via MSPoweruser

Akhir-akhir ini sepertinya Microsoft kesulitan untuk menjaga rahasia. Tablet Surface murah yang direncanakan akan diungkap dalam beberapa hari ini, sudah dibocorkan spesifikasinya di kalangan blogger teknologi.

Tom’s Hardware sudah membocorkan bahwa ‘tablet’ tersebut akan berukuran 10 inci (seperti yang dibocorkan sebelum-sebelumnya), sehingga lebih kecil, ringan, dan murah dibandingkan Surface pada umumnya. Layar Surface baru ini akan menampilkan resolusi 1800 x 1200 dengan rasio 3:2, prosesor Intel Pentium Gold 4415Y, dengan RAM hingga 8GB dan tempat penyimpanan hingga 256GB.

Sayangnya, versi 64GB akan menggunakan eMMC, sementara versi 128GB dan 256GB yang (pasti) lebih mahal akan menggunakan SSD. Versi RAM 4GB dengan penyimpanan 64GB inilah yang dijual seharga USD 399 (kemungkinan USD 449 internasional), sementara versi RAM 8GB dengan penyimpanan USD 128GB akan dijual seharga USD 549 (dengan versi komersial USD 599). Versi LTE yang termahal akan dijual dengan storage 256GB dan harganya masih belum diumumkan.

Untuk pertama kalinya, tablet ‘murah’ ini akan menggunakan konektor USB-C dan sebuah slot kartu microSD. Sepertinya tawaran port yang lebih sedikit dibandingkan benar-benar Surface yang ‘Pro’.

via MSPoweruser

Konon, tablet ini akan bertahan hingga 9 jam pemakaian setelah charging penuh. Yang ini kedengarannya tidak terlalu istimewa setelah menyaksikan tren perangkat 2-in-1 saat ini.

Perangkat ini akan diluncurkan dengan Windows 10 Home dalam S Mode yang dapat dengan mudah dialihkan ke Windows 10 Home secara gratis, sementara versi komersial akan dijual dengan Windows 10 Pro, yang tentu saja juga dapat dialihkan ke S Mode jika dikehendaki.

Perangkat yang diberi nama Surface Go ini juga dijual bersama beberapa aksesori yang lebih terjangkau, yang perlu untuk dibeli secara terpisah. Keyboard Type Cover yang biasanya digunakan Surface akan dijual dengan dua versi, versi berbahan polyurethane warna hitam  dan versi Signature Type Cover dengan bahan Alcantara platinum, dengan warna burgundy dan cobalt. Travel distance tombolnya sekitar 1 mm, dengan sudut khas Surface yang dijamin memberikan pengalaman mengetik yang memuaskan.

Aksesori lain adalah sebuah mouse Bluetooth berwarna platinum, burgundy, dan biru cobalt.

Kamu bakal bisa mulai membeli Surface Go mulai 2 Agustus mendatang. Spek lengkapnya adalah sebagai berikut:

Harga Mulai USD 399
CPU Intel Pentium Gold Processor 4415Y
Monitor Layar PixelSense Beresolusi 1800 x 1200 px
RAM 4 atau 8GB 1866MHz LPDDR3
Penyimpanan
64GB eMMC, 128GB SSD, 256GB SSD
Port Surface Connect, USB Type-C, MicroSDXC, 3.5mm headphone jack
Dimensi 9,6 x 6,9 x 0,3 inci
Bobot 1,2 pon, 1,7 pon dengan Type Cover
OS Konsumen    Windows 10 Home dalam S Mode
OS Komersial Windows 10 Pro (Dapat dikonfigurasi menjadi S Mode)

 

 

Sumber: MSPoweruser

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.