Home Editorial Kaleidoskop 2017: Hal-Hal Seru Seputar Microsoft Tahun 2017

Kaleidoskop 2017: Hal-Hal Seru Seputar Microsoft Tahun 2017

Pergantian tahun mungkin untuk beberapa orang hanya sekedar pergantian hari. Namun ini adalah momentum yang baik untuk melihat kembali apa saja yang sudah kita capai tahun lalu, serta mengenang berbagai hal unik yang terjadi tahun lalu. Untuk penggemar Microsoft, tahun 2017 penuh tanjakan dan turunan yang mungkin menjadi milestone tersendiri atas berbagai hal yang dicapai Microsoft. Berikut saya merangkum hal-hal seru seputar Microsoft tahun 2017 yang (baru saja) lalu.

 

Bill Gates tersalip (sehari) oleh Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia

Dalam Beberapa Jam, Bill Gates Kembali Menyalip Bezos Jadi Orang Terkaya Dunia
images by CNBC

Pada tanggal 28 Juli 2017 yang lalu, Jeff Bezos sempat menebar sensasi dengan menyalip Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Bill yang sudah menjadi orang terkaya dunia selama lebih dari sepuluh tahun tersebut menyalip Bezos beberapa jam kemudian.

 

Konfirmasi Rumor Andromeda Project

Microsoft akhirnya mengonfirmasi kebenaran rumor Andromeda OS Project. Ini merupakan sistem yang menjadikan Windows 10 lebih modular dan bisa dijalankan di berbagai perangkat. Aplikasi nyatanya? OS Andromeda ini memungkinkan Microsoft mengembangkan perangkat berbasis mobile, namun menjalankan fitur Windows 10 secara penuh, termasuk aplikasi arsitektur x86 yang menjadi andalan banyak pengguna Windows.

Yang lebih menghebohkan lagi, OS ini dikabarkan akan mendukung proyek baru Microsoft, yaitu pengembangan tablet Microsoft Courier, yang merupakan tablet berlayar lipat (foldable screen) dengan kemampuan layaknya laptop. Untuk produk ini, Microsoft masih belum mengumumkannya secara resmi.

 

Joe Belfiore mengakui bahwa Microsoft menghentikan proyek Windows Mobile

Setelah cukup lama menjadi kabar simpang siur, Joe Belfiore, eksekutif Microsoft akhirnya mengakui dalam cuitannya bahwa Windows 10 Mobile ‘tidak lagi menjadi fokus Microsoft’.

https://twitter.com/joebelfiore/status/917071399541391360

Joe Belfiore sendiri mengakui bahwa dia telah melakukan migrasi ke OS lain untuk ‘memastikan keberagaman pengalaman’ software Microsoft di platform lain. Kalau kamu juga tertarik untuk melakukan migrasi, kamu bisa membaca juga artikel tentang inspirasi ponsel pilihan dari para petinggi Microsoft.

 

Rilis Fall Creators Update

Review Lengkap: Fitur Baru Windows 10 Fall Creators Update

Pada tanggal 17 Oktober 2017, Microsoft resmi merilis Windows 10 dengan build berkode Fall Creators Update. Build ini menandai keseriusan Microsoft dalam pengembangan Windows 10. Dalam build ini, Windows 10 hadir lebih stabil dengan lebih banyak fitur seperti Windows Mix Reality, Smart Ink, My People, dan banyak lagi!

Tak ketinggalan, Windows 10 Mobile juga menerima Fall Creators Update pada tanggal 25 Oktober 2017, meskipun dengan fitur yang lebih sedikit. Hal yang disayangkan oleh para penggemar OS ini seiring dengan makin pudarnya pamor Windows 10 Mobile.

Windows 10 Mobile Fall Creators Update Sudah Dirilis, Cek Update!

 

Rilis Surface Book 2

Microsoft Rilis Surface Book 2, Inilah Detail Harga dan Spesifikasinya

Pada tanggal 17 Oktober, bersamaan dengan rilis Fall Creators Update, Microsoft merilis Surface Book 2, perangkat Microsoft ini memiliki ketahanan baterai yang dahsyat, mencapai 13 jam serta dibekali dengan prosesor terbaru yang memungkinkannya melakukan berbagai kinerja berat yang merupakan tuntutan mesin komputasi zaman sekarang. Layar yang jernih dan akurat, serta kemampuan untuk diperlakukan sebagai tablet dengan teknologi pen yang  lebih maju, Surface Book 2 diharapkan dapat menjadi andalan para pekerja multimedia yang mengharapkan ‘kuda pekerja’ yang andal!

 

Kejayaan Cloud Microsoft

Microsoft: Keuntungan Cloud, Office, dan Windows Naik — Surface dan Phone Anjlok

Jika kuartal ketiga Microsoft mengumumkan bahwa divisi cloud memperoleh keuntungan 11%, maka di akhir tahun, Microsoft meraih prestasi yang lebih gila lagi: Cloud mendapatkan keuntungan USD 20 miliar dan itu berarti peningkatan 90% dibandingkan kuartal sebelumnya!

via Forbes

Dengan demikian dari segi profit, Microsoft berhasil menyalip AWS (Amazon) yang merupakan raja di bidang Cloud computing, meskipun belum mampu menggeser market share milik AWS yang memang dominan dalam dunia Cloud. Prestasi ini disebut sebagai ‘revolusioner’ oleh Forbes!

 

Rilis perangkat Connected PC Pertama dengan Snapdragon 835

Inilah HP Envy x2: Laptop Windows 10 ARM dengan Snapdragon 835

Menjelang akhir 2017, Microsoft membuat kejutan yang menyenangkan dengan merilis laptop dengan teknologi menarik, yaitu connected PC – Laptop yang ditenagai oleh prosesor ARM: Snapdragon 835. Tipe perangkat ini mengutamakan daya tahan baterai yang panjang serta kemudahan untuk digunakan sebagai laptop. Perangkat Always Connected PC ini diklaim memiliki daya tahan hingga di atas 20 jam!

Perangkat pertama yang sudah memanfaatkan teknologi ini adalah Asus NovaGo dan HP Envy X2. Hingga saat ini, perangkat dengan Snapdragon 835 ini masih belum dijual resmi di Indonesia, namun kemungkinan awal tahun 2018 ini kamu sudah dapat mencicipinya.

 

Nah, itulah hal-hal seru yang terjadi tahun lalu seputar Microsoft. Apakah saya melewatkan sesuatu? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

Oya, tak lupa saya dan Winpoin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2018 kepada teman-teman sekalian. Semoga berhasil mencapai resolusi tahun ini dengan sukses!

 

  Perilisan Windows 10 SCU Diundur, Ponsel Gaming Xiaomi, dsb!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta