Banyak diantara kita biasanya lebih memilih VPN gratisan dibanding dengan VPN Premium atau berbayar. Nggak salah juga sih karena dengan VPN gratisan kita bisa pake tanpa perlu ngeluarin duit. Tetapi seminggu ini saya mutusin buat pake UFO VPN Premium, dan di video ini saya bakal review — mending mana sih pake VPN premium atau VPN gratisan, dan worth it apa enggak biaya yang kita keluarkan dengan fasilitas yang kita dapatkan.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari

Satu hal yang pasti, sebelum memutuskan pake VPN gratisan ataupun berbayar, cek dulu privacy policy nya. Pastikan pilih yang tidak nge-log aktivitas kita. Saya pake UFO VPN karena gak nge-log data dan gak membaginya dengan pihak manapun. Jadi VPN ini aman buat dipake sehari2. Ini penting ya buat kamu perhatikan, apapun layanan VPN yang kamu gunakan. Kalo pengen pake UFO VPN seperti yang saya pake, kamu bisa download disini:

Nah buat kamu yang belum tahu, sebenarnya buat apa sih kita pake VPN dan kapan harus menggunakannya? Jadi VPN ini bisa berguna buat kamu yang pengen privacy — untuk menyembunyikan IP real saat browsing. Kedua untuk mengakses konten yang dilimit karena batasan region atau alasan lainnya, dan bisa juga buat mengoptimalkan koneksi barangkali ada batasan dari ISP. Tetapi sekali lagi ati2 dalam memilih VPN, apalagi VPN gratisan, cek privacy policy nya dan pastikan gak ada log atau share data personal kita.

UFO VPN Basic = VPN Gratisan

Oke langsung masuk ke pembahasan utama. Sebenarnya UFO VPN ini, juga punya versi gratisnya. Jadi kalo kamu gak pengen bayar premiumnya, kamu tetep bisa pake UFO VPN basic. Di versi basic ini kamu tetep bisa nikmatin server VPN gratis dari beberapa negara. Gak ada batasan data dan bandwidth, tetapi tentu ada iklan yang ditampilkan sebagai gantinya. Dan yang menarik nih kalo di Android, meskipun pake versi gratisan kamu tetep bisa pilih lokasi server. Misalnya kamu pilih server Singapore karena dekat dengan Indonesia — biar koneksi lebih kenceng dan stabil. Selain itu, kamu juga bisa konek ke server premium, dengan barter iklan, ini menarik buat yang pengen akses VPN premium tanpa perlu ngeluarin duit.

Nah terus gimana dengan yang real premium, karena penasaran worth it apa enggak, saya nyobain upgrade ke UFO VPN Premium dengan biaya 115 ribuan per bulan — atau 43 ribuan kalo dibayar setahun penuh.

UFO VPN Premium: Tanpa Iklan

Hal pertama yang paling kerasa bedanya setelah upgrade ke premium adalah experiencenya. Setelah upgrade, experience VPN ini enak banget. Kita bisa bebas akses ke server VPN tercepat, dengan koneksi yang juga cepat, dari lokasi yang kita mau, tanpa adanya iklan! Jadi gak ada lagi popup-popup yang muncul — atau banner-banner yang tampil. Gak perlu buang2 waktu nontonin iklan, serta bisa akses semua server dan semua fiturnya dengan bebas.

UFO VPN Premium: Banyak Premium Server

Yang kedua, setelah gabung premium jadi bisa akses semua server VPN tanpa ada batasan. Ini ada banyak banget pilihan server premiumnya dari berbagai macam negara. Ada hampir 50an lokasi server yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Bahkan dalam satu negara, US misalnya, kamu bisa pilih lagi mau konek ke negara bagian yang mana.

Tetapi satu hal yang paling saya suka adalah ada server VPN Indonesia di UFO VPN ini. Server ini ada di Jakarta, jadi kalo konek VPN pake server Indonesia ini, latensi dan speed nya paling kenceng ya — gak beda jauh dengan speed koneksi internet saat gak pake VPN.

UFO VPN Premium: Ada Server dengan Fitur Khusus

Yang ketiga, setelah gabung UFO VPN Premium jadi bisa akses beberapa fitur ekstra, kayak fitur streaming, utk konek ke VPN streaming untuk akses BBC, Netflix USA, dan yang lainnya.

Lalu ada juga akses ke server PUBG Mobile Lite, yang gak bisa diakses kalo masih pake gratisan.

UFO VPN Premium: Mudah Konek ke Server Tercepat

Yang keempat, setelah pake premium bisa lebih mudah cari server VPN tercepat. Jadi kalo UFO VPN ini kan dilengkapi fitur Speed Test — pas masih pake gratisan fitur Speed Test utk cek latensi ini emang tetep bisa dipake, tetapi saat di sort dan nemu server tercepat, terkadang kita gak bisa pilih karena bukan server gratisan. Di versi premium, begitu nemu VPN dengan latensi tercepat, tinggal tap aja dan bakal langsung konek, karena semua server yang ada disitu, bisa diakses.

UFO VPN Premium: Koneksi Lebih Kencang

yang kelima, ternyata setelah gabung di premium kita bisa mendapatkan koneksi yang lebih kencang. Karena kalo di versi gratisan memang seringkali penuh ya bandwidthnya karena overload kebanyakan yang pake, tetapi kalo di premium banyak server premiumnya lebih lowong, memberikan kecepatan internet yang lebih kencang daripada saat masih pake versi gratisnya.

Untuk fitur Kill Switch, ini berguna banget khususnya dalam hal perlindungan privasi, jadi kalo karena suatu hal koneksi dengan VPN terputus, maka internet bakal otomatis terputus juga — jadi koneksi asli kamu tidak sampai terungkap. Untuk fitur ini bisa diakses baik di UFO VPN gratis ataupun premium.

Nah sekarang kesimpulannya, apakah VPN Premium ini worth it buat dibeli? Untuk UFO VPN Premium, menurut saya worth it banget, khususnya buat kamu yang memang sering butuh akses VPN atau butuh akses VPN dengan server VPN di Indonesia. Tetapi kalo jarang pake VPN dan cuman butuh sesekali, nggak ada salahnya pake versi gratisnya aja. Di UFO VPN Basic kamu tetep bisa akses free VPN server, tetep bisa pilih lokasi server juga kalo di Android dengan kompensasi iklan.

Oke itu dia sharing saya pake UFO VPN Premium selama semingguan ini, semoga aja bermanfaat dan bisa jadi rujukan buat kamu yang sedang cari VPN yang aman buat dipake sehari2. Tulis di kolom komentar bagaimana pengalaman kamu pake VPN gratis ataupun premium selama ini, sampai bertemu lagi di ulasan menarik lainnya besok.