Browser Chrome 64 Dirilis, Apa yang Baru?

Setelah dua hari lalu Firefox “Quantum” 58 dirilis dengan compiler baru yang lebih kencang, kali ini giliran Google yang merilis versi browser terbarunya, yaitu Google Chrome 64. Lalu apa saja yang baru di Chrome 64 ini?

Peningkatan Pop-up Blocker

Di versi terbaru ini Google memperkuat pop-up blocker Chrome 64 sehingga lebih mampu dalam menangkal website yang memaksa kamu untuk membuka banyak tab dan window yang tak diinginkan. Biasanya aktivitas semacam ini ada di situs-situs download, yang secara otomatis membuka tab dan window baru semaunya sendiri.

Peningkatan Autoplay Video

Mulai di versi Chrome 64 ini, video autoplay yang memiliki suara bakal otomatis dimatikan. Jadi kamu tidak akan lagi tiba-tiba kaget saat membuka website, karena adanya suara dari video autoplay yang tiba-tiba dimainkan. Tetapi tetap ada pengecualian, dimana video autoplay yang tidak memiliki suara ataupun mute secara default, tetap bisa dijalankan.

Anti-Redirect

Selain pop-up blocker yang semakin kuat, Chrome 64 juta memiliki fitur anti auto-redirect yang biasanya mengarah ke situs-situs berbahaya.

HDR Video di Windows 10 FCU

Jika kamu menggunakan Windows 10 Fall Creators Update dengan graphic card yang mendukung HDR, maka kini kamu bisa memainkan video HDR langsung dari Chrome 64.

Proteksi dari Meltdown dan Spectre

Browser Chrome 64 Dirilis, Apa yang Baru?

Selain bisa dipatch melalui OS dan firmware prosesor, Meltdown dan Spectre juga bisa dimitigasi secara spesifik langsung dari aplikasi yang dijalankan. Untuk melindungi Google Chrome dari eksploit Meltdown dan Spectre ini, Google mengupdate V8 Javascript Engine di Chrome 64, agar aktivitas website yang berupaya mencuri data dengan menjalankan kode JavaScript eksploit Meltdown dan Spectre bisa dihambat.

Peningkatan Keamanan

Selain beberapa hal diatas, ada banyak juga patch yang ditanamkan untuk menutup berbagai celah keamanan di browser Chrome. Update Chrome 64 ini membawa 53 patch untuk celah keamanan di Google Chrome.

Segera Update!

Browser Chrome 64 Dirilis, Apa yang Baru?

Meskipun tidak seperti Firefox yang bertaburan optimasi dan fitur baru, update Chrome 64 ini membawa banyak sekali perbaikan dan peningkatan keamanan. Oleh karena itu bagi kamu pengguna Chrome, pastikan update Google Chrome kamu ke versi 64 melalui Menu > Help > About Google Chrome. Atau jika kamu belum memiliki Chrome terinstall, bisa langsung saja download dari halaman utama Chrome disini.

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.