Smartphone modern yang baru saja rilis, seperti iPhone 8, iPhone X, dan Samsung Galaxy S8 (Tentu saja juga S9 yang akhir-akhir ini membanjiri linimasa kita) mengiklankan bahwa perangkatnya mendukung “Bluetooth 5.0” di daftar spesifikasinya. Sebentarnya apa itu? Apa bedanya dengan versi Bluetooth sebelumnya dan apa manfaatnya?

 

Apa itu Bluetooth 5.0?

Bluetooth 5.0 adalah versi terbaru standar komunikasi nirkabel Bluetooth. Sistem ini umum digunakan untuk headphone nirkabel dan hardware audio lainnya, juga keyboard wireless, mouse, dan controller untuk game. Bluetooth juga digunakan untuk komunikasi antara berbagai perangkat smart home dan perangkat Internet of Things (IoT).

Versi baru Bluetooth berarti banyak peningkatan, akan tetapi hanya bisa digunakan dengan periferal  yang kompatibel. Dengan kata lain, tidak akan ada untungnya membeli perangkat ponsel dengan Bluetooth 5.0 jika perangkat lainnya masih menggunakan Bluetooth 4.2!

 

Bluetooth Hemat Energi untuk Wireless Headphone

Semua peningkatan yang diberikan pada sistem Bluetooth ini memungkinkan spesifikasi Bluetooth Low Energy, yang mana sebenarnya sudah diperkenalkan sejak Bluetooth 4.0. Ini dirancang untuk mengurangi penggunaan energi oleh periferal Bluetooth. Dengan Bluetooth 5.0 semua perangkat audio berkomunikasi melalui Bluetooth Low Energy, yang berarti ini akan mengurangi daya dan menciptakan masa pakai yang lebih panjang.

Catatan tambahan: Jika kamu adalah pengguna AirPod, maka produk Apple ini masih belum mendukung Bluetooth 5.0, sehingga meskipun menggunakan iPhone 8 atau iPhone X, maka skema yang digunakan tetap Bluetooth 4.2 – untungnya didukung oleh chip Apple W1 yang hemat energi. Sepertinya ini baru akan diterapkan di produk headphone mendatang.

 

Dual Audio

via Sammobile

Bluetooth 5.0 juga memungkinkan fitur baru yang memungkinkan kamu memutar audio di dua perangkat yang terhubung pada saat bersamaan. Artinya kamu bisa memutar dua speaker Bluetooth langsung! Apa manfaat praktis fitur ini? Kemungkinan kamu bisa memutar audio di headphone, sembari tetap ‘membagikan’ lagu yang sedang kamu putar melalui speaker Bluetooth untuk orang lain. Bisa juga kamu gunakan untuk memutar speaker di dua ruangan berbeda. Menarik sekali bukan?

Samsung Galaxy S8 sudah mendukung fitur ini jika kamu ingin mencobanya!

 

Lebih Cepat, Lebih Jauh

Dengan Bluetooth 5.0, maka jarak cakupan makin jauh dan juga pengiriman sinyal audio jauh lebih cepat daripada versi Bluetooth sebelumnya.

Dari situs marketing Bluetooth 5.0, bahkan diklaim bahwa jarak jangkauannya dua kali lebih jauh dan dua kali lebih cepat. Sekali lagi ini semua adalah karena peningkatan pada Bluetooth Low Energy yang memungkinkan perangkat dapat melakukan tugasnya dengan menghemat daya.

Transfer data juga memperoleh keuntungan dari fitur baru ini, yang mana memungkinkan kecepatan transfer hingga 2Mbps, yang mana dua kali dukungan Bluetooth 4.2! Tentu saja jarak jangkauan juga lebih jauh sehingga kamu bisa mengoper data dengan jarak hingga 240 meter!

 

Kesimpulan 

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, kita dapat memanfaatkan Bluetooth 5.0 dengan perangkat terbaru seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy Note 8 (dan tentu saja S9 yang baru saja rilis ini). Namun belum banyak periferal yang mendukung Bluetooth 5.0. Kamu perlu membeli perangkat audio terbaru yang bisa mendukung fungsi ini jika ingin merasakan manfaat sepenuhnya dari Bluetooth 5.0!

Bagaimana pendapat kamu tentang teknologi terbaru ini?

 

Referensi

Hoffman, Chris. (2018). Bluetooth 5.0: What’s Different and Why it matters. How to Geek

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.