Menginstal ulang Windows 10 ke depannya nampaknya akan jadi lebih mudah. Versi bocoran Windows 10 menunjukkan adanya desain Start Menu baru. Selain itu ada juga fitur mengejutkan: “Cloud Download”, yang sangat membantu untuk instal ulang Windows!

Fitur ini serupa dengan fitur Internet Recovery yang sudah lama ada di MacOS. Jika kamu memiliki Macbook yang ‘kosongan’ tanpa OS, maka Macbook akan terhubung ke Internet, mengunduh MacOS dan menginstalnya. Ini adalah bagian dari sistem recovery yang dimiliki Macbook secara default.

Dengan fitur baru ini, saat menginstal Windows, kita nantinya akan dapat memilih “Cloud Download” untuk mengunduh Windows 10 terbaru atau ada opsi Reset Locally untuk menginstal sistem operasi Windows yang ada di perangkat. Hal ini telah dikonfirmasi oleh akun Twitter Walking Cat sebagai berikut:

Masih belum pasti mengenai cara kerja fitur ini nantinya. Namun fitur ini kelihatannya bakal bermanfaat sekali untuk kamu yang hobi mencoba Windows terbaru hanya untuk melihat apa saja yang sudah ditambahkan Microsoft sebelumnya. Dengan fitur ini, kamu bisa dengan cepat beralih setelah menggunakan Windows Insider. Setelah menghapus Insider, kamu bisa langsung menggunakan fitur Cloud Download untuk download OS Windows langsung dan menginstalnya dalam keadaan HDD kosong.

Meskipun demikian, bisa jadi juga nantinya fitur ini tidak akan muncul ke versi stabil Windows 10 jika dianggap bahwa fitur ini tidak membantu atau tidak bisa berfungsi dengan sempurna. Untuk melihat fitur unik Windows 10 yang akan ditanamkan, nampaknya kita perlu menunggu hingga November tiba, saat Microsoft merilis update besar Windows 10 yang baru.

Sumber: HowtoGeek

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.