri harus mengerti arti dari flagship.

      According to Wikipedia, a flagship is “the best or most important thing owned or produced by a particular organization.” Merriam-Webster is less specific, stating it’s “the best, largest, or most important one of a group of things.” Even Urban Dictionary (just for giggles), calls it the “most important example of a product or service.”

      Terakhir, setau ku Flagship 2013 itu 925, dan 2014 itu 930. CMIIW

  • Nurcahya

    mungkin bagi ane sih maksimalnya Smartphone layarnya 5″ dan minimalnya 4.5″

  • bagiku layar besar malah lebih banyak untungnya daripada layar kecil,tapi kekurangan layar besar daripada layar kecil yang paling mencolok yaitu “harga” :D

  • Faisholadib

    Hemmm, tadinya kegoda ganti layar lebih besar. Akhirnya jadi biasa aja, gitu baca ini. Jadi pengen ganti layar gede lagi. HahJ

  • Zenfone 6 dong, gede…wkwkwk bingung ini ponsel apa papan wkwk

  • I must admit daaaaaaaat!!

  • BUDI

    Ane masih megang prinsip : Butuh sebuah smart”Phone”. Telepon yang bisa nyaman dibawa.

    4″ inch udah lumayan nyaman, sayang Nokia T9 Keypad ngga ada secara default di OS ini.

    Max 4,7 inch kaya 730, berhubung M$ udah ngga rilis ponsel med-level ukuran dibawah 5″ inch jadi agak kecewa juga. Menurut ane harusnya series Lumia 6xx masih make ikuran layar dibawah 5″ inch kaya pendahulunya, 640 malah jadi jumbo gitu.

  • ArFunk

    selama pake lumia 625, rasanya gak nyaman. pernah juga pegang lumia 1520. keren sih, tapi gak biasa klo harus pegang hape pake 2 tangan. dari semua lumia yang paling nyaman di tanganku cuma lumia 800, hahaha

  • Reowijaya

    ga ah.. kalo diatas 5 inch bukan hand phone lagi,, tapi 2hand phone :p

    • Iya, klo tanggan orang-orang timur itu kecil2
      Coba liat tanggan orang barat (contoh liat aja klo orang lagi hands-on)
      640 XL aja masih 1 genggaman

      • Reowijaya

        Nah itu emang,,Tp tetep mereka banyak bilang huge/big walo terlihat emang masih dapat digenggam

        • iya,
          Walaupun di Windows 10 mobile dikasih opsi buat bikin layar jadi setengah layar biar handly, tetap aja buat layar diatas 5inch. kedua tangan tetap harus berperan -_-

          • Reowijaya

            Nah itu hahah bahkan buat saya 4.7″ nya 730 aja susah banget buat menjamah tile du sudut atas pake 1 tangan kanan :p kecuali nanti dapet reachability juga buat device dibawah lima :D

  • makai 5 inc aja udah gk enak klo masukin di kantung celana -_-, terbiasa pakai yg 4 inch