Home Apps Butuh Alternatif Gratis Adobe Lightroom? darktable-lah Jawabannya

Butuh Alternatif Gratis Adobe Lightroom? darktable-lah Jawabannya

images via PetaPixel

Adobe Lightroom merupakan software andalah para fotografer. Fitur untuk melakukan retouch di Lightroom bisa dibilang lengkap. Namun satu dinding besar yang mengganjal para fotografer pemula untuk menggunakan Lightroom adalah masalah harga. Apalagi Adobe akan membuat Lightroom menggunakan sistem berlangganan layaknya software Adobe Suite yang lain. Nah, daripada kamu membajak dari situs gak jelas, mending kamu mencoba softaware darktable.

darktable pertama kali dirilis pada tahun 2009. Namun meskipun tergolong software open source, darktable belum tersedia untuk pengguna Windows, hanya untuk Mac dan Linux. Delapan tahun pun berlalu. Lalu beberapa hari sebelum tahun baru, seorang pengembang bernama Peter Budai merilis darktable untuk Windows.

Saat ini darktable untuk Windows memang masih kalah fitur dibanding untuk Mac dan Linux. Misalnya kamu belum menemukan opsi cetak, adanya batasan untuk melakukan tethering dengan kamera, dan beberapa bug seperti import dan export file TIFF. Namun secara keseluruhan, darktable bisa digunakan dengan lancar.

Kamu bisa mendownload darktable 2.4.0 melalui Github [Klik Disini]. Filenya pun tidak besar, hanya berkisar 62 MB saja. Untuk software berukuran segitu, namun memiliki fitur yang bisa menyaingi Adobe Lightroom yang berukuran 1,5 GB, tentu sangat menarik untuk dicoba bukan? Jika kamu sudah mengunduh dan mencobanya, jangan lupa bagikan pengalamanmu disini ya!

 

via PetaPixel

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.