PC Gaming dan Device Keren Lain di Event Next@Acer 2018
via laptop main

Beberapa ada yang nanya, bisa nggak sih kita nonton video 4K di laptop..?? Karena sebagian ada yang mencoba menjalankan video 4K di laptop dan video nya lag / putus-putus — serta sebagian lagi video bisa dimainkan dengan lancar tetapi kualitasnya pas2an aja.

Sebenarnya untuk bisa nonton video 4K, dengan kualitas dan resolusi yang truly 4K, tentu saja butuh kombinasi hardware dan software yang memang support 4K. Hardware disini artinya laptop yang punya resource dan performa cukup untuk memainkan video 4K — karena memutar video 4K ini sebenernya butuh processing power yang cukup besar, plus tentu saja kamu butuh layar yang beresolusi 4K juga. Tetapi ini cuman berlaku kalau kamu ingin nonton video 4K dengan kualitas maksimal di resolusi 4K yang memang benar-benar 4K. Karena sebenarnya kamu bisa juga memainkan video 4K meskipun layar laptop kamu cuman 2K atau bahkan FHD, karena video akan tetap dijalankan dengan downscale yang menyesuaikan resolusi layar. Artinya kalau kamu punya file video 4K di laptop dan pengen nonton itu, sebenarnya ya tinggal buka dan jalankan saja. Kalau video tampil dengan putus-putus, lag, atau tidak bisa dimainkan sama sekali di video player bawaan, kamu bisa mencoba menggunakan 4K video player alternatif ini.

5KPlayer

Pertama cobalah jalankan video 4K tersebut dengan 5KPlayer. Ini adalah video player gratis yang fiturnya lengkap banget. Kamu bisa download gratis 5KPlayer disini.

5KPlayer ini bisa memutar video dalam berbagai macam format dan resolusi, mulai dari format WebM, MP4, MKV, bahkan juga DVD — dari yang resolusi kecil, sampai 4K bahkan juga 8K — termasuk yang pake kompresi HEVC.

Selain itu menariknya lagi, 5KPlayer punya fitur yang tidak dimiliki banyak player lain. Misalnya kamu bisa ubah video biasa menjadi video 360 — jadi bisa dieksplore ke kiri atau ke kanan dengan tampilan yang lebih nyata. Kamu juga bisa screenshot video dengan lebih mudah, karena ada tombol khusus screenshot di player ini.

Kamu bisa ubah rotasi videonya juga kalo mau, bahkan ada video editor built in juga disini — jadi kamu bisa cut, trim, menambahkan filter, atau mengubah beberapa parameter property video seperti brightness, contrast, dan yang lainnya.

Fitur lain yang sangat menarik dari 5KPlayer ini adalah adanya dukungan built-in terhadap DLNA dan AirPlay. Fitur ini bikin kamu bisa dengan mudah stream video yang kamu mainkan di player ini ke perangkat lain secara wireless — selama perangkat tersebut support DLNA dan juga AirPlay. Misalnya video yang kamu mainkan di laptop bisa langsung dimainkan streaming ke smart TV — atau sebaliknya, video yang kamu mainkan di smartphone pun bisa kamu streaming dan tampilkan di laptop melalui 5KPlayer ini. Dan karena support AirPlay, tentunya kamu juga bisa mirroring iPhone atau iPad ke 5KPlayer ini, bahkan bisa merekam tampilan layarnya juga.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa download video dari ratusan situs video online menggunakan 5KPlayer ini — jadi selain untuk memainkan video, kamu juga bisa download video dengan software ini. Ada juga fitur ekstra lain seperti live radio atau streaming radio online — dimana kamu bisa langsung memilih dari daftar yang tersedia atau cukup masukkan saja streaming URL-nya. Dan tentunya kamu juga bisa memainkan file audio dengan berbagai macam format, termasuk juga MP3.

Dan alternatif lain kalo video 4K yang kamu putar bermasalah di media player bawaan, kamu bisa juga pake VLC. Sebagian besar dari kamu pasti sudah tahu VLC ini, dan video player ini juga bisa memutar video 4K dalam berbagai format. Tetapi kalau ternyata masih bermasalah dan putus2 juga — maka saya sarankan kamu untuk convert saja video 4K-nya ke resolusi yang lebih sesuai dengan resolusi layar di laptop kamu sebelum menontonnya. Kalau memang layar laptop kamu FHD ya convert saja ke resolusi FHD, ada banyak converter yang bisa kamu gunakan, dan memainkan video FHD tentunya jauh lebih ringan dan tidak menghabiskan banyak resource daripada memutar video 4K dengan real-time downscale ke FHD.

Semoga info ini bermanfaat, sampai bertemu lagi di besok!

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.