Home Editorial Inspirasi Ponsel Pilihan dari Para Petinggi Microsoft

Inspirasi Ponsel Pilihan dari Para Petinggi Microsoft

via Softpedia

Mungkin tahun ini para pengguna Windows 10 Mobile mengalami masa-masa yang suram setelah terus turunnya minat pengguna serta developer pendukung platform ini. Berbagai rumor yang mengemuka seperti Cshell atau proyek Andromeda dari Microsoft untuk perangkat mobile jelas memerlukan perangkat baru yang menjadikan perangkat Windows 10 Mobile lama seolah tidak menentu. Bahkan Microsoft sendiri sempat menyatakan bahwa jika Windows 10 Mobile tidak mencukupi kebutuhan kamu, maka kamu perlu mencari platform lain yang dapat melakukannya. Wajar jika siutasi ini memicu ‘migrasi’ para pengguna ke platform lain. Apalagi, Microsoft di bawah kepemimpinan Satya Nadella memang lebih terbuka serta mendukung para pengguna Microsoft hampir di semua platform dengan ketersediaan software miliknya.

Nah, jika kamu juga merasa bahwa perangkat Windows 10 Mobile yang sebenarnya masih didukung Microsoft hingga saat ini (dan seharusnya hingga 2020 seperti pernyataan terakhir Microsoft tentang Lumia 950 dan Lumia 950XL) sudah tidak memadai untuk kebutuhan sehari-hari – lalu mempertimbangkan untuk berganti platform, maka berikut ini ponsel pilihan para petinggi Microsoft yang mungkin bisa menjadi inspirasi kamu.

 

Dona Sarkar: iPhone dan Lumia 950

via Softpedia

Sebagai sosok yang modis dan merupakan wajah tim Insider, Dona Sarkar memiliki dua daily driver, yaitu Lumia 950 dan juga iPhone (paling baru konon Dona menggunakan iPhone 7). Dona juga sering nge-twit dari iPhone miliknya di berbagai acara Microsoft.

 

Joe Belfiore: Android (Galaxy S8) dan iPhone

via Business Insider

Joe Belfiore, petinggi Windows 10 Mobile sempat ke-gep menggunakan iPhone saat twitnya dari Kyoto menampilkan perangkat yang digunakannya untuk menulis Twit.

Dalam wawancaranya dengan Business Insider, Belfiore kemudian mengaku bahwa dia menggunakan iPhone agar dapat mempelajari kekurangan dan kelebihan perangkat tersebut. “Untuk dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan, kamu harus berada di dalamnya,” demikian salah satu ungkapan pembelaan diri  Corporate Vice President in the Operating Systems Group Microsoft ini.

Beberapa bulan yang lalu, setelah kerjasama Microsoft dengan Samsung (yang menghasilkan Samsung Dex), Belfiore mengungkap kepada Softpedia bahwa dia saat ini menggunakan Samsung Galaxy S8 yang disebutnya sebagai “Microsoft Edition” – yang menjelaskan bahwa meskipun Android, namun ponsel itu memiliki software lengkap dari Microsoft. Dalam wawancara tersebut juga, Joe mengeluarkan statement yang banyak diprotes fanboy Microsoft bahwa, “Microsoft tidak membenci Windows 10 Mobile,” dilanjutkan dengan ucapan, “Microsoft menyebarkan perangkat lunak kepada banyak platform justru agar platform tersebut tahu betapa hebatnya Windows 10 Mobile,” Saya serahkan kepada teman-teman sekalian untuk menilai pernyataan Belfiore ini.

 

Satya Nadella: iPhone

via Business Insider

Berawal dari presentasi Satya Nadella di acara tahunan Salesforce, terungkap bahwa CEO Microsoft tersebut menggunakan iPhone. Nadella sendiri menyatakan bahwa iPhone miliknya adalah ‘iPhone Pro’, lebih powerful dari iPhone umum karena… menggunakan apps milik Microsoft. Satya sendiri dikenal sebagai sosok yang bertanggung jawab atas ‘terbuka’-nya Microsoft terhadap berbagai platform akhir-akhir ini. Jika pada zaman Ballmer seorang pegawai bisa dipecat jika ketahuan menggunakan produk pesaing Microsoft, maka pada era Nadella hal itu tidak lagi menjadi masalah. Sosok berpengaruh di India ini juga terlihat membawa iPhone di banyak acara.

 

Bill Gates: Android (Kemungkinan Samsung Galaxy S8)

Dalam wawancaranya dengan Fox News, Bill Gates, pendiri Microsoft dan juga orang terkaya di dunia, mengakui bahwa dia saat ini menggunakan sebuah ponsel Android. Pilihan ini tidak begitu mengejutkan melihat latar belakang Bill Gates yang merupakan geek akut. Bill Gates dikenal suka mengutak-atik Linux di waktu senggang dan bahkan ikut menyumbang kode pemrograman terhadap platform yang sebenarnya dibuat sebagai protes atas monopoli Microsoft itu. Android yang merupakan ‘turunan’ Linux dan sebuah open platform tentu saja menggelitik minatnya. Apalagi Gates dikenal memiliki hubungan pasif agresif dengan Apple, bahkan pernah menyatakan bahwa dia melarang adanya perangkat Apple di rumahnya.

Bill sendiri tidak menyebut secara spesifik perangkat Android yang digunakannya, akan tetapi media meyakini bahwa kemungkinan besar perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy 8, karena Microsoft akhir-akhir ini kelihatan mesra dengan Samsung dan banyak melakukan kerjasama di bidang pengembangan software.

 

Bagaimana dengan Kamu?

Nah, jika kamu sedang ingin mencari platform yang lebih cocok untuk digunakan sehari-hari, mungkin pilihan para petinggi Microsoft ini bisa menginspirasi kamu. Lalu apakah Windows 10 Mobile tidak dapat lagi digunakan tahun 2017 ini? Saya tidak berkata demikian, dan bahkan saya masih menggunakannya karena saya merasa cocok dan kebutuhan saya sudah terpenuhi oleh Lumia 950 saya dengan sangat baik.

Namun jika pekerjaan harian kamu memerlukan aplikasi tertentu yang tidak ada di Windows 10 Mobile, gaya hidup kamu memerlukan fitur yang tidak ada di Windows 10 Mobile, maka mungkin kamu bisa memeriksa platform lain yang lebih cocok dengan kebutuhan kamu.

Bagaimana pendapat kamu tentang platform lain? Sumbangkan opini kamu di kolom komentar!

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta