Alasan Layar Besar

Kalau setahun dua tahun belakangan ini kita masih mendapati bahwa Lumia 920, Lumia 925, dan Lumia 1020 yang merupakan flagship atau produk andalan Nokia dan Microsoft masih memiliki ‘ukuran normal’ (paling besar 4,5 inchi) serta ditambahkannya sebuah alternatif untuk penyuka phablet, yaitu Lumia 1520 yang berukuran 6 inchi, maka sejak tahun 2014 kemarin kita dalam kondisi ‘hampir tidak punya pilihan’ karena banyak flagship baru Microsoft Lumia (dan juga HTC One M8 for Windows) berukuran 5 inchi yang untuk beberapa orang sudah termasuk besar dan mungkin bisa masuk kategori phablet (kalau mengingat riwayat Samsung Galaxy Note yang merupakan phablet pertama juga berukuran 5,3 inchi).

Tidak semua orang menyukai layar besar. Namun mungkin kita dapat berusaha menemukan sisi positif dari ponsel generasi baru yang memiliki ukuran layar ekstra ini. Ada beberapa alasan yang mungkin mendukung kamu untuk membeli Windows Phone dengan layar yang lebih besar yang menjadi ukuran rata-rata flagship Lumia dalam beberapa waktu terakhir.

 

4. Biasanya Daya Baterai Lebih Besar

Alasan Layar Besar

Bukan rahasia bahwa ukuran layar yang lebih besar tentu saja memerlukan daya lebih besar. Secara umum produsen tidak ingin berjudi dengan menjadikan perangkat yang diluncurkannya kekurangan daya baterai. Ini berlaku juga bagi Microsoft. Oleh karena itu perangkat Microsoft Lumia yang memiliki layar lebih besar juga diberikan baterai lebih besar. Contohnya Lumia 830 yang bukan masuk kategori flagship saja mendapatkan ‘jatah’ baterai sebesar 2200 mAh. Mengingat OS Windows Phone 8.1 merupakan OS yang terkenal hemat daya, tentu saja ukuran baterai sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk mendukung aktivitas harian kita. Bahkan hingga saat ini di antara lini Lumia, pemegang rekor untuk daya tahan justru adalah Lumia 1520 yang memiliki layar 6 inchi. Baterai yang disematkan di dalamnya adalah 3400 mAh! Jadi membeli ponsel berlayar besar sekaligus kita akan mendapatkan jaminan baterai lebih besar dan awet.

 

3. Layar Besar Lebih Asyik Dipakai

Alasan Layar Besar

Apa pun aktivitas utama kamu dengan perangkat Windows Phone ini, sudah pasti semua bisa dilakukan dengan optimal memanfaatkan layar besar. Main game rasanya lebih asyik dengan layar lebih besar. Suka browsing dan membaca? Tentu saja kamu bisa melakukannya lebih baik dengan layar besar. Hobi menonton film? Tentu saja! Layar besar membuat kamu lebih menikmati sajian konser atau film favorit kamu yang diputar di perangkat kesayangan kamu. Ini menunjukkan bahwa layar besar memungkinkan kita beraktivitas dengan lebih optimal.

 

2. Mengetik Lebih Baik

Alasan Layar Besar

Kamu suka berkirim email, pesan instan, atau sosial media? Layar yang lebih besar tentu saja menjamin kamu bisa mengetik lebih akurat. Apalagi kalau kamu memiliki jempol gajah. Dengan layar besar tentu saja kamu bisa mengetik dan akhirnya bisa bekerja lebih optimal. Sekali kamu terbiasa dan nyaman mengetik di layar ponsel berukuran 5-6 inchi, maka sulit bagi kamu untuk kembali ke layar ponsel di kisaran 3-4,5 inchi. Coba saja membuktikannya!

 

1. Menghemat perangkat

Alasan Layar Besar

Sudah wajar di kalangan anak muda dan praktisi profesional saat ini untuk memiliki beberapa gadget sekaligus, misalnya sebuah ponsel, tablet, dan laptop. Untuk yang terbiasa, masing-masing memang memiliki kegunaan sendiri-sendiri. Akan tetapi phablet ini benar-benar akan menjembatani ketergantungan kamu akan ponsel dan tablet. Cukup dengan satu phablet, maka masalah selesai. Semua hal yang bisa kamu kerjakan di sebuah tablet (misalnya mungkin kamu memakai ASUS fonepad atau Transformer), bisa kamu kerjakan dengan perangkat Lumia berlayar lebih besar. Tentu saja ini menjadikan kamu lebih hemat tempat penyimpanan, cukup membawa satu (atau dua dengan laptop) perangkat kemana-mana. Kamu juga tidak perlu repot berlangganan dua kartu SIM untuk ‘menghidupkan’ perangkat lainnya. Ini menjadikan kamu lebih hemat dari segi finansial!

 

Nah, itulah beberapa alasan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan apabila ukuran produk Lumia yang keluar beberapa waktu terakhir ini membuatmu menjadi ragu memilikinya. Apabila kamu ingin menambahkan alasan lainnya, silahkan berkomentar di kolom di bawah ini.

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.